Nations League: Bosnia Sukses Hempaskan Finlandia

Bosnia vs Finlandia
Dua gol Edin Dzeko pimpin Bosnia kalahkan Finlandia di ajang UEFA Nations League.

cr photo: ESPN.

Timnas Bosnia berhasil mengunci tiga poin penuh ketika menjamu Timnas Finlandia pada pertandingan UEFA Nations League. Bermain di markasnya sendiri, sedari awal Bosnia memang sudah mengincar kemenangan untuk setidaknya bisa meraih poin penuh. Namun di laga ini Bosnia tak mendapat kemudahan karena tim tamu memberikan perlawanan yang cukup sengit. Butuh perjuangan keras bagi Bosnia untuk bisa meraih hasil maksimal dan mengamankan kemenangan dengan skor tipis saja, yani 3-2.

Striker kawakan Timnas Bosnia, yaitu Edin Dzeko menjadi bintang kemenangan timnya di pertandingan ini. Striker yang bermain untuk klub Inter Milan tersebut memborong dua dari tiga gol, dan ia pun menyabet gelar man of the match di laga ini. Sedangkan satu gol tambahan skuad Bosnia lahir melalui aksi Miralem Pjanic. Sedangkan dua gol balasan Timnas Finlandia masing masing lahir berkat aksi Teemu Pukki dan juga Benjamin Kallman. Tampil sangat efektif, Bosbia memang layak memenangkan laga ini.

Hasil maksimal ini memberikan Bosnia tambahan tiga poin dan membuat mereka duduk di puncak klasemen sementara Liga B Grup 3 UEFA Nations League. Bosnia naik menyalip Montenegro dengan selisih 1 poin dari sang runner-up grup. Sejauh ini Bosnia sudah mengemas 8 poin dari 4 kali bermain dengan catatan, 2 kali menang, dan 2 kali seri. Sementara bagi Finlandia, hasil ini membuat mereka turun ke posisi 3. Finlandia catatkan 4 poin dari hasil 1 kali menang, 1 kali seri, dan 2 kali kalah dalam 4 kali berlaga.

Rangkuman Pertandingan

Duel menarik tampilkan laga antara Timnas Bosnia melawan Finlandia dalam lanjutan matchday keempat Liga B Grup 3 UEFA Nations League 2022. Bosnia yang berstatus sebagai tuan rumah langsung tancap gas semenjak wasit memulai jalannya pertandingan. Sudah jelas target tim tuan rumah di pertandingan ini adalah hasil semaksimal mungkin, yaitu kemenangan.

Lima menit babak pertama berjalan bek Finlandia, Sauli Vaisanen melakukan pelanggaran di area terlarang sehingga wasit memberi penalti kepada tuan rumah. Miralem Pjanic yang menjadi eksekutor sukses mencetak gol yang bawa Bosnia kini unggul dengan skor 1-0.

Namun ternyata Finlandia memberikan respon yang sangat baik. Lima menit kemudian mereka bisa melesakkan sebuah gol balasan. Teemu Pukki sukses bekerjasama dengan Benjamin Kallman untuk mencetak gol dan merubah kedudukan menjadi imbang 1-1.

Bahkan Finlandia bisa melesakkan gol keduanya di menit ke-18 manfaatkan pertahanan lengah tuan rumah. Benjamin Kallman yang sebelumnya membuat assist, kini melesakkan golnya sendiri memaksimalkan umpan Teemu Pukki. Gol ini membawa Finlandia berbalik unggul 1-2.

Enggan kalah di markasnya sendiri, Bosnia kembali berhasil merubah skor menjadi imbang usai melesakkan gol keduanya. Kini giliran Edin Dzeko yang cetak gol maksimalkan assist Pjanic. Gol Dzeko ini membuat kedudukan kembali imbang 2-2 dan bertahan sampai turun minum.

Babak Kedua

Di babak kedua ini duel masih ketat namun kedua tim sama sama kesulitan membuat gol. Lewat kerja keras akhirnya Bosnia lah yang cetak gol ketiganya. Dzeko kembali jadi sosok penting yang cetak gol ketiga Bosnia memanfaatkan umpan Rade Krunic. Gol ini membawa Bosnia unggul 3-2, dan bertahan hingga pertandingan ini selesai.

Susunan Pemain Bosnia vs Finlandia

Bosnia (4-3-3): Ibrahim Sehic, Miroslav Stevanovic, Anel Ahmedhodzic, Denni Hadzikadunic, Sead Kolasinac, Luka Menalo, Sanjin Prcic, Miralem Pjanic, Rade Krunic, Edin Dzeko, Haris Duljevic.

Finlandia (5-3-2): Lukas Hradecky, Richard Jensen, Sauli Vaisanen, Miro Tenho, Urho Nissila, Mikael Antero Soisalo, Rasmus Schuller, Lucas Lingman, Ilmari Niskanen, Teemu Pukki, Benjamin Kallman.