Nations League: Montenegro Sukses Pecundangi Rumania

Montenegro vs Rumania
Montenegro awali UEFA Nations League dengan kemenangan melawan Rumania.

cr photo: Romania Insider.

Sebuah pertandingan seru mempertemukan Timnas Montenegro dengan Timnas Rumania di lanjutan UEFA Nations League. Laga ini merupakan matchday perdana untuk Liga B Grup 3, kedua tim sama sama mengincar kemenangan demi tiga poin penuh yang mereka targetkan. Montenegro yang menjadi tuan rumah cukup percaya diri bermain agresif dan terbuka sepanjang laga berjalan. Sukses membuat lawannya mati kutu, Montenegro amankan kemenangan dengan skor meyakinkan, yaitu 2-0.

Dua gol yang dilesakkan Montenegro pada pertandingan ini semuanya terlahir pada babak kedua. Masing masing gol penentu kemenangan tersebut dicetak oleh Stefan Mugosa dan juga Marko Vukcevic. Keberhasilan Montenegro menang dan catatkan cleansheet membuat raihan ini kian spesial bagi mereka. Padahal bila dilihat dari statistik, Rumania lah yang unggul penguasaan bola. Akan tetapi Montenegro memang lebih unggul dan tajam dalam sisi serangan sehingga tetap bisa mengamankan poin penuh.

Dengan raihan maksimal ini, Montenegro berhasil mendulang tiga poin yang membawa mereka memuncaki klasemen sementara Liga B Grup 3 UEFA Nations League. Montenegro menjadi satu satunya tim di grup ini yang sukses awali kompetisi dengan kemenangan usai di laga lain Finlandia bermain imbang dengan Bosnia. Poin Montenegro saat ini adalah 3, unggul dua poin dari Bosnia sebagai runner-up. Sedangkan bagi Rumania, mereka harus berada di dasar klasemen usai kekalahan ini.

Rangkuman Pertandingan

Laga menarik tersaji saat tuan rumah Timnas Montenegro menjamu Timnas Rumania pada matchday pertama Liga B Grup 3 UEFA Nations League musim 2022. Montenegro yang mengawali musim dengan bertindak sebagai tuan rumah tentu saja menginginkan raihan maksimal. Tak mengherankan apabila kemudian mereka langsung bermain menekan sejak wasit memulai pertandingan.

Akan tetapi di sepanjang babak pertama ini yang terjadi adalah Rumania bisa memberikan perlawanan dan juga tekanan cukup serius ke pertahanan tuan rumah. Beruntung bagi Montenegro, di laga ini mereka bermain apik terutama ketika bertahan. Babak pertama pun pada akhirnya mesti selesai tanpa adanya gol. Kedudukan imbang tanpa gol lantas menghiasi turun minum.

Babak Kedua

Kering gol di babak pertama membuat tuan rumah di babak kedua berusaha untuk tampil lebih tenang terutama ketika berusaha membongkar pertahanan lawan. Pergantian pemain juga dilakukan Montenegro untuk bisa merefresh skuad mereka di jalannya babak kedua ini.

Akhirnya gelombang serangan pasukan Timnas Montenegro berbuah manis saat babak pertama memasuki menit ke-66 babak kedua. Assist terukur Haksabanovic berhasil diteruskan menjadi gol oleh Stefan Mugosa untuk membawa skuad tuan rumah akhirnya unggul dengan skor 1-0.

Terus menerus menekan pertahan lawannya meski sudah unggul membuat Montenegro berhasil menambah keunggulannya di menit ke-87 babak kedua. Sepakan keras Marko Vukcevic berhasil menembus telak gawang dari Rumania dan menambah keunggulan timnya menjadi 2-0. Kedudukan ini tak berubah sampai dengan laga babak kedua selesai karena baik Rumania maupun Montenegro sendiri tak bisa melesakkan gol tambahan karena alami kebuntuan di ujung laga, dan kemenangan pun jadi milik tuan rumah Montenegro.

Susunan Pemain Montenegro vs Rumania

Montenegro (4-4-1-1): Milan Mijatovic, Marko Vesovic, Igor Vujacic, Zarko Tomasevic, Andrija Vukcevic, Adam Marusic, Milos Raickovic, Marko Jankovic, Vladimir Jovovic, Sead Haksabanovic, Stefan Mugosa.

Rumania (4-3-3): Florin Nita, Nicusor Bancu, Adrian Rus, Vlad Chiriches, Andrei Ratiu, Darius Olaru, Iulian Lucian Cristea, Razvan Marin, Andrei Ivan, Florin Tansae, Valentin Mihaila.