Olahraga Lebih Bergaya dengan Celana Olahraga Retro

Olahraga Lebih Bergaya dengan Celana Olahraga Retro (Foto: glamour.com)

Penggemar gaya santai tentu tak lepas dari celana olahraga. Selain bisa dikenakan untuk olahraga sebagaimana fungsinya, celana olahraga juga banyak dipilih untuk melengkapi gaya santai kala di rumah atau bahkan bepergian dengan nyaman. Salah satu gaya yang kini menjadi tren adalah celana olahraga retro.

Tentu tren ini tak lepas dari gaya vintage yang tak lekang oleh waktu dan banyak digemari hingga saat ini. Banyak ditemukan pada koleksi rumah mode Spring/Summer 2023 (SS23), berikut ulasan mode mengenai celana olahraga retro yang nyaman dan banyak digemari.

(Foto: fashionunited.uk)

Celana olahraga mendapatkan popularitas selama tahun 1980-an, satu dekade yang sering ditandai dengan kegilaan kebugaran tiba-tiba yang menguasai pembeli. Gaya vintage biasanya hadir dalam setelan berpinggang tinggi, longgar, dengan bahan longgar di sekitar kaki dan pergelangan kaki yang elastis.

Banyak iterasi juga menggunakan palet warna yang berani, yang sering dalam pola yang diblokir, bentuk geometris atau digunakan dalam perpipaan jahitan, yang lebih menekankan bentuknya. Untuk koleksi SS23, banyak desainer tampaknya mengambil inspirasi dari dekade untuk menginformasikan penampilan pakaian olahraga mereka, di mana celana olahraga retro terlihat sendiri atau dipasangkan dengan sweat jacket yang serasi.

Tren Celana Olahraga Retro

Amiri Spring/Summer 2023 (Foto: amiri.com)

Tren ini mungkin kembali bangkit ketika pakaian santai berkembang seiring dengan perubahan gaya hidup konsumen. Gaya ini masuk sebagai penyeimbang dari pandemi, di mana celana olahraga dan pakaian yang nyaman banyak digemari. Saat kehidupan mulai kembali normal, pakaian santai telah bergerak melampaui tempatnya, dari hanya sebagai pilihan celana yang nyaman menjadi gaya modern.

Pakaian santai telah melangkah ke gaya yang lebih modern, gaya yang sesuai, dengan potongan-potongan yang mulai muncul yang mendorong pakaian sehari-hari. Celana olahraga retro mencerminkan perubahan ini, serta minat yang terus meningkat pada pakaian vintage, dengan merek dan desainer ingin menarik pembeli yang ingin menggabungkan dua tren.

Padu Padan Gaya dengan Celana Olahraga Retro

Saul Nash Spring/Summer 2023 (Foto: highsnobiety.com)

Celana olahraga dapat dipadukan dengan sweater dengan warna yang sama atau dipasangkan dengan jaket atau atasan yang sesuai dengan gaya, untuk tampilan pakaian santai yang lengkap. Trainer atau slide adalah alas kaki yang sempurna untuk menyatukan pakaian. Untuk menghindari celana olahraga menjadi terlalu kasual, padukan tampilan dengan crop top atau bralette yang pas, membawa item lebih dekat ke kategori pakaian malam.

Untuk lebih memadukannya, tambahkan sepasang sepatu hak dengan warna kontras dapat dipilih yang semakin meningkatkan formalitasnya. Potongan eksperimental lainnya yang dapat dipadukan dengan celana olahraga adalah kemeja berkancing pas, korset berpelukan, atau sepatu bot besar.

Rumah Mode dengan Koleksi Celana Olahraga Retro

Vtmnts Spring/Summer 2023 (Foto: vogue.com)

Desain yang terinspirasi vintage memainkan peran besar dalam koleksi SS23. Untuk desainer seperti Martine Rose dan Saul Nash, sweater retro hadir dalam bentuk setelan dua potong, dengan detail jahitan pipa dan skema warna blok yang khas. Amiri juga mengambil pendekatan pakaian secara keseluruhan, meskipun menempel erat dengan gaya perguruan tinggi Amerika untuk tampilan yang terdiri dari celana olahraga dan jaket letterman yang serasi.

Sementara merek lain mengambil tren secara lebih harfiah, dengan celana dalam warna neon, sangat mengingatkan pada akar tahun 80-an mereka. Interpretasi ini terlihat pada koleksi Bluemarble dan Vtmnts, di mana keduanya memilih warna bold dan baggy fit.

Celana olahraga retro, seperti tren lainnya, kemungkinan merupakan penyeimbang dari tema yang disebabkan oleh pandemi yang sebagian besar dapat dikaitkan dengan peningkatan gaya pakaian santai dan olahraga. Para desainer melihat ke landasan pacu untuk SS23 di mana mereka menampilkan berbagai macam cara pakaian ini dapat dikenakan yang membawanya melampaui asal-usulnya menjadi item pakaian sehari-hari.

Nah, demikianlah ulasan mode mengenai celana olahraga retro. Selain mampu menunjang gaya santai sehari-hari, celana ini patut menjadi bagian dari koleksi di lemari pakaian karena kenyamanannya. Lantas, apakah Anda sudah memilikinya dalam koleksi?