google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Norwegia Tumbang di Tangan Yunani Pada Laga Uji Coba

Norwegia vs Yunani
Yunani berhasil tumbangkan generasi emas Norwegia di laa ujicoba Internasional.

cr photo: News Beezer

Raihan minor didapat oleh Tim Nasional Norwegia ketika menghadapi pasukan Yunani dalam laga uji coba menjelang gelaran Euro 2020. Memainkan laga di venue netral, yaitu Estadio La Rosaleda, Spanyol, baik Norwegia maupun Yunani sama sama bermain terbuka. Kedua kesebelasan nampak sekali sama sama memburu kemenangan di pertandingan kali ini. Norwegia yang punya beberapa pemain muda jempolan tampil cukup baik dan sedikit mendominasi. Akan tetapi mentalitas baja Yunani berhasil membuat mereka bisa membalikkan keadaan. Yunani berhasil memenangkan pertandingan dengan skor akhir tipis saja, yaitu 1-2.

Gol gol penentu kemenangan Tim Para Dewa di pertandingan ini masing masing dilesakkan oleh Giorgos Masouras dan Thananis Androustos. Sementara itu satu satunya gol balasan skuad Norwegia dicetak oleh Stefan Strandberg. Melihat dari statistik pertandingan, kekalahan ini memang cukup mengecewakan bagi Norwegia. Pasalnya di laga ini mereka sedikit lebih unggul. Dalam urusan penguasaan bola mereka mencatatkan presentase 53 persen berbanding 47 persen. Jumlah tembakan yang dilepas juga jauh lebih banyak, yakni 12, berbanding 6 tembakan milik Yunani. Sayang memang karena kurang efektif, Norwegia pun mesti menelan kekalahan di laga ini.

Kekalahan ini jelas harus dijadikan Norwegia sebagai bahan evaluasi sang pelatih, Stale Solbakken. Pasalnya, Norwegia masih harus menjalani beberapa laga Internasional mereka termasuk Kualifikasi Piala Dunia. Apabila tak segera memperbaiki kualitas permainan, ambisi Norwegia lolos ke Piala Dunia 2022 bisa saja pupus. Sebaliknya bagi Yunani, kemenangan ini cukup memberikan suntikan moril ke skuad Yunani yang juga masih akan menjalani beberapa laga kualifikasi Piala Dunia 2022.

Rangkuman Pertandingan

Laga seru mempertemukan Norwegia dengan Yunani di pertandingan uji coba Internasional. Ini akan menjadi laga internasional bagi kedua tim sebelum dipotong gelaran Piala Eropa 2020 beberapa hari lagi. Sama sama tak lolos ke Euro 2020 membuat kedua tim memanfaatkan laga ini untuk mematangkan skuad mereka di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022. Norwegia yang diperkuat beberapa pemain yang masuk generasi emas mereka tampil sedikit dominan.

Akan tetapi Yunani yang bermain dengan mengandalkan kombinasi pemain muda dan tua sukses unggul terlebih dulu memanfaatkan kelengahan bek bek lawan. Pada menit ke-13 umpan matang Dimitris Pelkas berhasil dimanfaatkan oleh Giorgos Masouras untuk mencetak gol dan membawa timnya memimpin 0-1.

Belum sempat bangkit, Norwegia malah harus kembali kebobolan saat babak pertama memasuki menit ke-21. Kali ini gol dicetak oleh pemain bernama Thanasis Androustos yang naik membantu serangan. Lesakkan Androustos ini sukses menggandakan keunggulan Yunani menjadi 0-2. Kedudukan ini kemudian berhasil dipertahankan Yunani sampai babak pertama selesai.

Babak Kedua

Pasca turun minum, permainan Norwegia jauh lebih agresif di babak kedua. Tensi permainan juga sedikit meningkat menjadi lebih cepat. Norway yang mengandalkan ketajaman Erling Haaland di depan berkali kali membahayakan gawang Yunani. Namun sayang lemahnya penyelsaian akhir membuat gol tak kunjung datang.

Kerja keras para pemain Norwegia pada akhirnya berbuah manis saat babak kedua memasuki menit ke-64. Umpan matang Martin Odegaard sukses diteruskan menjadi gol oleh Stefan Strandberg yang membuat skor menjadi tipis saja, yaitu 1-2.

Di sisa waktu pertandingan babak kedua, Norwegia berusaha keras untuk mengejar defisit satu gol. Sayangnya permainan disiplin yang ditunjukkan pasukan Yunani berhasil meredamnya. Sampai laga selesai, kedudukan tak berubah tetap 1-2 untuk kemenangan Yunani.

Susunan Pemain Norwegia vs Yunani

Norwegia (4-2-3-1): Andre Hansen, Stian Gregersen, Stefan Strandberg, Kristoffer Vassbakk Ajer, Birger Meling, Frederik Midtsjoe, Patrick Berg, Morten Thorsby, Martin Odegaard, Kristoffer Zachariasen, Erling Haaland.

Yunani (5-3-2): Odisseas Vlachodimos, Konstantinos Tsimikas, Giorgos Tzavellas, Konstantinos Mavropanos, Thanasis Androustos, Andreas Bouchalakis, Konstantinos Galanopoulos, Petros Mantalos, Dimitrios Pelkas, Giorgos Masouras.