Nations League: Spanyol Nyaris Kalah atas Ceko

Ceko vs Spanyol
Gol telat Inigo Martinez selamatkan Spanyol dari kekalahan atas Ceko di ajang UEFA Nations League.

cr photo: Sport.

Pertandingan seru tersaji ketika tuan rumah Timnas Ceko menghadapi Timnas Spanyol dalam ajang UEFA Nations League. Meskipun bermain sebagai tuan rumah, namun Ceko lebih banyak ditekan oleh sang tamu yang memang bisa dibilang memiliki kualitas skuad di atas mereka. Spanyol sendiri bermain sangat dominan, sayang mereka begitu kesulitan untuk bisa menaklukan pasukan tuan rumah. Tim Matador pada pertandingan ini mesti puas hanya bisa bermain imbang dengan skor 1-1.

Dua gol berhasil dicetak oleh Ceko pada pertandingan kali ini, masing masing lahir melalui aksi dari Jakub Pesek, dan juga Jan Kuchta. Sementara Spanyol juga berhasil membuat dua gol yang membuat laga berkesudahan imbang melalui lesakkan dari Pablo Gavira dan juga Inigo Martinez. Penguasaan bola di laga ini benar benar dipegang Spanyol dengan presentase sebesar 80 persen. Namun meski demikian, kegagalan Spanyol tampil efektif membuat mereka gagal menang, bahkan bisa dibilang hampir saja kalah.

Hasil seri ini hanya memberikan Ceko tambahan satu poin yang membawa mereka turun ke posisi 2 klasemen sementara Liga A Grup 2. Ceko harus turun usai disalip Portugal yang pada laga lain berhasil meraih kemenangan. Kini Ceko di posisi 2 dengan poin 4 dari dua kali bermain. Mereka meraih 1 kali kemenangan dan 1 kali hasil seri. Sedangkan bagi pasukan Spanyol, mereka tertahan di posisi 3 klasemen atas hasil seri ini. Spanyol baru mendapat 2 poin, usai alami 2 kali hasil seri di dua awal laga.

Rangkuman Pertandingan

Kesebelasan Timnas Ceko kedatangan lawan kuat, yaitu Timnas Spanyol dalam lanjutan matchday kedua Liga A Grup 2 UEFA Nations League 2022. Ceko sebagai tuan rumah tak mau tunduk begitu saja atas lawannya, meskipun sejak awal mereka sudah dipaksa bertahan. Spanyol mengambil kendali permainan dan mengurung sang tuan rumah sejak awal babak pertama.

Namun Ceko bisa membuka skor lebih dulu saat babak pertama baru berjalan empat menit. Jakub Pesek berhasil meneruskan umpan Jan Kuchta untuk bisa sarangkan gol ke gawang Spanyol. Aksi ciamik Pesek ini berhasil membawa Timnas Ceko sementara unggul 1-0.

Sayangnya keunggulan ini tak bertahan sampai dengan babak pertama selesai. Pasalnya di masa injury time babak pertama, Spanyol berhasil sarangkan gol balasan. Pablo Gavira bekerjasama dengan Rodri Hernandez untuk membuat gol sekaligus memaksa babak pertama berakhir dengan kedudukan imbang 1-1.

Babak Kedua

Setelah istirahat turun minum, Spanyol masih memegang kendali permainan dan memainkan possesion ball seperti babak pertama. Sedangkan Ceko lebih memilih bermain menunggu dan mengandalkan serangan balik untuk mengancam pertahanan tim tamu.

Strategi ini berhasil bagi Ceko, karena di pertengahan babak kedua, tepatnya menit ke-66 mereka sukses melesakkan gol kedua pada duel kali ini. Jan Kuchta kali ini yang sukses catatkan skor setelah meneruskan assist Vaclav Cerny untuk membawa Ceko kembali unggul 2-1.

Sayang sekali ketika pertandingan terasa akan berakhir untuk kemenangan Ceko, ternyata Spanyol sukses melesakkan gol di ujung babak kedua tepatnya menit ke-90. Inigo Martinez yang naik ke depan membantu serangan sukses memanfaatkan umpan Marco Asensio untuk mencetak gol sekaligus memaksa laga selesai dengan skor imbang 2-2.

Susunan Pemain Ceko vs Spanyol

Ceko (3-4-3): Tomas Vaclik, David Zima, Jakub Brabec, Ales Mateju, Vladimir Coufal, Michal Sadilek, Tomas Soucek, Jaroslav Zeleny, Jakub Pesek, Jan Kuchta, Ondrej Lingr.

Spanyol (4-3-3): Unai Simon, Marcos Asensio, Inigo Martinez, Eric Garcia, Dani Carvajal, Koke, Rodri Hernadez, Pablo Gavira, Dani Olmo, Raul de Tomas, Pablo Sarabia.