Nations League: Serbia Sukses Hempaskan Swedia

Swedia vs Serbia
Swedia tumbang di markas sendiri saat bersua Serbia di ajang UEFA Nations League.

cr photo: Serbia Post.

Pertandingan seru dan juga ketat tersaji ketika Timnas Swedia menghadapi Timnas Serbia di lanjutan gelaran UEFA Nations League. Laga ini berjalan di markas Swedia dengan kondisi yang bisa dibilang saling serang antara kedua tim sepanjang 90 menit jalannya pertandingan. Tuan rumah sayangnya gagal mengatasi tekanan yang ditunjukkan pasukan tim tamu. Kerja keras yang ditunjukkan oleh pasukan Serbia berhasil menghasilkan kemenangan di akhir laga dengan skor akhir tipis saja, yakni 0-1.

Luka Jovic menjadi tokoh sentral bagi Timnas Serbia di pertandingan kali ini. Striker Real Madrid tersebut menjadi pencetak gol satu satunya pada duel ketat ini yang menentukan kemenangan bagi tim tamu. Secara statistik bisa dilihat bahwa Serbia memang sedikit dominan dalam urusan penguasaan bola, namun tuan rumah lebih agresif ketika menyerang. Sama sama memiliki keunggulan, Serbia berhasil lebih efektif untuk bisa memanfaatkan keunggulan mereka untuk mengunci kemenangan di laga ini.

Raihan tiga poin dari kemenangan ini membuat Timnas Serbia bertahan di posisi 2 klasemen sementara Liga B Grup 4 UEFA Natiosn league. Timnas Serbia posisinya masih berada di bawah Norwegia sebagai pemuncak klasemen dengan selisih 1 poin saja. Koleksi poin Serbia saat ini adalah 6 dari 3 kali bermain dengan hasil, 2 kali menang, dan 1 kali kalah. Sedangkan untuk Timnas Swedia, mereka duduk di posisi 3 setelah hasil kekalahan ini. Swedia meraih 3 poin dari 3 laga dengan catatan, 1 kali menang, dan 2 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Tuan rumah Timnas Swedia menjalani laga kandangnya dengan menjamu Timnas Serbia dalam matchday ketiga Liga B Grup 4 UEFA Nations League 2022. Menjadi tuan rumah,Swedia jelas mengincar kemenangan untuk bisa menjaga kesempatan memperbaiki posisi mereka. Sejak laga babak pertama berjalan mereka sudah berusaha memegang kendali jalannya pertandingan.

Akan tetapi yang terjadi kemudian adalah ternyata Serbia bisa menunjukkan penampilan yang apik. Skuad asuhan Drgan Stojkovic ini menunjukkan kesolidan saat bertahan sehingga tim tuan rumah begitu kesulitan bahkan untuk sekedar menciptakan peluang membuat gol.

Alih alih melesakkan gol, pada akhirnya Swedia yang buntu malah harus kebobolan lebih dulu di masa injury time babak pertama. Menerima umpan dari Strahinja Pavlovic, Luka Jovic yang berdiri cukup bebas sukses meneruskan bola menjadi gol yang membawa Serbia unggul 0-1. Aksi striker Real Madrid ini berhasil membuat Serbia menutup babak pertama dengan keunggulan satu gol.

Babak Kedua

Seusai istirahat babak pertama, Swedia yang tertinggal berusaha keras untuk bisa membalas gol dengan menaikan intensitas serangan. Berkali kali pemain pemain depan Swedia memiliki kans untuk menciptakan gol, namun kualitas penyelesaian akhir mereka tak begitu baik di laga ini. Apalagi barisan belakang Serbia juga sangat disiplin sehingga sangat sulit menciptakan gol balasan.

Sedangkan Timnas Serbia sendiri di babak kedua lebih banyak memainkan bola dan sedikit fokus untuk bertahan. Keputusan itu tepat karena lawan mereka sama sekali tak bisa melesakkan gol balasan. Pada akhirnya kemenangan jadi milik Timnas Serbia dengan kedudukan akhir 0-1.

Susunan Pemain Swedia vs Serbia

Swedia (4-1-4-1): Robin Olsen, Joel Andersson, Hjalmar Ekdal, Joakim Nilsson, Ludwig Augustinsson, Jens-Lys Cajuste, Anthony Elanga, Mattias Svanberg, Kristoffer Olsson, Viktor Claesson, Robin Quaison.

Serbia (3-4-2-1): Marko Dmitrovic, Strajinja Pavlovic, Milos Veljkovic, Nikola Milenkovic, Aleksa Terzic, Sergej Milinkovic-Savic, Nemanja Gudelj, Darko Lazovic, Filip Djuricic, Dusan Tadic, Luka Jovic.