google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Olimpiade: Jepang Menang Adu Penalti atas Selandia Baru

Jepang vs Selandia Baru
Lewat babak adu penalti, Jepang singkirkan Selandia Baru untuk lolos ke babak semifinal Olimpiade 2020 cabang sepak bola.

cr photo: The AFC

Hasil maksimal berhasil diraih oleh tim nasional Jepang saat menghadapi Selandia Baru dalam babak perempatfinal Olimpiade cabang sepak bola. Sebagai tuan rumah, Jepang diunggulkan menang di pertandingan ini, oleh karena itu hampir di sepanjang jalannya pertandingan mereka bermain sangat dominan. Namun, sang lawan, yakni Selandia Baru memang bermain sangat baik dalam menahan gempuran gempuran skuad Samurai Biru. Pertandingan ini pada akhirnya selesai untuk kemenangan timnas Jepang melalui babak adu penalti dengan skor akhir adu penalti 4-2.

Dari statistik jalannya pertandingan, Jepang memang lebih mendominasi laga ini. Jepang mencatatkan penguasaan bola sebesar 56 persen berbanding 44 persen. Jumlah tembakan yang dilepas oleh pasukan Samurai Biru juga lebih banyak, yakni mencapai 11 tembakan dengan 5 di antaranya berhasil mengarah ke gawang. Sedangkan Selandia Baru selama 120 menit jalannya laga total hanya mampu membuat 2 tembakan dengan 1 yang on target. Permainan bertahan Selandia Baru ini memang hampir saja berakhir dengan hasil maksimal, sayang memang di babak adu penalti mental para pemain Jepang jauh lebih kuat.

Atas kemenangan ini, Jepang berhak lolos ke babak semifinal ajang Olimpiade Tokyo 2021 cabang sepak bola. Pada laga semifinal nanti, Jepang akan berhadapan dengan Spanyol yang di laga lain berhasil meraih kemenangan dramatis atas Pantai Gading. Sedangkan bagi Selandia Baru, kekalahan ini membuat langkah mereka di Olimpiade cabang sepak bola harus terhenti di babak perempatfinal. Meski demikian, capaian ini sudah cukup baik bagi Negeri Kiwi tersebut karena status mereka yang hanya merupakan tim underdog.

Rangkuman Pertandingan

Tim nasional Jepang menghadapi Selandia Baru dalam laga perempatfinal ajang Olimpiae Tokyo 2021 cabang olahraga sepak bola. Sebagai tuan rumah, Jepang memang membidik hasil maksimal di turnamen ini, mereka pun lantas memasang target wajib menang untuk bisa melangkah mulus ke babak semifinal. Sejak babak pertama dimulai, Jepang langsung menunjukkan permainan terbuka nan agresif.

Beberapa peluang berhasil mereka dapatkan di babak pertama. Salah satu kans terbaik Jepang untuk mencetak gol didapat oleh sang ujung tombak, Daichi Hayashi. Menerima umpan matang dari Takefusa Kubo, Hayashi sayangnya gagal meneruskannya menjadi gol usai sepakannya melenceng dari gawang.

Selandia Baru sendiri di sepanjang babak pertama hanya bermain aman dengan bertahan di areanya sendiri. Mereka kerap berusaha membangun serangan, namun selalu patah saat akan memasuki kotak penalti lawan. Beruntungnya, sampai babak pertama selesai, Selandia Baru aman dari kebobolan. Babak pertama pun berakhir dengan kedudukan imbang tanpa gol.

Babak Kedua

Jalannya pertandingan lebih menarik saat memasuki babak kedua, Jepang menaikan intensitas serangan mereka demi bisa membuka skor. Serangan Jepang yang dimotori Takefusa Kubo lebih berbahaya, beberapa peluang mencetak gol pun didapat. Namun rapatnya dan kedisiplinan pertahanan Selandia Baru membuat gol urung tercipta. Ditambah tangguhnya kiper Selandia Baru membuat laga cukup membuat Samurai Biru frustasi.

Pertahanan solid Selandia Baru ini membuat babak kedua selesai masih tanpa adanya gol. Alhasil laga harus dilanjut ke babak extra time. Sepanjang babak extra time, Jepang masih sangat kesulitan untuk bisa melesakkan gol ke gawang lawannya. Skor imbang masih tak berubah sampai extra time selesai dan laga dilanjut ke babak adu penalti.

Pada babak ini, mental skuad timnas Jepang yang berbicara. Empat algojo mereka, yakni Ayase Ueda, Ko Itakura, Yuta Nakayama, dan Maya Yoshida sukses jalankan tugasnya dengan baik. Sedangan dua dari empat algojo Selandia Baru, yaitu Liberato Cacace dan Clayton Lewis gagal melesakkan gol. Jepang pun memenangkan laga ini lewat babak adu penalti dengan kedudukan akhir 4-2.

Susunan Pemain Jepang vs Selandia Baru

Jepang (4-2-3-1): Kosei Tani, Daiki Hashioka, Maya Yoshida, Takehiro Tomiyasu, Reo Hatate, Wataru Endo, Ao Tanaka, Ritsu Doan, Takefusa Kubo, Yuki Soma, Daichi Hayashi.

Selandia Baru (3-5-2): Michael Woud, Nando Pijnaker, Winston Reid, Gianni Stensness, Liberato Cacace, Clayton Lewis, Joe Bell, Matthew Garbett, Callan Eliot, Ben Waine, Chris Wood.