google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Olimpiade: Brazil Susah Payah Kalahkan Mesir

Brazil vs Mesir
Brazil menang tipis saat melawan Mesir untuk melaju ke babak semifinal Olimpiade 2020.

cr photo: Goersh

Kemenangan berhasil diraih pasukan tim nasional Brazil yang menghadapi Mesir di laga babak perempatfinal ajang Olimpiade cabang sepak bola. Mesir yang terkenal dengan kerapatan pertahanan mereka sepanjang fase grup menunjukan perlawanan yang sengit. Pasukan Brazil yang unggul kualitas pemain lantas mendominasi jalannya pertandingan. Namun memang rapatnya pertahanan Mesir membuat Brazil sangat kesulitan mengatasi perlawanan wakil Afrika tersebut. Lewat kerja keras tak kenal menyerah, Selecao pada akhirnya berhasil mengunci kemenangan di laga ini. Brazil sukses menang dengan skor akhir tipis saja, yaitu 1-0.

Gol satu satunya yang dilesakkan Brazil dan jadi penentu kemenangan mereka di pertandingan ini dicetak oleh striker asal klub Hertha Berlin, yakni Matheus Cunha. Secara statistik saja sebenarnya bisa dikatakan Brazil jauh lebih layak menang di laga kali ini. Brazil mencatatkan penguasaan bola sebesat 61 persen berbanding 39 persen. Jumlah tembakan yang mereka lesakkan pun lebih banyak, yakni 11 kali dengan 5 di antaranya on target. Sementara Mesir hanya membuat 5 tembakan saja sepanjang pertandingan 2 yang berhasil mengarah ke gawang.

Hasil memuaskan ini berhasil antarkan tim nasional Brazil melaju ke babak selanjutnya, yakni babak semifinal ajang Olimpiade Tokyo 2021 cabang sepak bola. Brazil di babak semifinal nanti akan menghadapi perwakilan Concacaf, yaitu Meksiko yang di laga lain secara beringas mengalahkan Korea Selatan dengan skor akhir 6-3. Sedangkan bagi Mesir, kekalahan ini memastikan kiprah mereka di ajang Olimpiade cabang sepak bola terhenti di babak perempatfinal.

Rangkuman Pertandingan

Laga berat harus dijalani Brazil saat bersua dengan timnas Mesir di laga perempatfinal ajang Olimpiade Tokyo 2020 cabang olahraga sepak bola. Sebagai salah satu tim unggulan, Brazil masih diunggulkan untuk memenangkan laga ini, apalagi Brazil turun dengan skuad terbaik mereka di ajang Olimpiade sejak menit awal. Skuad berjuluk Selecao pun langsung mengambil inisiatif serangan saat babak pertama dimulai.

Sempat mendapatkan perlawanan alot dari sang lawan, Brazil pada akhirnya berhasil membuka skor terlebih dulu ketika babak pertama memasuki menit ke-37. Sebuah umpan dari Richarlison berhasil diselesaikan dengan baik oleh Matheus Cunha menjadi gol. Aksi pemain Hertha Berlin ini sukses membawa Brazil sementara ini memimpin dengan skor 1-0.

Di sisa waktu babak pertama, Mesir berupaya mengejar ketertinggalan. Namun buruknya koordinasi di lini depan membuat mereka sangat kesulitan bahkan unuk sekedar menciptakan peluang. Babak pertama pun selesai dengan skor 1-0 untuk keunggulan Brazil.

Babak Kedua

Pasca turun minum, Mesir berusaha untuk menaikan tempo permainan. Mereka masih berupaya keras untuk bisa mengejar ketertinggalannya. Namun kurangnya kualitas para pemain di lini depan membuat mereka masih sangat kesulitan untuk bisa melesakkan gol balasan.

Brazil sendiri di babak kedua tampil jauh agresif dan memiliki cukup banyak peluang menambah keunggulan mereka. Salah satu peluang terbaik Brazil di babak kedua lahir melaluia aksi ciamik Richarlison. Pemain Everton itu melepaskan sepakan terukur yang sayang masih bisa diamankan kiper Mesir.

Kedua tim sama sama memiliki peluang bagus di babak kedua. Sayangnya sampai dengan babak kedua selesai, memang kedua tim tak mampu melesakkan satupun gol. Kedudukan 1-0 pun bertahan sampai laga ini selesai untuk kemenangan pasukan Brazil.

Susunan Pemain Brazil vs Mesir

Brazil (4-2-3-1): Aderbar Santos, Dani Alves, Nino, Diego Carlos, Guilherme Arana, Douglas Luiz, Bruno Guimaraes, Antony, Matheus Cunha, Claudinho, Richarlison.

Mesir (5-4-1): Mohamed El Shenawi, Ahmed Abou El Fotouh, Mahmoud El Wensh, Ahmed Hegazy, Osama Galal, Karim El Eraki, Ramadhan Sobhi, Amar Hamdi, Akram Tawfik, Taher Mohamed, Yasser Rayan.