google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Olimpiade: Brazil Berhasil Taklukan Arab Saudi

Arab Saudi vs Brazil
Brazil menang meyakinkan atas Arab Saudi di laga terakhir Grup D Olimpiade 2020.

cr photo: Vn Express

Raihan impresif berhasil diraih oleh pasukan timnas Brazil saat melawan Arab Saudi di laga terakhir Grup D Olimpiade cabang sepak bola. Memiliki kualitas skuad yang jauh lebih mumpuni ketimbang sang lawan, Brazil memang kemudian berhasil mengendalikan pertandingan ini. Skuad berjuluk Selecao benar benar sulit dibendung karena memainkan sepak bola kolektif dan mengandalkan kecepatan para pemain depan mereka. Meski alami kesulitan sedikit, namun pada akhirnya Brazil masih berhasil mengamankan kemenangan. Tim Samba di pertandingan ini sukses menang dengan skor akhir cukup telak, yakni 1-3.

Tiga gol kemenangan Brazil di laga ini masing masing dilesakkan oleh, Matheus Cunha dan brace dari bintang Everton, yakni Richarlison. Sedangkan satu satunya gol balasan skuad Arab Saudi dicetak oleh Abdulelah Al Amri. Dari catatan statistik, Brazil terlihat tampil lebih lugas di laga ini, lantaran meski tak menguasai mutlak pertandingan, namun jumlah tembakan mereka jauh di atas sang lawan. Brazil total mencatatkan 15 tembakan yang 8 di antaranya berhasil mengarah ke gawang. Sedangkan Arab Saudi hanya membuat total 4 tembakan dengan 1 saja yang on target.

Hasil memuaskan ini memastikan Brazil lolos ke babak perempatfinal ajang Olimpiade Tokyo 2020 cabang sepak bola. Brazil lolos dengan status sebagai juara grup, unggul 2 poin dari sang peringkat 2, yakni Pantai Gading. Brazil mengakhiri babak fasze grup dengan poin 7, hasil dari 3 laga dengan rincian 2 kali menang dan 1 kali imbang. Sedangkan bagi Arab Saudi, kekalahan ini memastikan mereka tak lolos dari fase grup. Arab Saudi duduk di posisi juru kunci klasemen dengan sama sekali tak meraih poin dari 3 kali berlaga.

Rangkuman Pertandingan

Kesebelasan tim nasional Brazil menghadapi timnas Arab Saudi dalam laga terakhir Grup D ajang Olimpiade Tokyo 2020 cabang sepak bola. Sebagai salah satu tim unggulan, Brazil di pertandingan ini memang mengincar kemenangan demi memantapkan langkah mereka lolos ke babak selanjutnya. Alhasil sejak wasit memulai pertandingan, Dani Alves dan kawan kawan langsung tampil agresif menekan pertahanan Arab Saudi.

Baru 14 menit babak pertama berjalan, Brazil sudah berhasil melesakkan gol pembuka ke gawang lawannya. Berawal dari umpan Claudinho, bola sukses disambar oleh Matheus Cunha menjadi gol. Aksi striker milik klub Hertha Berlin ini berhasil membawa Brazil untuk sementara memimpin dengan skor 0-1.

Akan tetapi keunggulan Brazil ini sirna 13 menit kemudian, atau tepatnya di menit ke-27 babak pertama. Sepakan keras Abdulelah Al Amri usai meneruskan umpan Salman Al-Faraj berhasil menjebol gawang Brazil untuk mengubah kedudukan menjadi imbang 1-1. Skor imbang ini kemudian ternyata bertahan sampai dengan turun minum.

Babak Kedua

Selepas istirahat, skuad Brazil yang masih menginginkan gol kedua lantas tampil lebih menyerang dengan menaikan intensitas serangan mereka. Tekanan bergelombang pun benar benar dilancarkan oleh skuad Brazil meski mereka tak banyak menguasai bola di laga babak kedua ini.

Gol kedua skuad Selecao pada akhirnya tercipta saat babak kedua memasuki menit ke-76. Umpan matang seorang Bruno Guimaraes berhasil dimanfaatkan menjadi gol oleh seorang Richarlison. Pemain depan andalan klub Everton ini sukses membawa Brazil kembali unggul dengan skor 1-2.

Di masa injury time babak kedua, Brazil yang sempat ditekan sang lawan akhirnya sukses melesakkan gol ketiga mereka untuk menyelesaikan laga ini. Gol kedua Richarlison di ujung pertandingan sukses memastikan Brazil menang dengan skor akhir 1-3.

Susunan Pemain Arab Saudi vs Brazil

Arab Saudi (5-4-1): Amin Al Bukhari, Saud Abdulhamid, Abdulelah Al Amri, Khalifah Aldawsari, Abdulbasur Mohammed Hindi, Yasir Al Shahrani, Sami Al-Najei, Ali Alhassan, Salma Al-Faraj, Salem Al Dawsari, Abdullah Al Hamdan.

Brazil (4-2-3-1): Santos, Guilherme Arana, Diego Carlos, Nino, Dani Alves, Bruno Guimaraes, Matheus Henrique, Claudinho, Matheus Cunha, Anthony Santos, Richarlison.