Nations League: Kazakhstan Sukses Permalukan Slovakia

Slovakia vs Kazakhstan
Slovakia tumbang di markasnya sendiri saat menjamu Kazakhstan dalam ajang UEFA Nations League.

cr photo: Slovakia Post.

Kemenangan berhasil dibawa pulang oleh Timnas Kazahstan saat bersua Timnas Slovakia dalam gelaran UEFA Nations League. Kendati bermain sebagai tim tamu, ternyata Kazakhstan mampu memberikan perlawanan yang begitu merepotkan. Slovakia yang sejatinya lebih diunggulkan untuk bisa menang malah terlihat tak mampu menunjukkan permainan yang mereka inginkan. Kesuksesan Kazakhstan menahan tuan rumah membuat mereka mampu amankan kemenangan dengan skor akhir tipis saja, yaitu 0-1.

Gol tunggal kreasi Aslan Darabayev menjadi satu satunya gol yang lahir pada pertandingan ini dan menjadi penentu kemenangan Timnas Kazakhstan. Bagi Slovakia, hasil ini sangat mengecewakan karena sejatinya mereka tampil sangat dominan, bahkan mereka catatkan 74 persen penguasaan bola, dan 16 tembakan. Namun memang kualitas serangan Slovakia sangat kurang maksimal sehingga mereka tak mampu mengejar ketertinggalan dan harus merelakan kemenangan jatuh ke tangan Kazakhstan.

Raihan kemenangan ini sukses membuat Kazakhstan mendapatkan tambahan tiga poin yang membuat mereka naik ke puncak klasemen sementara Liga C Grup 3 UEFA Nations League. Kazakhstan sukses menyalip Slovakia dan kini unggul 3 angka dari sang runner-up. Kazakhstan mengoleksi 6 poin dari 2 kali menang di dua laga awal. Sedangkan untuk Slovakia, mereka mesti rela posisinya disalip Kazakhstan. Saat ini Slovakia masih meraih 3 poin, hasil dari 1 kali kalah, dan 1 kali menang dalam 2 laga awal.

Rangkuman Pertandingan

Laga seru mempertemukan Timnas Slovakia dengan Timnas Kazakhstan pada laga matchday kedua Liga C Grup 3 UEFA Nations League 2022. Slovakia yang merupakan peserta Euro 2020 lalu lebih diunggulkan menang mengingat mereka memiliki cukup banyak pemain yang bermain di top 5 kompetisi Eropa. Apalagi, pada laga ini Slovakia juga bermain sebagai tuan rumah.

Akan tetapi kecerobohan pemain belakang Slovakia mesti dibayar mahal saat mereka malah harus kebobolan lebih dulu di menit ke-26 babak pertama. Sebuah umpan yang dilepas Elkhan Astanov, jatuh di kaki Aslan Darabayev. Berdiri cukup bebas, Aslan sukses menyarangkan gol yang membawa Kazakhstan sementara unggul dengan skor 0-1.

Setelah kebobolan, permainan Slovakia berubah menjadi semakin cepat dan agresif. Meski demikian, Kazakhstan yang memutuskan bermain bertahan sukses meredamnya. Menumpuknya pemain tim tamu di area kotak penalti membuat Slovakia tak mampu mengejar, sehingg babak pertama selesai dengan skor 0-1 untuk keunggulan Kazakhstan.

Babak Kedua

Selepas rehat, duel ini menjadi lebih menarik lagi karena Slovakia yang masih dalam posisi tertinggal kian berhasrat untuk bisa mengejar ketertinggalan mereka. Sayangnya memang para pemain belakang Kazakhstan sangat disiplin sehingga berkali kali serangan Slovakia mampu diredam dengan baik oleh mereka.

Bergantian Juraj Kucka dan Ladislav Aslani mendapatkan peluang, namun sangat disayangkan tidak tenangnya mereka membuat banyak kans terbuang. Slovakia bahkan dibuat cukup frustasi dengan cara bertahan tim tamu yang begitu disipin dan tanpa kompromi. Kazakhstan sendiri pada akhirnya juga tak mampu menambah gol. Namun keberhasilan mereka menahan serangan tuan rumah membuat mereka akhirnya memenangi laga ini dengan skor akhir 0-1.

Susunan Pemain Slovakia vs Kazakhstan

Slovakia (4-1-4-1): Marek Rodak, Martin Koscelnik, Norbert Gyomber, Milan Skriniar, Juraj Chvatal, Stanislav Lobotka, Ivan Schranz, Juraj Kucka, Albert Rusnak, Vladimir Weiss, Ladislav Aslani.

Kazakhstan (5-4-1): Igor Shatskiy, Timur Dosmagambetov, Nuraly Alip, Aleksandr Marochkin, Sergiy Maily, Mikhail Gabyshev, Ramazan Orazov, Aslan Drabayev, Islambek Kuat, Elkhan Astanov, Abat Aimbetov.