google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Olimpiade: Spanyol Sukses Tundukkan Jepang

Jepang vs Spanyol
Gol tunggal Marco Asensio, menangkan Spanyol atas Jepang di babak semifinal Olimpiade 2020 cabang sepak bola.

cr photo: Marca

Pertandingan seru tersaji ketika tuan rumah, yakni Jepang berhadapan dengan Spanyol di babak semifinal Olimpiade cabang sepak bola. Memikul beban cukup berat, yakni meraih kemenangan untuk bisa lolos ke babak final, timnas Jepang memang tampil cukup dalam tekanan. Apalagi lawan mereka, yakni Spanyol di laga ini memang seperti biasa bermain sesuai identitas mereka, yakni mendominasi laga dengan possesion ball yang kuat. Jepang memang sempat mampu bertahan dengan cukup baik. Akan tetapi pada akhirnya, Tim Matador berhasil menaklukan Samurai Biru di laga ini. Spanyol sukses mengalahkan tuan rumah lewat babak extra time dengan skor akhir tipis saja, yakni 0-1.

Satu satunya gol yang tercipta di laga ini dan jadi penentu kemenangan Spanyol dilesakkan oleh pemain muda Real Madrid, yakni Marco Asensio. Melihat statistik, Spanyol memang sangat layak menang karena memang unggul segalanya dari Jepang. La Furia Roja mencatatkan total penguasaan bola sebesar 62 persen, berbanding 39 persen milik Jepang. Spanyol juga membuat lebih banyak tembakan, yakni total 18 kali dengan 6 di antaranya berhasil on target. Sedangkan Jepang di sepanjang 90 menit jalannya laga hanya berhasil melepaskan 9 tembakan dengan hanya 1 saja yang mengarah ke gawang.

Atas hasil kemenangan ini, Spanyol berhasil lolos ke babak final Olimpiade Tokyo 2020 cabang olahrag sepak bola. Ini menjadi final Olimpiade pertama bagi Spanyol di cabang olahraga sepak bola. Pada babak final nanti, Tim Matador sudah ditunggu kandidat kuat juara, yakni Brazil yang di laga lainnya berhasil mengalahkan Meksiko lewat babak adu penalti. Sedangkan bagi Jepang, kekalahan ini membuat mereka gagal catatkan sejarah lolos ke final Olimpiade cabang sepak bola. Walau demikian, mereka masih berpeluang meraih medali Perunggu di laga perebutan tempat ketiga nanti melawan Meksiko.

Rangkuman Pertandingan

Tim nasional Jepang harus menjalani laga berat menghadapi raksasa Eropa, yakni Spanyol dalam pertandingan semifinal Olimpiade Tokyo 2020 cabang sepak bola. Sebagai tuan rumah, meski tak diunggulkan menang di laga ini, The Blue Samurai tetap berusaha mengincar kemenangan sebagai target wajib mereka. Akan tetapi kemudian Spanyol memang berhasil lebih banyak menguasai bola karena miliki kualitas skuad yang sedikit lebih baik.

Meski banyak menciptakan peluang, Spanyol kesulitan untuk bisa membongkar pertahanan lawannya tersebut. Begitu juga Jepang yang kesulitan mendobrak pertahanan La Furia Roja. Alhasil babak pertama pun harus selesai dengan kedudukan masih imbang tanpa gol antara kedua kesebelasan.

Babak Kedua

Ketika pertandingan memasuki jalannya babak kedua, Spanyol memasukkan beberapa pemainnya yang tergolong super sub, seperti Rafa Mir. Hasilnya memang serangan Spanyol sedikit lebih berbahaya. Akan tetapi hal tersebut masih bisa diatasi dengan sangat baik oleh lini pertahanan Jepang yang sangat disiplin.

Spanyol sedikit beruntung karena Jepang juga di babak kedua tak mampu berbuat banyak. Peluang peluang yang mereka dapat juga berujung kegagalan karena buruknya penyelesaian akhir. Babak kedua selesai masih tanpa adanya gol, alhasil laga dilanjut ke babak extra time.

Pada babak ini, Spanyol berhasil mencuri satu gol lewat sebuah serangan tak terduga. Menerima bola sodoran dari Mikel Oyarzabal di menit ke-113, Marco Asensio melepaskan sepakan placing cantik yang merobek gawang Jepang. Spanyol pun unggul 0-1 dan kemudian skornya berhasil mereka pertahankan sampai laga selesai sehingga kemenangan pun jatuh ke tangan mereka.

Susunan Pemain Jepang vs Spanyol

Jepang (4-2-3-1): Kosei Tani, Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Ko Itakura, Yuta Nakayama, Wataru Endo, Ao Tanaka, Ritsu Doan, Takefusa Kubo, Reo Hatate, Daichi Mayashi.

Spanyol (4-1-2-3): Unai Simon, Marc Cucurella, Pau Torres, Eric Garcia, Oscar Gil, Martin Zubimendi, Pedri Gonzalez, Mikel Merino, Dani Olmo, Rafa Mir, Mikel Oyarzabal.