google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Nonaktifkan Talkback Vivo? Begini Caranya!

Bagi kamu pengguna smartphone dengan sistem operasi Android, mungkin sudah tidak asing dengan fitur Talkback. Bagi sebagian orang, khususnya yang memiliki keterbatasan dalam penglihatannya tentu akan sangat terbantu oleh adanya fitur ini. Akan tetapi, untuk pengguna handphone Android yang belum terbiasa, fitur ini justru dapat sedikit menyulitkan pengoperasian. Jika kamu merasa terganggu dengan fitur ini, ikuti langkah langkah untuk nonaktifkan talkback di Vivo berikut.

Fitur yang merupakan bawaan sistem operasi Android ini memang bukan fitur utama untuk semua orang. Berbagai macam perusahaan teknologi menyematkan fitur Talkback untuk membantu pengguna dengan keterbatasan penglihatan. Dengan adanya fitur ini, diharapkan pengguna bisa menggunakan handphone berbasis Android walaupun memiliki kekurangan kemampuan penglihatan.

Bagi pengguna pada umumnya yang tidak memiliki kendala dengan penglihatan, menghidupkan fitur ini tanpa sengaja tentu dapat menjadi sedikit masalah. Karena saat dalam kondisi aktif, pengoperasian handphone akan berubah sehingga orang-orang perlu menyesuaikannya.

Kabar baiknya, mengelola fitur ini sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Pengguna handphone-handphone buatan vivo bahkan secara khusus dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mematikannya apabila tidak dibutuhkan.

Akan tetapi, sebelum masuk ke pembahasan yang lebih mendalam, ada baiknya berkenalan dulu dengan fitur khusus bagi pengguna dengan keterbatasan penglihatan ini supaya kita bisa memanfaatkannya secara tepat.

Tentang Fitur Talkback Vivo
Seperti kebanyakan handphone berbasis Android, Vivo pun mempersenjatai perangkat-perangkat ciptaannya dengan dukungan menarik yang bisa sangat membantu berguna jika digunakan dengan tepat.

Talkback menjadi salah satu di antara fitur tersebut. Fitur ini memungkinkan pengguna mendengarkan keterangan dari apa yang disentuh di layar smartphone sehingga mereka tetap bisa mengoperasikan handphone meskipun mempunyai penglihatan terbatas.

Saat fitur ini diaktifkan, pengoperasian handphone Vivo tentu akan berubah secara drastis. Apabila sebelumnya hanya perlu mengetuk menu atau aplikasi yang ingin dibuka atau dipilih, dalam hal ini pengguna perlu menempuh beberapa tahap agar bisa melakukannya.

Setiap sentuhan ke menu maupun aplikasi pertama-tama hanya akan menyorotinya dengan bingkai berwarna hijau bersama keterangan berupa suara. Setelah itu, barulah pengguna bisa memilihnya dengan ketukan ganda.

Disamping itu, para pengguna pun tidak akan bisa menggulirkan layar ke atas atau bawah dengan cara sebelumnya. Alih-alih hanya sebuah jari, mereka bahkan perlu menggunakan dua jari supaya bisa melakukannya.

Beberapa perubahan navigasi dalam pemilihan menu atau aplikasi ini juga sepertinya bakal menyulitkan pengguna biasa. Kabar baiknya, opsi untuk menonaktifkan fitur talkback di handphone Vivo mudah untuk digunakan. Bagaimana caranya?

Cara Menonaktifkan Talkback di Vivo

  • Jika layar terkunci, sentuh tombol daya lalu usap layar dengan dua jari
  • Ketikan kata sandi jika diperlukan
  • Gunakan dua jari untuk melakukan navigasi mencari Settings
  • Ketuk Settings sampai tersorot bingkai berwarna hijau jika sudah ketemu, lalu ketuk dua kali untuk membukanya
  • Pakai metode yang sama untuk mencari dan memilih opsi More settings
  • Gulir ke bawah dengan dua jari
  • Pilih Accessibility dengan ketukan tunggal dilanjutkan dengan ketukan ganda
  • Cari opsi TalkBack dengan navigasi dua jari
  • Masuk ke opsi tersebut dengan melakukan klik tunggal lalu klik ganda
  • Sentuh tombol geser di sebelah kanan TalkBack, lalu ketuk dua kali untuk menonaktifkannya
  • Jika muncul jendela konfirmasi, pilih tombol OK lalu ikuti dengan ketukan ganda
  • Dengan menggunakan beberapa langka ini, handphone vivo akan kembali seperti semula. Pengguna tidak perlu lagi menggunakan navigasi dua jari atau memilih menu dengan sentuhan ganda.

Tak jauh berbeda dengan menonaktifkannya, para pengguna juga bisa mengaktifkan fitur talkback di handphone vivo melalui pengaturan di atas. Bedanya, pencarian dan pemilihan menu bisa dilakukan seperti biasa.

Cara Mengaktifkan Fitur Talkback di Handphone vivo

  • Buka Settings
  • Gulir ke bawah dan pilih bagian More settings
  • Cari menu Accessibility
  • Buka menu tersebut lalu cari opsi TalkBack
  • Klik opsi ini, kemudian aktifkan tombol geser yang terdapat di dalamnya


Setelah fitur Talkback ini aktif, operasikan handphone dengan cara yang telah dijelaskan sebelumnya. Ketuk sekali untuk mendapatkan informasi mengenai apa yang disentuh, ketuk dua kali untuk memilihnya, dan gunakan dua jari untuk melakukan navigasi.

Mengaktifkan ataupun menonaktifkan fitur talkback tentu dapat menjadi preferensi masing-masing pengguna.