google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Negara Terluas di Dunia, Indonesia Termasuk?

10 Negara Terluas di Dunia | SimulasiKredit.com

Negara terbesar di dunia mempunyai gambaran-gambaran yang indah, mengenai keragaman geografi, iklim, dan satwa liar. Dari Cape Horn hingga Lingkaran Arktika, secara koletif negara – negara tersebut memiliki hutan hujan dan tundra, pegunungan dan lembah, garis pantai dan gurun.

Ada kurang lebih 200 negara di dunia dengan luas wilayah yang beragam. Luas wilayah dalam hal ini adalah luas daratan dan juga luas perairan yang termasuk sungai, danau, teluk dan sebagainya. Dari kelima benua yang ada di dunia, terdapat beberapa negara yang tercatat memiliki luas wilayah hingga jutaan bahkan puluhan juta km persegi.

Dari ratusan negara yang ada di dunia, beberapa di antaranya memiliki luas lebih besar dari lainnya. Ini dia daftar negara terluas di dunia. Lalu, apakah Indonesia berhasil masuk ke daftar tersebut? Simak selengkapnya.

Daftar Negara Terluas di Dunia

  1. Rusia
Kematian Akibat Covid-19 di Rusia Tembus 50.000 Kasus

Negara terluas di dunia pertama berada di jauh di sisi utara Bumi, yang juga sempat menjadi tuan rumah FIFA World Cup 2018, yakni Rusia. Dengan total luas area mencapai 17,098,242 km2, Rusia berhasil mempertahankan gelarnya bahkan setelah pecah dari Uni Soviet yang sebelumnya menyentuh angka 22,402,200 km2. 

Maka jika faktanya Rusia memotong 7 juta kilometer persegi, hal itu tetap menjadikan negara itu tetap yang terbesar di dunia dan mewakili setara dengan 11 persen dari daratan dunia. Wilayah Rusia membentang pada 41° sampai 82° N lintang utara, dan 19° bujur timur sampai 169° bujur barat dan berbatasan dengan 14 negara.

2. Kanada

Kanada Tutup Perbatasan, Berikut Imbauan untuk WNI

Berpindah ke belahan Bumi barat, adalah Kanada yang menempati posisi berikutnya sebagai negara terbesar di dunia. Luas negara Kanada disebut mencapai 9,984,670 km2. Berkah alam yang super melimpah di negara pimpinan Justin Trudeau ini, membuatnya menempati hampir setengah dari keseluruhan wilayah Benua Amerika Utara.

Kanada memiliki luas sebesar 9,9 juta km persegi yang menjadikan negara tersebut adalah negara terbesar di belahan bumi barat, dan memiliki garis pantai yang panjang dari pada negara lain yaitu 202.080 kilometer. Negara paling utara di Amerika Utara ini terbagi dalam 10 provinsi dan 3 teritori.

3. Tiongkok

China Wajibkan Swab Anal COVID-19 Bagi Pelancong yang Akan Masuk Tiongkok -  Global Liputan6.com

Secara resmi disebut dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT), negara terluas di dunia yang terkenal dengan struktur Tembok Besar tersebut menempati urutan ketiga dengan area total 9,706,961 km2. Bukan hanya berhasil masuk ke jajaran negara yang besar secara luas area saja, Tiongkok juga menyabet juara satu dalam statusnya sebagai negara dengan populasi terbesar 1,393 miliar penduduk.

Di permukaan dunia negara China, Amerika Serikat, dan Kanada masing – masingnya hampir menempati tujuh persen dari permukaan dunia. Letak astronomis negara ini berada di 18º LU – 54ºLU dan 73º BT – 135º BT.

4. Amerika Serikat

Presiden Donald J. Trump Mengumumkan Strategi Keamanan Nasional untuk  Memajukan Kepentingan Amerika | Kedutaan Besar dan Konsulat AS di Indonesia

Kembali ke Benua Amerika Utara, Negeri Paman Sam berhasil menyabet posisi berikutnya sebagai negara terbesar di dunia berkat cakupan areanya yang menyentuh angka 9,372,610 km2. 

ika di faktorkan negara ini adalah negara terbesar ke-4 setelah Amerika adalah rumah bagi beragam geografi dan satwa liar. Amerika menjadi salah satu wilayah dengan pertumbuhan paling subur di dunia karena cuaca sedangnya di sepanjang tahun.

5. Brazil

Thousands in Brazil rally for Bolsonaro, ignoring virus - France 24

Dikenal sebagai salah satu powerhouse pemain – pemain sepak bola profesional internasional, Brazil juga menjadi negara terluas di dunia. Luas wilayah Brazil mencapai 8,515,767 km2. 

Negara ini memiliki banyak hutan hujan terbesar di dunia seperti Amazon. Brasil adalah negara paling besar dan paling banyak penduduknya di Amerika Selatan. Terletak di ujung timur Benua Amerika Selatan, negara ini berbatasan dengan Pegunungan Andes dan Samudra Atlantik. 

6. Australia

Travelling Di Australia: 8 Tips Tetap Sehat - regalpromotionslondon.com

Keunikan Australia bukan cuma ada pada capaiannya sebagai salah satu negara terluas di dunia, namun juga statusnya sebagai benua tunggal bernama serupa. Australia memiliki total wilayah 7,692,024 km2, yang dihuni oleh lebih dari 25,499,884 penduduk, berdasarkan data sensus dari PBB per tahun 2020. 

Antara Australia dan India, perbedaanya kira – kira adalah 4,4 juta kilometer persegi. Australia terletak di lempeng Indo-Australia dan menjadi negara terbesar di oseania. Berada di bagian selatan Indonesia, negara ini memiliki iklim dan geografis yang ekstrim.

7. India

India Diterjang Tsunami Covid, Bagaimana Nasib Modi?

Dengan luas area yang cukup jauh berada di bawah Australia, India menempati posisi ketujuh sebagai negara terbesar di dunia. Luas negara India mencapai 3,287,590 km. Meskipun luasnya hanya setengah dari Australia, jumlah populasinya justru merupakan yang terbesar kedua di bawah Tiongkok, yaitu 1,380,004,385 jiwa per data PBB tahun 2020. 

India, mengklaim bahwa wilayah utara Kashmir yang disengketakan oleh pakistan, merupakan sepenuhnya berada dibawah kendali India. Negara terbesar ke tujuh adalah India, yang merupakan negara dengan populasi terbesar kedua di dunia, yaitu sekitar satu miliar jiwa.

8. Argentina

Tiket Murah ke Argentina - KAYAK

Di posisi selanjutnya, ada Argentina yang menempati urutan kedelapan sebagai negara terbesar di dunia tahun 2020, dengan area 2,780,400 km2. Sama – sama dikenal sebagai negara pencetak pemain sepak bola kelas dunia, Argentina berada tepat di ujung Benua Amerika Selatan, dengan penduduk yang berjumlah 45,195,774 jiwa.

Argentina adalah salah satu negara yang terpadat di dunia, negara ini juga yang terbesar diposisi ke delapan yang berbahasa Spanyol bangsa terbesar di dunia. Negara dengan julukan negara paling selatan di selatan ini berada di antara Pegunungan Andes di barat dan Samudra Atlantik di selatan.

9. Kazakhstan

Fakta Tentang Kazakhstan & Alasan Mengapa Wanitanya Terkenal Cantik -  Tirto.ID

Secara resmi memiliki nama Republik Kazakhstan, dengan luas wilayah menyentuh angka 2,724,900 km2, yang sebagian besar merupakan daerah kering. Negara ini begitu unik karena posisnya berada di kawasan Asia Tengah dan Eropa Timur.

Kazakstan sendiri mengalami perubahan rentang suhu yang tinggi pada setiap tahunnya, walaupun tidak sedingin di beberapa bagian tetangganya di utara. Negara terbesar lainnya terdapat di kawasan Asia Tengah dan sebagian kecil lainnya termasuk dalam kawasan Eropa Timur yaitu, Kazakhstan.

10. Algeria

Algeria protesters demand 'new revolution' | MEO

Menjadi satu – satunya negara terluas di dunia dari Benua Afrika, Algeria memiliki total area mencapai 2,381,741 km2. Menurut data sensus PBB, penduduk negara ini yang berjumlah 43,851,044 jiwa.

Aljazair terletak di bagian Afrika Utara dan memiliki garis pantai Mediterania sepanjang 998 kilometer. Diliputi 90% gurun, beberapa wilayah di antaranya memiliki gurun yang tinggi. Pegunungan Tell Atlas membentang di sepanjang perbatasan utara di negara itu, dan di dalamnya terdapat bagian Gurun Sahara yang membentang sampai ke selatan negara di bagian Aljazair.