Nations League: Kosovo Menang Dramatis atas Irlandia Utara

Kosovo vs Irlandia Utara
Saling balas berbalas gol, Kosovo berhasil menangi laga ketat melawan Irlandia Utara di ajang UEFA Nations League.

cr photo: Sporting Life.

Hasil maksimal berhasil dipetik oleh Timnas Kosovo ketika berhadapan dengan Timnas Irlandia Utara di ajang UEFA Nations League. Pertandingan ini berjalan sangat menarik karena meski bermain di markas Kosovo, tetapi laga cenderung berjalan imbang. Irlandia Utara yang juga incar kemenangan bermain terbuka dan nampak sangat berhasrat amankan tiga poin. Sayang sekali bagi Irlandia Utara, usaha mereka belum cukup untuk bisa membedung Kosovo menang dengan skor akhir 3-2.

Ada tiga gol yang berhasil dilesakkan oleh Timnas Kosovo dan sekaligus menjadi penentu kemenangan mereka di pertandingan ini. Ketiga gol tersebut masing masing dicetak oleh, Zimer Bytyqi dan juga brace kreasi Vedat Muriqi. Sedangkan dua gol balasan pasukan Irlandia Utara masing masing lahir melalui aksi Shayne Lavery dan juga Daniel Ballardi. Kedua tim sama sama sangat berhasrat menang, keduanya ciptakan 10 tembakan. Tapi Kosovo yang lebih efisien kala menyerang pada akhirnya sukses memetik kemenangan.

Dengan hasil tiga poin ini, Kosovo berhasil bertahan di posisi 2 klasemen sementara Liga C Grup 2 ajang UEFA Nations League. Sayangnya jarak antara Kosovo dengan sang pemuncak klasemen, yaitu Yunani cukup jauh, yaitu berselisih 3 poin. Kosovo sejauh ini sudah mengoleksi 6 poin dari 3 kali bermain dengan hasil 2 kali menang, dan 1 kali kalah. Sedangkan bagi Irlandia Utara, kekalahan ini membuat mereka tetap di posisi 3 klasemen. Irlandia Utara baru meraih 1 poin dari 3 laga dengan catatan 2 kali kalah dan 1 kali seri.

Rangkuman Pertandingan

Tuan rumah Kosovo menjalani pertandingan kandang menghadapi Timnas Irlandia Utara di matchday ketiga UEFA Nations League 2022. Kosovo bisa dibilang sedikit diunggulkan karena bermain di markasnya sendiri sehingga sejak awal mereka sudah bermain cukup agresif. Sedangkan Irlandia Utara baru berusaha mengimbangi seiring pertandingan berjalan.

Start apik dilakukan Kosovo dengan membuat gol saat babak pertama baru berjalan selama sembilan menit saja. Penalti didapat oleh tuan rumah ketika Irlandia Utara salah satu pemainnya lakukan pelanggaran di area terlarang. Vedat Muriqi sukses membuat gol lewat titik putih yang bawa Kosovo unggul 1-0.

Tetap bermain menyerang, Kosovo sukses menambah keunggulannya saat babak pertama masuk menit ke-19. Pergerakan Milot Rashica diakhiri dengan assist yang memudahkan Zymer Bytyqi untuk mencetak gol sekaligus menggandakan skor menjadi 2-0.

Sebelum babak pertama selesai, Irlandia Utara berhasil menjaga laga tetap kompetitif dengan membuat satu gol balasan di menit ke-4. Aksi ciamik Shayne Lavery meneruskan umpan Brodie Spencer sukses memastikan babak pertama selesai dengan skor tipis 2-1.

Babak Kedua

Pasca rehat, kedudukan tipis ini membuat laga berjalan kian ketat antara kedua kesebelasan. Babak kedua memasuki menit ke-52, Kosovo sukses melesakkan gol ketiganya di laga ini. Vedat Muriqi berhasil lesakkan gol keduanya di laga ini usai bekerjasama dengan Kastrati untuk menjauhkan kembali skor menjadi 3-1.

Pada menit ke-83, Irlandia Utara kembali berhasil merapat dengan sebuah gol yang mereka buat. Daniel Ballardi membuat gol yang menipiskan skor jadi 3-2. Sayang tim tamu gagal mengejar sisa defisit satu gol sehingga laga selesai dengan skor 3-2 untuk kemenangan Kosovo.

Susunan Pemain Kosovo vs Irlandia Utara

Kosovo (4-3-3): Samir Ujkani, Lirim Kastrati II, Amir Rrahmani, Mirlind Kryeziu, Donat Rrudhani, Valon Berisha, Ibrahim Dresevic, Florent Muslija, Milot Rashica, Vedat Muriqi, Zymer Bytyqi.

Irlandia Utara (3-5-2): Bailey Peacock-Farrell, Ciaron Brown, Jonny Evans, Daniel Ballard, Conor McMenamin, George Saville, Steven Davies, Alistair McCann, Brodie Spencer, Shayne Lavery, Kyle Lafferty.