Oklahoma City Thunder Comeback ke Playoff Setelah Absen Empat Tahun

Oklahoma City Thunder
Kalahkan Knicks, Oklahoma City Thunder lolos ke playoff setelah empat tahun absen.

cr photo: Sportstar.

Satu spot di babak playoff wilayah barat akhirnya sukses diamankan oleh Oklahoma City Thunder usai mereka mengalahkan New York Knicks dalam lanjutan NBA Regular Season. Pertemuan menarik tersaji antara tim Oklahoma City Thunder yang bertemu New York Knicks. Kedua tim merupakan tim yang musim ini menunjukkan konsisten yang baik di wilayahnya masing masing. Dengan permainan ketat sepanjang game ini berlangsung, OKC yang bisa memanfaatkan peluang lebih jeli akhirnya bisa amankan kemenangan lewat keunggulan setengah bola saja atas Knicks, yaitu 113-112, di mana hasil ini memastikan Thunder lolos ke playoff.

Oklahoma City Thunder melakoni laga away ke Madison Square Garden untuk berhadapan dengan New York Knicks. Tim tuan rumah yang di game sebelumnya kalah dramatis dari Spurs berusaha menebus kesalahan dengan mengamankan kemenangan. Akan tetapi di game ini Thunder menunjukkan kualitasnya, usai starting five mereka tampil luar biasa. Sebuah tembakan terakhir dari Shai Gilgeous-Alexander berhasil jadi penentu kemenangan super dramatis OKC di pertandingan kali ini dengan keunggulan setengah bola saja atas Knicks.

Jalen Williams menjadi pemain Thunder yang paling bersinar di game ini. Pemain yang kerap disapa J-Dub tersebut sukses mengemas 33 poin, 4 rebound, dan 8 assist, yang menjadikannya sebagai player of the match. Selain Jalen, sejumlah pemain juga tampil maksimal di game ini, seperti Shai dengan koleksi 19 poin, serta Josh Giddey yang mengemas 16 poin. Sementara di kubu Knicks, sumbangan 30 poin dari Jalen Brunson sayangnya tak bisa selamatkan timnya dari kekalahan dramatis di hadapan pendukungnya sendiri tersebut.

Kembali ke Playoff Setelah Empat Tahun

Berkat raihan kemenangan atas Knicks ini, skuad Oklahoma City Thunder berhasil naik ke puncak klasemen sementara wilayah barat. Mereka masih unggul rekor menang kalahnya, yaitu 52-22 dari milik Denver Nuggets di posisi 2 dengan koleksi rekor 52-23. Sementara itu pada posisi 3 masih diisi oleh tim asal Minneapolis, yaitu Minnesota Timberwolves yang di game terbaru dikalahkan oleh Chicago Bulls.

Selain itu, hasil kemenangan atas Knicks ini juga sekaligus memastikan Thunder lolos ke babak playoff untuk musim 2023-2024 ini. Hal ini tentu saja merupakan sebuah prestasi tersendiri, lantaran OKC terakhir kali berhasil lolos ke babak playoff adalah di tahun 2020 lalu atau empat tahun lalu. Saat ini Thunder asuhan pelatih Mark Daigneault tengah mengejar rekor franchise mereka di musim 2015-2016.

Seperti yang diketahui musim 2015-2016 sendiri bisa dibilang sebagai salah satu musim terbaik OKC. Kala itu mereka masih diperkuat sang MVP, yaitu Russell Westbrook dengan rekor menang kalah 55-27 yang membuat mereka di musim tersebut jadi unggulan pertama di babak playoff. OKC hanya butuh sapu bersih 8 game tersisa untuk bisa melewati rekor tersebut untuk capai musim terbaiknya.

Tanggapan Pelatih Oklahoma City Thunder

“Ini merupakan prestasi yang luar biasa bagi klub ini tentu saja. Saya merasa begitu bahagia atas apa yang sudah diraih tim ini. Sekarang ini kami masih terus harus menjaga ketajaman kami demi mempersiapkn diri pada babak selanjutnya.” ujar Daigneault seusai game melawan Knicks dilansir dari laman Main Basket.

Setelah ini OKC sendiri sudah ditunggu tiga game away yang terbilang berat. Berturut turut mereka akan bertemu tim yang memiliki rekor kemenangan di atas 50 persen, dari mulai Philadelphia 76ers, Boston Celtics, dan Indiana Pacers.