Nations League: Belanda Berhasil Jinakkan Wales

Wales vs Belanda
Wales gagal menahan laju kencang Belanda di ajang UEFA Nations League.

cr photo: Sky Sports.

Laga berat harus dijalani Timnas Belanda saat tandang ke markas Timnas Wales pada lanjutan gelaran UEFA Nations League. Duel ini menjadi berat bagi Belanda, karena sedianya sang tuan rumah sedang dalam hype yang sangat bagus usai sukses memastikan diri kembali lolos ke Piala Dunia setelah puluhan tahun absen. Kenyataannya memang sepanjang laga Wales sangat merepotkan di laga ini. Akan tetapi kualitas yang dimiliki Belanda berhasil membuat mereka tetap bisa mengamankan kemenangan dengan skor akhir 1-2.

Dua gol yang dilesakkan skuad Timnas Belanda dan sekaligus menjadi penentu kemenangan mereka pada pertandingan kali ini masing masing lahir lewat aksi Teun Koopmeiners, dan juga Wout Weghorst. Sementara satu satunya gol balasan Timnas Wales dicetak oleh pemain yang bernama, Rhys Norringon-Davies. Statistik memperlihatkan duel yang berjalan cukup berimbang. Kedua tim sama sama catatkan 8 tembakan, akan tetapi Belanda lebih efektif sehingga kemenangan jatuh ke kaki mereka.

Kemenangan ini memberikan Belanda tiga poin yang membuat mereka kokoh di puncak klasemen sementara Liga A Grup 4 UEFA Nations League. Belanda masih ada di atas Belgia yang menguntit di posisi 2 klasemen dengan selisih 3 poin. Raihan poin Belanda saat ini adalah 6 dari 2 laga, dengan hasil 2 kali menang, dan 0 kali seri maupun kalah. Sedangkan bagi Wales, hasil ini membuat mereka terdampar di dasar klasemen dengan poin 0, hasil dari dua kekalahan beruntun.

Rangkuman Pertandingan

Tuan rumah Timnas Wales kedatangan lawan kuat, yaitu Timnas Belanda pada matchday kedua Liga A Grup 4 UEFA Nations League 2022. Skuad Wales yang berstatus sebagai tuan rumah tetap menargetkan kemenangan meskipun lawan mereka merupakan tim unggulan. Sejak pertandingan dimulai, duel ketat nan imbang sudah tersaji antara kedua kesebelasan di laga ini.

Jalannya babak pertama cukup menarik, meski keduanya lumayan berhati-hati, tetapi peluang peluang sudah mereka dapatkan untuk bisa membuat gol. Baik Wales maupun Belanda sama sama memiliki kans terbuka untuk bisa melesakkan gol lebih dulu, meski pada akhirnya masih gagal. Babak pertama pun pada akhirnya harus disayangkan mesti selesai dengan skor imbang 0-0.

Babak Kedua

Ketika duel ini memasuki babak kedua, Belanda berupaya bermain lebih agresif dengan tujuan memecahkan kebuntuan lebih dulu. Hasilnya sangat positif, pada menit ke-50, usaha Belanda mencetak gol sukses berbuah manis. Sepakan keras Teun Koopmeiners meneruskan umpan Jerdy Schouten sukses berbuah gol yang membawa Belanda sementara unggul 0-1.

Selanjutnya laga kembali berjalan alot. Skotlandia yang terus berupaya membalas akhirnya sukses melesakkan gol balasan di menit ke-90+2 atau masa injury time. Sebuah aksi Rhys Norrington-Davies yang manfaatkan umpan Connor Roberts sukses berbuah gol dan merubah skor menjadi 1-1.

Ketika laga terasa akan berakhir imbang, di menit ke-90+4 atau detik akhir laga, Belanda secara dramatis sukses melesakkan gol keduanya. Wout Weghorst sukses maksimalkan umpan Tyrell Malacia untuk melesakkan gol sekaligus memastikan kemenangan Belanda dengan skor 1-2.

Susunan Pemain Wales vs Belanda

Wales (5-3-2): Danny Ward, Connor Roberts, Chris Mepham, Joe Rodon, Ben Davies, Rhys Norrington-Davies, Harry Wilson, Joe Morrell, Dylan Levitt, Daniel James, Brennan Johnson.

Belanda (3-4-2-1): Mark Flekken, Matthijs de Ligt, Stefan de Vrij, Jordan Teze, Tyrell Malacia, Jerdy Schouten, Teun Koopmeiner, Hans Hateboer, Cody Gakpo, Noa Lang, Wout Weghorst.