google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Olimpiade: Taklukan Meksiko, Brazil Melaju ke Final

Meksiko vs Brazil
Lewat drama adu penalti, Brazil sukses singkirkan Meksiko di ajang Olimpiade cabang sepak bola.

cr photo: Diario AS

Laga menarik mempertemukan dua kesebelasan asal benua Amerika, yakni Brazil dengan Meksiko dalam babak semifinal Olimpiade cabang sepak bola. Kedua tim merupakan dua tim unggulan di ajang ini, oleh sebab itulah sejak laga dimulai baik Brazil maupun Meksiko sama sama berusaha keras untuk tak melakukan banyak kesalahan. Sepanjang laga kedua tim sebenarnya tak begitu terlibat dalam jual beli serangan yang intens karena keduanya sama sama bermain cukup berhati-hati. Oleh itulah laga ini kering sekali gol, meski sampai dilanjut ke babak extra tim. Lewat pertarungan panjang, Brazil pada akhirnya berhasil amankan kemenangan di laga ini melalui drmaa adu penalti dengan skor akhir 4-1.

Pertandingan harus dilanjutkan ke babak adu penalti usai kedua kesebelasan baik di waktu normal maupun extra time sama sama gagal melesakkan satupun gol. Namun melihat dari statistik, Brazil memang sedikit lebih layak menang karena sedikit tampil lebih dominan. Mereka mencatatkan penguasaan sebesar 57 persen berbanding 43 persen milik Meksiko. Skuad Selecao juga sukses membuat lebih banyak tembakan, yakni 10 kali dengan 6 di antaranya on target. Sedangkan Meksiko hanya melepas 9 tembakan dengan 4 yang mengarah ke gawang.

Berkat kemenangan ini, Brazil sukses melangkah ke babak final ajang Olimpiade Tokyo 2020 cabang olahraga Sepak Bola. Ini menjadi back to back pasukan Samba ini lolos ke babak final, setelah pada Olimpiade edisi sebelumnya di Rio de Janeiro, mereka juga sukses melaju sampai final. Pada babak final nanti, Brazil akan menghadapi raksasa Eropa, yakni Spanyol yang di laga semifinal lain sukses membungkam tuan rumah, Jepang. Sedangkan bagi Meksiko, kekalahan ini memupus asa mereka untuk bisa melaju ke final.

Rangkuman Pertandingan

Duel menarik menghadirkan dua tim kuat, yakni Brazil menghadapi Meksiko dalam babak semifinal ajan Olimpiade Tokyo 2020 cabang sepak bola. Sama sama menjadi tim unggulan, kedua tim di laga ini jelas mengincar kemenangan demi bisa lolos ke babak final. Kedua tim sayangnya memang bermain sedikit berhati-hati dengan tak mau mengambil banyak risiko. Kondisi ini membuat tensi laga tidak terlalu tinggi.

Walau demikian, beberapa peluang sempat didapatkan oleh Brazil yang memang bermain sedikit lebih dominan dari sang lawan. Richarlison yang merupakan bomber andalan Brazil di laga ini hampir saja memberikan timnya keunggulan andai saja sepakannya meneruskan umpan Claudinho bisa sedikit lebih terarah.

Di sisi lain, Meksiko juga bukannya tanpa peluang di pertandingan kali ini. Mereka memiliki satu kans membuka skor saat Carlos Antuna lepas dari penjagaan bek bek Brazil. Sayang eksekusi akhir Antuna masih belum begitu baik, sehingga gol urung tercipta. Babak pertama pun selesai dengan skor imbang 0-0 untuk kedua tim.

Babak Kedua

Jalannya pertandingan selama babak kedua tak begitu banyak perubahan meski kedua kesebelasan sama sama melakukan pergantian pemain. Sejumlah peluang yang mereka dapat patah begitu saja karena buruknya penyelesaian akhir ditambah disiplinnya pertahanan masing masing. Alhasil babak kedua pun harus selesai tanpa gol sehingga laga dilanjut ke babak extra time.

Gol masih urung juga tercipta di babak extra time karena kedua tim masih sama sama bermain rapat. Kemudian laga dilanjutkan ke babak adu penalti. Pada babak ini, empat eksekutor Brazil sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Sedangkan di kubu Meksiko hanya Carlos Rodriguez yang berhasil melesakkan gol. Alhasil Brazil pun sukses menangkan babak adu penalti dengan skor 4-1 dan berhak melaju ke babak final.

Susunan Pemain Meksiko vs Brazil

Meksiko (4-1-2-3): Guillermo Ochoa, Vladimir Lorona, Cesar Jasib Montes, Johan Vasquez, Johan Angulo, Luis Romo, Jose Esquivel, Francisco Cordova, Carlos Antuna, Henry Martin, Ernesto Vega.

Brazil (4-2-3-1): Aderbar Santos, Guilherme Arana, Diego Carlos, Nino, Dani Alves, Bruno Guimaraes, Douglas Luiz, Richarlison, Claudinho, Paulinho, Antony.