Nations League: Norwegia Taklukan Skuad Serbia

Serbia vs Norwegia
Norwegia curi kemenangan di markas Serbia dalam gelaran UEFA Nations League.

cr photo: Norway Posts English.

Pertandingan menarik hadir saat Timnas Serbia menjamu Timnas Serbia di laga perdana Liga B Grup 4 ajang UEFA Nations League. Sebagai tuan rumah, di laga ini Serbia membidik kemenangan demi bisa memulai kompetisi ini dengan raihan positif. Alhasil sepanjang duel berjalan, Serbia memang cukup dominan. Sayangnya, mereka gagal untuk bisa menaklukan sang lawan. Norwegia yang bermain lebih efisien sukses memetik kemenangan dengan skor akhir tipis saja, yaitu 0-1.

Gol tunggal yang dilesakkan dan sekaligus menjadi penentu kemenangan pasukan Norwegia lahir lewat aksi bomber andalan mereka, yaitu Erling Haaland. Menilik dari statistik yang tercatat, bisa dilihat bahwa Norwegia memang kalah segalanya daru sang tuan rumah. Akan tetapi mereka bermain sangat disiplin dan juga efektif dalam membangun serangan ke pertahanan lawan. Inilah yang kemudian berhasil membuat pasukan Norwegia mampu memetik kemenangan di markas lawannya yang merupakan peserta Piala Dunia 2022 nanti.

Hasil maksimal ini berhasil memberikan Timnas Norwegia tambahan tiga poin yang membuat mereka duduk di posisi 2 klasemen Liga B Grup 4. Sayangnya memang Norwegia masih kalah dari Swedia yang ada di pucuk klasemen, unggul selisih gol usai di pertandingan lain berhasil menang melawan Timnas Slovenia. Sedangkan untuk pasukan Serbia, kekalahan tipis ini membuat mereka tertahan di posisi 3 klasemen. Karena menelan kekalahan, Serbia pun belum mendapatkan poin saat ini.

Rangkuman Pertandingan

Laga seru hadir ketika Timnas Serbia bersua Timnas Norwegia dalam pertandingan pembuka Liga B Grup 4 UEFA Nations League 2022. Tampil di markas sendiri, Serbia mengincar kemenangan untuk memberikan hasil yang menyenangkan bagi suporter yang datang ke stadion. Alhasil sejak menit awal babak pertama, mereka langsung tampil menekan dan juga agresif.

Akan tetapi sangat disayangkan meski bermain agresif, Serbia melupakan lini belakangnya. Hal ini berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Timnas Norwegia yang sukses melesakkan gol terlebih dulu. Pada menit ke-26, umpan Mads Pedersen sukses diselesaikan dengan baik oleh Erling Haaland. Bomber anyar Manchester City ini berhasil membawa Norwegia sementara ini unggul 0-1.

Setelah tertinggal lebih dulu, Serbia tersentak dan mulai bermain jauh lebih agresif. Filip Kostic dan kawan kawan cukup intens menekan sang lawan. Sangat disayangkan usaha mereka untuk bisa melesakkan gol tak berbuah hasil sampai dengan babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Selepas rehat, pertandingan berjalan sedikit lebih menarik karena di laga ini Serbia terus mengurung lawannya. Sedangkan Norwegia sendiri berusaha tak bermain bertahan dan memberikan tekanan balik meski tak selalu berhasil. Beberapa kali Serbia memiliki kans lewat aksi Dusan Tadic dan juga Aleksandar Mitrovic, namun tak ada satupun yang berbuah gol.

Sama halnya dengan tuan rumah, Norwegia sendiri sebenarnya juga memiiki beberapa kans untuk bisa melesakkan gol tambahan. Erling Haaland mendapat satu dua peluang cukup terbuka, sayang tak bisa ia manfaatkan. Tak ada gol tambahan yang berhasil dilesakkan kedua tim. Alhasil skor tetap tak berubah 0-1 untuk kemenangan pasukan tamu, yaitu Norwegia.

Susunan Pemain Serbia vs Norwegia

Serbia (3-4-2-1): Vanja Milinkovic-Savic, Nikola Milenkovic, Milos Veljkovic, Strahinja Pavlovic, Darko Lazovic, Sasa Lukic, Nemanja Gudelj, Filip Kostic, Dusan Tadic, Sergej Milinkovic-Savic, Aleksandar Mitrovic.

Norwegia (4-3-3): Orjan Nyland, Birger Meling, Leo Ostigard, Stefan Strandberg, Marcus Holmgren Pedersen, Sander Berge, Fredrik Aursnes, Martin Odegaard, Joshua King, Erling Haaland, Mohamed Elyounoussi.