google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Negara Terkecil di Dunia Sebesar Lapangan Monas

6 Negara Terkecil di Dunia, Bisa Dijelajahi dalam Sehari - Citizen6  Liputan6.com

Melansir berbagai sumber, Monumen Nasional (Monas) punya luas sekitar 80 hektare atau 800 ribu meter persegi. Bisa kebayang dong betapa kecilnya luas keseluruhan seluruh negeri yang bisa dijelajahi dengan berjalan kaki. Umumnya, sebuah negara memiliki daerah kekuasaan yang cukup luas. Namun, ada beberapa negara yang termasuk ke dalam negara terkecil di dunia lho. Walaupun memiliki luas daerah yang kecil, negara tersebut tetap diakui oleh dunia.

Singapura merupakan negara tetangga yang kerap jadi destinasi liburan ke luar negeri favorit. Selain itu, Singapura juga terkenal akan ukuran luas negaranya yang sangat kecil. Namun, meskipun Singapura yang memiliki ukuran luas 721.5 kmsup merupakan negara terkecil di Asia Tenggara, ternyata masih banyak negara lain yang berukuran lebih kecil dari Singapura, lho! Bahkan, ada negara kecil yang ukurannya tak lebih luas dari sebuah lapangan golf!.

Daftar Negara Terkecil di Dunia

  1. Vatikan
Vatikan Dilanda Skandal Korupsi | Republika Online

Tempat tinggal pemimpin tertinggi agama Katolik ini merupakan negara terkecil di dunia dengan luas hanya mencapai 0.44 km2 saja, atau jauh lebih kecil dari Kota Jakarta. Keunikan dari Kota Vatikan ada posisinya yang berada tepat di tengah – tengah ibu kota Italia, yaitu Roma. 

Vatikan menjadi negara terkecil di dunia karena memiliki luas seukuran lapangan golf. Negara ini memiliki penduduk sekitar 1.000 jiwa dan berada di tengah – tengah negara Italia, Benua Eropa.

2. Monako

Sebuah Kerajaan, Ini 9 Fakta Unik Negara Monaco

Selanjutnya ada negara terkecil di dunia yang juga memiliki warna bendera serupa dengan Indonesia, yaitu Monako. Bedanya, Monako cuma memiliki total luas area sebesar 2,02 km2 yang berbatasan langsung dengan Prancis di hampir seluruh penjurunya. 

Monako berada di antara Laut Mediterania dan Prancis di sepanjang Pantai Biru (Cote d’Azur). Meski luas wilayahnya nggak besar, jumlah penduduk di Monako terbilang tinggi dengan jumlah penduduk sebanyak 30.645 jiwa.

3. Nauru

Negara Nauru, Dulu Kaya Raya Kini Termiskin di Dunia - Nusa Daily

Tak jauh dari Negeri Wol, Australia, di sisi timur lautnya terdapat negara pulau kecil bernama Nauru yang hanya memiliki wilayah sebesar 21 km2. Mayoritas penduduknya sendiri merupakan warga Mikronesia dan Polinesia yang berjumlah 11,200 jiwa di tahun 2018 kemarin. 

Nauru dulu dikenal dengan sebutan Pleasant Island. Negara ini berada di Samudera Pasifik bagian Selatan atau sekitar 42 km di bawah garis khatulistiwa. Nauru menempati posisi ketiga sebagai negara terkecil di dunia.

4. Tuvalu

Tuvalu Ditelan Air Laut: 'Suatu Hari Kita Akan Lenyap' - I Papua

Tuvalu menempati posisi keempat sebagai negara terkecil di dunia dengan wilayah seluas 26 km2. Layaknya Selandia Baru, Australia, dan Nauru, Tuvalu juga merupakan teritori persemakmuran Inggris dengan pemimpin tertinggi sama – sama di bawah Ratu Elizabeth II. 

Negara yang hanya memiliki ketinggian 5 meter di atas permukaan laut ini termasuk ke dalam kepulauan Polinesia dan berada di Samudera Pasifik atau di antara Hawaii dan Australia. Luas wilayahnya hanya 26 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 11.646 jiwa.

5. San Marino

Fakta Seputar Negara 'Surga Pajak' Republik San Marino

Di Benua Eropa juga ada sebuah negara terkecil di dunia yang berada tak jauh dari Kota Vatikan, tepat berbatasan dengan Italia, yakni San Marino. San Marino merupakan negara republik konstitusional tertua di dunia, dibentuk pada 3 September 301 oleh Santo Marinus dari Rab. 

Negara ini didirikan oleh seorang tukang batu Kristiani bernama Santo Marinus atau San Marino (dalam bahasa Italia). Dengan luas wilayah mencapai 61,2 kilometer persegi, San Marino memiliki penduduk sebanyak 33.860 jiwa.

6. Liechtensein

RI Kini Miliki Konsul Kehormatan Pertama di Liechtenstein | Portal Berita  Bisnis Wisata

Masih dari Eropa, Liechtenstein menempati posisi keenam sebagai negara terkecil di dunia dengan luas area 160 km2 atau lebih kecil dari pada wilayah administrasi Jakarta Timur yang mencapai 188 km2. 

Negara ini berada di Eropa Tengah, persisnya berada di Timur sungai Rhine, antara Swiss dan Austria. Negara yang dipimpin oleh perdana menteri ini memiliki mayoritas penduduk beragama Katolik Roma.

7. Kepulauan Marshall

5 Fakta Kepulauan Marshall, Negara yang Masih Bebas dari COVID-19

Menempati posisi ketujuh sebagai negara terkecil di dunia, Kepulauan Marshall yang terletak di Samudera Pasifik memiliki luas hanya sekitar 181,3 km2. Walaupun secara status sudah merdeka, Kepulauan Marshall masih berada dalam kendali kuat dari Amerika Serikat yang mengatur mata uang serta ekonomi nasional. 

Pulau Marshall berada di sebelah pulau Nauru. Negara ini resmi berdaulat dan diakui dunia pada tahun 1983 melalui Compact of Free Association. Seperti namanya, mayoritas wilayah atau sekitar 98,5 persen wilayah di Kepulauan Marshall terdiri dari kawasan laut.

8. Saint Kitts dan Nevis

Saint Kitts dan Nevis - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dikenal juga dengan nama resmi Federasi Saint Christopher dan Nevis, negara terkecil di dunia berikut ini berada di wilayah Karibia, tepatnya Kepulauan Leeward. Total areanya meliputi daratan seluas 261 km2 dengan penduduk yang berjumlah 46.204 jiwa menurut sensus penduduk di tahun 2011. 

9. Maladewa

Dilarang Berbikini dan 5 Hal Lain yang Harus Diketahui tentang Maladewa -  Lifestyle Liputan6.com

Buat kalian yang suka bermimpi pergi ke “surga dunia”, harusnya tidak asing lagi mendengar nama Maladewa. Ini dia negara terkecil di dunia yang juga jadi tujuan pariwisata favorit kaum jetset dan selebriti dunia. 

10. Malta

5 Fakta Menarik Malta, Negara Kecil di Mediterania yang Penuh Pesona

Negara terakhir dalam daftar ini adalah Malta yang memiliki total area 316 km2 yang berlokasi di perairan Mediterania. Ibu kota Malta, Valletta juga didapuk sebagai ibu kota terkecil di antara negara – negara Uni Eropa lainnya.