Nations League: Luksemburg Hajar Tuan Rumah Lithuania

Lithuania vs Luksemburg
Luksemburg hajar tuan rumah Lithuania pada ajang UEFA Nations League.

cr photo: Lithuania Post.

Raihan maksimal sukses dipetik Timnas Luksemburg ketika melawan Timnas Lithuania pada ajang UEFA Nations League. Sama sama bukan tim non unggulan, pertandingan ini berjalan menarik karena keduanya bermain terbuka dan sangat percaya diri. Lithuania bermain sedikit lebih dominan karena memang bermain sebagai tuan rumah. Aan tetapi Luksemburg yang berhasil menunjukkan performa yang jauh lebih efisien. Luksemburg sukses mengamankan kemenangan di laga ini dengan skor meyakinkan, yaitu 0-2.

Danel Sinani menjadi pemain yang paling menonjol penampilannya di laga ini dari kubu Luksemburg. Dua gol yang sukses ia borong untuk menentukan kemenangan timnya, berhasil membuat Sinani menyabet predikat man of the match di duel menarik ini. Luksemburg sendiri memang secara statistik mendominasi dan unggul di semua aspek permainan atas sang tuan rumah. Dengan kondisi seperti itu bisa dibilang memang bahwa Luksemburg jauh lebih layak memenangkan laga ini ketimbang tim tuan rumah.

Tiga poin berhasil jadi milik Luksemburg usai merih kemenangan di laga ini, yang membuat mereka menduduki posisi 2 klasemen sementara Liga C Grup 1 UEFA Nations League. Luksemburg masih kalah dari Turki yang pada laga lain berhasil meraih kemenangan. Poin Luksemburg saat ini adalah 3, masih kalah selisih gol dari Turki yang menempati posisi puncak klasemen. Sementara bagi Lithuania, kekalahan ini membuat poin mereka tetap 0 dan mereka harus duduk di posisi 3 klasemen.

Rangkuman Pertandingan

Tuan rumah Lithuania mesti menghadapi Luksemburg pada matchday perdana Liga C Grup 1 gelaran UEFA Nations League musim 2022. Bermain sebagai tuan rumah, Lithuania tentu saja mengincar kemenangan untuk bisa mendulang poin penuh. Tetapi yang terjadi adalah mereka malah mendapat tekanan hebat dari tim tamu yang sejak awal menampilkan permainan yang agresif.

Terjadi jual beli serangan di sepanjang jalannya babak pertama dengan cukup intens. Usai berkali kali mencoba, pada akhirnya kebuntuan di laga ini pecah pada menit ke-44 babak pertama. Danel Sinani menerima umpan Borges Sanches, ketenangannya berhasil membuat umpan tersebut dikonversi menjadi gol yang membawa Luksemburg unggul 0-1. Keunggulan ini kemudian bertahan sampai babak pertama usai.

Babak Kedua

Selepas turun minum, permainan masih sama seperti babak pertama di mana Luksemburg mendominasi dari sang tuan rumah. Sedangkan Lithuania sendiri berusaha bermain lebih keras dan juga berani di babak kedua ini dengan tujuan demi bisa sesegera mungkin mengejar ketertinggalan mereka.

Sayang sekali bukannya melesakkan gol balasan, gawang Lithuania malah mesti kebobolan kembali saat babak kedua memasuki menit ke-78. Danel Sinani kembali menjadi momok menakutkan bagi skuad tuan rumah, kini ia bekerjasama dengan Mathias Olesen untuk membuat brace sekaligus menggandakan keunggulan timnya menjadi 0-2.

Di sisa waktu babak kedua, Lithuania berusaha sekuat tenaga untuk mengejar ketertinggalan mereka dengan semakin meningkatkan serangan. Sayang sekali usaha mereka berkali kali bisa dipatahkan dengan sangat baik oleh lini belakang Luksemburg. Kegagalan tuan rumah mencetak gol, membuat tak ada gol lagi sampai laga selesai. Duel ini pun dimenangkan Luksemburg dengan skor 0-2.

Susunan Pemain Lithuania vs Luksemburg

Lithuania (4-2-3-1): Ernestas Setkus, Rolandas Baravykas, Edgaras Utkus, Denas Satkus, Dominykas Barauskas, Linas Magelaitis, Vykintas Slivka, Avrydas Novikovas, Justas Lasickas, Paulius Golubickas, Augustinas Klimavicius.

Luksemburg (4-1-4-1): Anthony Moris, Mica Pinto, Dirk Carlson, Maxime Chanot, Marvin Martins, Christopher Martins, Vincent Thill, Danel Sinani, Leandro Martins, Yvandro Borgdes Sanches, Edvin Muratovic.