google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Negara Terbersih di Dunia, Indonesia?? Tentu tidak

Menjadi warga negara yang negara terbersih di dunia membawa dampak positif tersendiri dalam pengembangan kehidupan. Kebersihan suatu wilayah akan mempengaruhi kesehatan masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah itu.

Sampah yang menumpuk dapat menyebabkan terganggunya kesehatan yang menyebabkan muncul penyakit. Contohnya saja sakit perut, diare, dan penyakit lainnya.

Siapa yang tidak ingin tinggal di negara yang bersih dan sehat?? Semua orang pasti menginginkan tinggal di negara terbersih karena bisa memberikan dampak positif bagi kehidupan. Bagi kalian yang belum tahu, simak beberapa daftar negara terbersih di dunia berikut ini:

Daftar Negara Terbersih di Dunia

  1. Denmark
Denmark - Indonesia

Negara terbersih pertama adalah Denmark. Tidak hanya cuma dikenal sebagai negara dengan penduduk yang bahagia, Denmark juga berhasil mencatatkan namanya sebagai negara terbersih nomor satu di dunia tahun ini. Prestasinya tersebut tidak luput dari kinerja pemerintah dan bantuan dari masyarakat juga, mereka biasanya melakukan prinsip sustainability, memaksimalkan penggunaan energi yang dapat diperbarui, menjaga kebersihan dan penggunaan air, serta melawan perubahan iklim.  

Selain termasuk sebagai negara terbersih, Denmark juga merupakan negara dengan penduduk yang paling bahagia di dunia. Denmark dengan skor EPI 82,5. Skor tinggi tersebut dikarenakan Denmark negara terbersih dan ramah lingkungan.

2. Luksemburg

Negara terbersih ke dua adalah Luksemburg. Negara yang terletak di persimpangan antara Jerman, Belgia, dan Prancis ini berhasil menyabet posisi selanjutnya sebagai negara terbersih di dunia. Yang menjadikannya negara terbersih adalah penataan kota serta implementasi kebijakan publik yang baik

Meskipun populasi dan PDBnya cepat tetapi Luksemburg mengalami kenaikan yang signifikan dan untuk skor keseluruhan Luksemburg adalah 82,3.

3. Swiss

Masih di Benua Eropa, negara berikutnya adalah Swiss kebersihan di negara ini bisa dilihat dari jalanannya hingga puncak gunung yang ada di Swiss dan negara ini juga terkenal karena pembuatan coklat terbesar di dunia. 

Yang menjadikannya negara terbersih adalah adanya danau – danau besar yang indah dan bersih terhindar dari sampah. Swiss mendapat skor tinggi yaitu skor EPI 81,5, skor sanitasi air 99,99 dan skor sumber daya air 99,67.

4. Inggris

Negara ke empat adalah Inggis. Negeri Ratu Elizabeth ini punya resep unik yang berbeda dibanding negara terbersih di dunia lainnya, yaitu ada di para anggota keluarga kerajaan. Karena memiliki banyak sekali organisasi dan yayasan pecinta alam, inilah yang menyebabkan Inggris selalu terjaga kebersihannya. 

5. Perancis

Negara ke lima adalah Perancis. Dengan ibu kotanya yang berhasil masuk ke jajaran kota paling mahal di dunia, ternyata Perancis juga berhasil menduduki posisi kelima dalam daftar ini. Perancis telah membuktikan bahwa masyarakatnya mampu menjaga kebersihan, karena banyak orang yang menjuluki prancis sebagai negara yang higienitasnya buruk. 

Masyarakat disana memakai sumber listrik menggunakan bahan bakar nuklir, karena pemerintahannya mewajibkan masyarakat menggunakan bahan bakar nuklir. Perancis sekarang terkenal karena negara yang indah, romantis dan juga terbersih.

6. Austria

Negara terbersih ke enam adalah Austria. Austria mempunyai reputasi sebagai negara yang bersih dan rapih, tidak terkecuali ibu kotanya, Vienna. Di negara ini kalian pasti akan jarang sekali menemukan sampah dan grafiti di jalanan, ini yang membuat Austria dijuluki sebagai The Most Livable City di dunia oleh The Economist Intelligence Unit. 

Dengan EPI 79,6, membawa Austria masuk jajaran negara terbersih keenam di dunia. Austria memiliki peraturan ketat untuk pestisida dan pupuk, dan vitalitas ekosistem, inilah yang membuat Austria menduduki peringkat ke tiga dalam pertanian.

7. Finlandia

Negara selanjutnya adalah Finlandia. Sudah mendapatkan anugerah negara paling bahagia di dunia oleh World Happiness Report, ternyata Finlandia juga berhasil bertahta di dalam daftar negara terbersih. Usaha kerja keras bersama yang di lakukan oleh pemerintah dan masyarakat dalam menjaga tingkat polusi udara serta pencemaran di negaranya, yang membawa Finlandia masuk ke jajaran negara terbersih di dunia. 

Sekitar 35 % energi Finlandia berasal dari sumber energi yang diperbarukan. Finlandia menempati urutan pertama skor untuk kesehatan lingkungan 99,35. Tidak hanya itu, peringkat tertinggi lainnya adalah air dan sanitasi, kualitas udara, dan paparan logam berat.

8. Swedia

Negara ke delapan adalah Swedia. Layaknya negara Skandinavia lainnya, Swedia juga punya sistem sanitasi yang sangat baik dan kebijakan publik tentang manajemen sampah yang solid. Di seluruh restoran di negara ini mempunyai menu vegan-friendly 

Negara Nordik ini merupakan salah satu negara yang dikenal dengan emisi karbon dioksida yang rendah dan penggunaan sumber energi yang diperbarukan. Maka dari itu Swedia memilki skor EPI 78,7.

9. Norwegia

Negara selanjutnya adalah Norwegia. Negara ini merupakan tempat lahirnya pemeran thor. Norwegia memiliki yang namanya the pant system, yakni pemberian penghargaan yang diberlakukan bagi orang – orang yang mengembalikan botol plastik dan kaleng aluminium.

Negara Nordik tersebut memiliki skor EPI 77,7, skor sempurna untuk sanitasi dan air minum dan skor kualitas udara 97,9. Pada tahun ini, pemerintah Norwegia menargetkan penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 30 persen.

10. Jerman

Negara terbersih yang terakhir adalah Jerman. Sudah menjadi budaya orang Jerman, jika melihat sampah atau kotoran di manapun, pasti langsung segera dibersihkan. Di wajibkan seluruh masyarakat Jerman untuk mengikuti kerja bakti atau Kehrwoche setiap minggunya demi menjaga kebersihan lingkungan.

Jerman mendapatkan skor EPI 77,2, dan skor sempurna untuk sanitasi yang baik. Saat ini Jerman sedang melakukan perbaruan energi dan meningkatkan keramahan lingkungan dengan cara melakukan 10 inisiatif hijau.