Nations League: Belgia Gilas Polandia Tanpa Ampun

Belgia vs Polandia
Belgia menang besar menghadapi Polandia dalam lanjutan UEFA Nations League.

cr photo: Eurosport.

Kemenangan besar berhasil didapat oleh Timnas Belgia ketika menjamu Timnas Polandia di lanjutan ajang UEFA Nations League. Kalah di laga pertama atas Belanda membuat Belgia benar benar tersentak dan sangat termotivasi memetik kemenangan di laga kedua ini. Bertindak sebagai tuan rumah, The Red Deuvils hanya memberikan nafas sebentar saja bagi Polandia. Kemudian secara impresif mereka menggilas habis lawannya tersebut dan amankan kemenangan dengan skor besar, yaitu 6-1.

Pada pertandingan kali ini, skuad Timnas Belgia lesakkan enam gol sekaligus ke gawang lawannya sebagai penentu kemenangan mereka. Keenam gol tersebut masing masing dicetak oleh, Axel Witsel, Kevin De Bruyne, Leander Dendoncker, Lois Openda, dan juga brace apik Leandro Trossard. Sedangkan satu satunya gol balasan dari skuad Polandia dicetak oleh Robert Lewandowski.

Atas hasil manis ini, Belgia berhasil mendulang tambahan tiga poin yang membuat mereka naik ke posisi 2 klasemen sementara Liga A Grup 4 UEFA Nations League. Belgia sayangnya memang posisinya masih di bawah Belanda, mereka kalah 3 poin, karena Belanda di laga lainnya menang atas Wales. Kini Poin Belgia adalah 3, hasil dari satu kali kalah, dan satu kali menang, dari dua kali bermain. Sedangkan bagi Polandia, mereka turun ke posisi 3 atas kekalahan ini dengan koleksi poin masih 3, kalah selisih gol dari Belgia.

Rangkuman Pertandingan

Tuan rumah Timnas Belgia kedatangan lawan kuat, Timnas Polandia pada pertandingan matchday kedua Liga A Grup 4 UEFA Nations League 2022. Belgia sebagai tuan rumah memburu kemenangan untuk membalas hasil buruk yang mereka dapat di laga pertama.

Akan tetapi Polandia lebih dulu memberi kejutan kala babak pertama memasuki menit ke-28. Robert Lewandowski yang menerima bola dari Szymanski berhasil melesakkan gol pembuka. Kapten Polandia ini membawa timnya sementara unggul 0-1.

Akan tetapi keunggulan ini tak bertahan sampai laga babak pertama selesai. Karena di menit ke-42 Belgia berhasil melesakkan gol balasan lewat aksi Axel Witsel yang bekerjasama dengan Timothy Castagne. Babak pertama pun selesai dengan skor masih imbang 1-1.

Babak Kedua

Perubahan terjadi di babak kedua, Belgia jauh lebih agresif. Hasilnya pada menit ke-59, mereka sukses melesakkan sebuah gol ciamik lewat aksi Kevin De Bruyne. Pemain andalan Manchester City itu meneruskan assist Eden Hazard untuk membuat Belgia berbalik unggul 2-1.

Tuan rumah kemudian sukses menjauh usai membuat dua gol sekaligus di menit ke-73 dan juga ke-80. Kedua gol tersebut semuanya diborong oleh Leandro Trossard usai maksimalkan assist Batshuayi dan Yannick Carrasco. Brace punggawa Brighton ini membuat skor menjadi 4-1 bagi Belgia.

Seolah belum puas, Belgia masih berhasil menambah keunggulan mereka di menit ke-83. Kini giliran Leander Dendoncker yang mencetak gol memanfaatkan umpam Youri Tielemans untuk menegaskan skor menjadi 5-1.

Pesta gol Timnas Belgia kemudian ditutup dengan sebuah gol kreasi Lois Openda di masa injury time babak kedua. Ia bekerjasama dengan Thogan Hazard untuk mencetak gol keenam Belgia. Laga pun selesai dengan skor 6-1 untuk kemenangan Timnas Belgia.

Susunan Pemain Belgia vs Polandia

Belgia (3-4-2-1): Simon Mignolet, Leander Dendoncker, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Timothy Castagne, Axel Witsel, Youri Tielemans, Yannick Carrasco, Kevin De Bruyne, Eden Hazard, Michy Batshuayi.

Polandia (4-2-3-1): Bartlomiej Dragowski, Tymoteusz Puchacz, Jan Bednarek, Kamil Glik, Robert Gumny, Gregorz Krychowiak, Szymon Zurkwoski, Sebastian Szymanski, Piotr Zielinski, Jakub Kaminski, Robert Lewandowski.