google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Olimpiade: Spanyol Tampil Impresif Hajar Pantai Gading

Spanyol vs Pantai Gading
Hujan tujuh gol warnai kemenangan Spanyol atas Pantai Gading di babak perempatfinal Olimpiade 2020.

cr photo: FC Barcelona Noticias

Pertandingan menarik tersaji ketika tim nasional Spanyol menghadapi timnas Pantai Gading di babak perempatfinal Olimpiade cabang sepak bola. Sebagai perwakilan Eropa, Spanyol jauh lebih dijagokan menang di pertandingan ini. Sepanjang laga, La Furia Roja memang bermain jauh lebih mendominasi dari skuad Pantai Gading. Walau begitu Pantai Gading berhasil memberikan perlawanan super ketat kepada Tim Matador. Beruntung bagi Spanyol, mereka masih mampu tampil impresif untuk amankan kemenangan. Spanyol sukses memenangkan laga ini dengan skor akhir cukup mencolok, yakni 5-2.

Pemain muda Spanyol, yakni Rafa Mir menjadi bintang kemenangan Tim Matador di pertandingan ini. Rafa Mir melesakkan hattrick yang pimpin kemenangan timnya atas Pantai Gading. Sementara itu dua gol lainnya yang dilesakkan oleh Spanyol masing masing dilesakkan oleh Dani Olmo dan sepakan penalti Mikel Oyarzabal. Sedangkan dua gol balasan Pantai Gading dicetak oleh bek MU, Eric Bailly dan pemain depan andalannya Max-Alain Gradel.

Dengan kemenangan ini, Spanyol berhasil melenggang mulus ke babak semifinal ajang Olimpiade Tokyo 2020 cabang sepak bola. Pada babak semifinal Spanyol sudah ditunggu oleh tuan rumah, Jepang yang pada laga lain berhasil menang lewat adu penalti melawan Selandia Baru. Sedangkan bagi Pantai Gading, kekalahan ini membuat laju mereka di ajang Olimpiade harus terhenti di babak ini. Meski demikian, prestasi ini cukup baik bagi Pantai Gading melihat di fase grup mereka tergabung di grup neraka bersama Brazil dan Jerman.

Rangkuman Pertandingan

Duel menarik mempertemukan wakil Eropa, yakni Spanyol menghadapi wakil Afrika, Pantai Gading di ajang Olimpiade Tokyo 2020 cabang sepak bola. Meski diunggulkan, Spanyol yang mengambil inisiatif serangan harus dikagetkan dengan gol cepat Pantai Gading di menit ke-10 babak pertama. Naik membantu serangan, Eric Bailly sukses meneruskan umpan Max Gradel untuk mencetak gol dan bawa The Elephant unggul sementara 0-1.

Tak mau kalah begitu saja, Spanyol yang merupakan salah satu tim unggulan di ajang ini langsung meresponnya. Pada menit ke-30, La Roja sukses melesakkan gol penyama kedudukan. Gol ini dicetak oleh penyerang RB Leipzig, yakni Dani Olmo yang mengubah kedudukan menjadi imbang 1-1. Kedudukan ini ternyata tak berubah sampai dengan babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Usai istirahat, Pantai Gading yang terus memberikan perlawanan pada pasukan Matador dibuat kewalahan dengan gempuran lawannya itu. Meski demikian, mengandalkan serangan balik, mereka berhasil meredam gelombang serangan Spanyol. Bahkan secara mengejutkan di ujung babak kedua Pantai Gading sukses melesakkan gol keduanya lewat aksi Max Gradel yang bawa mereka kembali unggul 1-2.

Ketika laga terasa akan selesai untuk kemenangan Pantai Gading, secara dramatis skuad Spanyol berhasil menyamakan kedudukan di ujung babak kedua. Masuk sebagai pemain pengganti, Rafa Mir menjadi juru selamat Spanyol usai golnya mengubah skor kembali imbang 2-2. Kedudukan imbang ini membuat laga harus dilanjut ke babak extra time.

Pada babak extra tim inilah mental Spanyol yang berbicara, di mana mereka sukses lesakkan tiga gol sekaligus. Dua di antaranya lewat aksi ciamik Rafa Mir yang membuatnya catatkan hattrick di laga ini. Sementara satu lainnya lahir lewat eksekusi penalti Mikel Oyarzabal. Spanyol pun sukses menyelesaikan pertandingan ini dengan kemenangan cukup mencolok, yakni 5-2.

Susunan Pemain Spanyol vs Pantai Gading

Spanyol (4-3-3): Unai Simon, Oscar Mingueza, Eric Garcia, Pau Torres, Juan Miranda, Mikel Merino, Martin Zubimendi, Pedri Gonzalez, Marco Asensio, Mikel Oyarzabal, Dani Olmo.

Pantai Gading (4-4-2): Eliezer Ira Tape, Ismael Diallo, Kouadio-Yves Dabila, Eric Bailly, Wilfried Singo, Max-Alain Gradel, Franck Kessie, Eboue Kouassi, Cheick Timite, Youssouf Dao, Christian Kouame.