Nations League: Islandia Seri Melawan Albania

Islandia vs Albania
Islandia bermain imbang melawan Albania pada laga lanjutan UEFA Nations League.

cr photo: UEFA Official Website.

Timnas Islandia menjalani pertandingan kandang mereka dengan menjamu lawannya, Timnas Albania di ajang UEFA Nations League. Bermain sebagai tuan rumah, Islandia cukup percaya diri untuk bisa meraih kemenangan di laga ini. Akan tetapi yang terjadi adalah mereka malah mendapatkan kesulitan serius. Bahkan Albania sempat berhasil lebih dulu melesakkan gol. Namun beruntung Islandia bisa membalasnya, sehingga pertandingan ini akhirnya selesai dengan skor imbang 1-1 untuk kedua kesebelasan.

Tuan rumah hanya mampu melesakkan satu gol melalui lesakkan seorang Jon Dagur Thorsteinsson. Sedangkan gol balasan Timnas Albania pada laga ini dicetak oleh Taulant Seferi. Kesulitan yang dialami oleh Islandia ini terlihat dari catatan statistik yang ada. Di sini Albania unggul secara penguasaan bola sebesar 57 persen berbanding 43 persen. Akan tetapi Islandia lebih banyak membuat shots on target, yaitu 5 tembakan berbanding 2. Tak heran laga ini berakhir imbang karena kedua tim yang sama sama disiplin saat bertahan.

Raihan seri ini hanya memberikan Islandia satu poin yang membuat mereka tetap bisa melesat ke punck klasemen sementara Liga B Grup 2. Islandia berhasil menyalip posisi Israel yang tidak bermain lantaran lawannya, Rusia masih dalam masa hukuman UEFA. Poin milik Islandia sendiri saat ini adalah 2, hasil 2 kali seri secara beruntun. Sedangkan bagi Timnas Albania, mereka tak beranjak dari posisi 3 klasemen. Albania mendapat 1 poin berkat hasil seri di laga perdana mereka ini.

Rangkuman Pertandingan

Kesebelasan Timnas Islandia kedatangan lawan yang cukup selevel, yaitu Timnas Albania di matchday kedua UEFA Nations League 2022, Liga B Grup 2. Masing masing tim jelas ingin menang, terutama Islandia yang pada pertandingan ini bertindak sebagai tuan rumah. Namun sejak pertandingan dimulai, Albania menunjukkan permainan yang cukup baik dengan menekan pertahan tuan rumah.

Hasilnya terlihat pada saat laga masuk menit ke-30 babak pertama. Sepakan keras Taulant Seferi yang berdiri cukup bebas, gagal diantisipasi oleh penjaga gawang lawan. Alhasil sepakan Seferi ini berbuah gol yang membuat Albania untuk sementara ini unggul dengan skor 0-1.

Di sisa waktu babak pertama, Islandia berusaha untuk mengejar ketertinggalan. Akan tetapi usaha mereka terus terbentur pertahanan rapat yang ditunjukkan oleh Timnas Albania. Alhasil tak ada tambahan gol sampai laga babak pertama usai, dan skor tetap 0-1 untuk keunggulan Albania.

Babak Kedua

Memasuki jalannya pertandingan babak kedua, di menit menit awal tim tuan rumah langsung tancap gas bermain agresif. Permainan cepat Islandia di menit awal babak kedua berbuah manis saat mereka sukses melesakkan sebuah gol saat babak kedua baru berjalan empat menit. Jon Dagur Thorsteinsson yang lepas dari kawalan bek bek lawan sukses menceploskan bola masuk ke gawang Albania, untuk membuat kedudukan menjadi imbang 1-1.

Sepanjang babak kedua, Albania lebih dominan dalam hal penguasaan bola. Akan tetapi Islandia lebih banyak mendapatkan peluang. Sayang sampai dengan babak kedua selesai tak ada tambahan gol. Pertandingan ini pun selesai dengan skor imbang 1-1.

Susunan Pemain Islandia vs Albania

Islandia (4-3-3): Runar Runarsson, Alfons Sampsted, Daniel Leo Gretarsson, Hordur Magnusson, David Kristijan Olafsson, Thorir Johann Helgasson, Birkir Bjarnasson, Isak Bergmann Johannesson, Arnor Sigurdsson, Andri Gudjohnsen, Jon Dagur Thorsteinsson.

Albania (3-5-2): Etrit Berisha, Berat Djimsiti, Marash Kumbulla, Ardian Ismajli, Elseid Hysaj, Amir Abrashi, Klaus Gjasula, Endri Cekici, Ivan Baliu, Taulant Seferi, Sokol Cikalleshi.