Nations League: Georgia Taklukan Makedonia Utara

Makedonia Utara vs Georgia
Georgia tampil meyakinkan dan libas Makedonia Utara di ajang UEFA Nations League.

cr photo: Macedonian Football.

Raihan positif berhasil didapat Timnas Georgia ketika tandang melawan Timnas Makedonia Utara di laga UEFA Nations League. Pada laga ini meskipun Makedonia jdi tuan rumah, ternyata mereka mendapat perlawanan yang sangat ketat dari lawannya tersebut sepanjang duel berlangsung. Georgia berhasil tampil apik untuk bisa meredam agresifitas tim tuan rumah yang cukup tinggi. Lewat kerja keras dan kegigihan mereka melesakkan gol, Georgia akhirnya amankan kemenangan dengan skor akhir 0-3.

Tiga gol total dilesakkan oleh Georgia yang sekaligus menjadi penentu kemenangan mereka pada pertandingan kali ini. Ketiga gol tersebut masing masing lahir berkat aksi, Budu Zivzivadze, Khvicha Kvaratskhelia, dan juga Otar Kiteishvili. Selain menang dengan skor besar, Georgia juga berhasil catatkan cleansheet yang membuat kemenangan ini kian terasa spesial bagi mereka. Kendati tak dominan, namun permainan efektif Georgia berhasil antarkan mereka kepada kemenangan.

Dengan hasil maksimal di laga ini, Georgia sukses dapatkan tiga poin yang membawa mereka memuncaki klasemen sementara Liga C Grup 4 UEFA Nations League. Saat ini Georgia kokoh di puncak klasemen dengan keunggulan 5 angka dari runner-upnya. Timnas Georgia menangkan 9 poin berkat meraih 3 kali kemenangan beruntun. Sementara bagi Timnas Makedonia Utara, meski kalah mereka masih duduk di posisi 2 klasemen. Makedonia Utara meraih 4 poin dari 3 laga dengan rincian, sekali menang, sekali seri, dan sekali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Partai menarik mempertemukan duel antara Timnas Makedonia Utara melawan Timnas Georgia di matchday ketiga Liga C Grup 4 UEFA Nations League 2022. Timnas Makedonia yang bermain sebagai tuan rumah sedikit diunggulkan selain karena faktor tuan rumah, Makedonia juga terkenal beberapa tahun belakangan menunjukkan progres yang positif dalam bidang sepak bola. Sehingga babak pertama dimulai dengan dominasi sang tuan rumah.

Jalannya babak pertama cukup menarik karena tim tuan rumah yang mendominasi laga nyatanya tak bisa begitu saja melesakkan gol. Meski beberapa kali mendapat kans melesakkan gol, namun mereka tak bisa memaksimalkannya untuk bisa membuka keunggulan. Georgia sendiri sayangnya di babak pertama ini juga tak mampu melesakkan gol. Tak ada gol yang lahir di babak pertama sehingga skor ini bertahan sampai turun minum.

Babak Kedua

Selepas turun minum, duel berubah semakin menarik karena Georgia bermain lebih terbuka dan andalkan permainan reaktif. Kebuntuan pun sukses dilesakkan lebih dulu oleh Georgia ketika babak kedua memasuki menit ke-52. Sepakan keras Budu Zivzivadze meneruskan assist Tsitaishvili sukses berbuah gol yang bawa Georgia unggul 0-1.

Sukses menjaga momentum keunggulan, Georgia pun berhasil menambah keunggulan mereka saat babak kedua masuk menit ke-62, atau sepuluh menit setelah gol perdana. Khvicha Kvaratshkelia sukses cetak gol manfaatkan kelengahan bek bek lawan untuk gandakan skor menjadi 0-2.

Memasuki menit ke-84, Georgia kian di atas angin saat mereka sukses lesakkan gol ketiganya. Otar Kiteishvili berhasil ikut cetak gol untuk menjauhkan skor menjadi 0-3. Kedudukan ini bertahan sampai laga selesai, untuk kemenangan tim tamu, yaitu Georgia.

Susunan Pemain Makedoni Utara vs Georgia

Makedonia Utara (4-4-2): Stole Dimitrievski, Darko Churlinov, Darko Velkovski, Vitar Musliu, Ezgjan Alioski, Eljif Elmas, Stefan Spirovski, Enid Bardhi, Stefan Ashkovski, Milan Ristovski, Aleksandar Trajkovski.

Georgia (3-5-1-1): Giorgi Mamardashvili, Davit Khocholava, Guram Kashia, Otar Kakabadze, Georgiy Tsitaishvili, Niki Kvekveskiri, Giorgi Aburjania, Saba Kverkvelia, Khvicha Kvaratshkelia, Budu Zivzivadze, Zurab Davitashvili.