google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Oppo A16, Is It Worth to Buy?

Oppo a16
Source : http://www.oppo.com

Memiliki smartphone harga terjangkau dengan fitur yang spesifikasinya memukau, tentu menjadi dambaan banyak orang saat ini. Tidak salah jika  OPPO Indonesia  kemudian meluncurkan seri smartphone terbarunya yaitu OPPO A16 di pertengahan 2021 ini.  

Smartphone OPPO terbaru yang merupakan penerus dari seri OPPO A15 sebelumnya yang telah dirilis pada akhir 2020. Dijual dengan harga yang terjangkau, smartphone OPPO terbaru ini pastinya membawa sederet fitur unggulan yang sudah ditingkatkan. Sepertinya kamu perlu upgrade ke OPPO A16 karena smartphone ini membawa beberapa peningkatan seperti berikut :

Desain

Walaupun dijual dengan harga yang terjangkau, tapi smartphone OPPO A16 tampil dengan desain yang elegan. Ini dapat dengan jelas terlihat pada bodi belakang Hp ini yang berkontur agak glossy. Meski terkesan glossy, namun bodi belakang ini tidak terlihat mudah meninggalkan bekas sidik jari. Bodi OPPO A16 ini memiliki desain 3D curved body. Desain sekeliling bodi dibuat membulat sehingga terasa ergonomis saat berada dalam genggaman tangan.

Perbedaan yang ada di OPPO A16 yaitu smartphone ini memiliki penutup atas berbahan aluminium yang terkenal sebagai konduktor termal tinggi berfungsi untuk menghilangkan panas pada perangkat A16. Selain memberikan kenyamanan kepada pengguna, A16 memiliki material bahan berlapis vakum yang diukir dengan laser sehingga menimbulkan kesan metalik yang berkilau.

Bobot OPPO A16 juga cukup ringan, hanya 190 gram. Smartphone OPPO terbaru ini juga didesain dengan bodi ringkas berukuran panjang 16,3 cm, lebar 7,56 cm, dan tebal 8,4 mm, yang terasa nyaman saat dalam genggaman. Sedangkan bodi dari OPPO A16 memiliki ukuran panjang 16,4 cm, lebar 7,54 cm dan tebal 0,79 cm, dengan bobot 175 gram

OPPO A15 hadir dalam dua pilihan warna fancy white dan Dynamic Black. Sedangkan smartphone OPPO A16 tersedia dalam pilihan warna Crystal Black  dan Space Silver. Perbedaan lain yang terlihat dari kedua smartphone ini yaitu letak sensor Fingerprint-nya.  Pada OPPO A15 sensor sidik jari ini disematkan di bodi belakang dan berbentuk bulat. Sedangkan pada OPPO A16 sensor untuk keamanan tersebut dijadikan satu dengan tombol power yang terletak di sisi samping kanan bodi.

Dan hal lain yang paling membedakan yaitu, OPPO A16 sudah mengantongi sertifikasi IPX4 Waterproof & beberapa tes kualitas presisi lainnya. Salah satu dari tes kualitas presisi tersebut memastikan pengguna mendapatkan 5 lapisan perlindungan. Untuk mencapai sertifikasi tersebut, ia melewati enam tes utama termasuk uji  jatuh, ketahan air, radiasi, iklim, dan sinyal.OPPO A16 juga lulus 50+ uji kontrol proses produksi, 130+ uji keandalan, dan 320+ uji eksperimental.

Layar

Baik OPPO A16 dan A15 sama-sama memiliki layar berukuran luas, 6.52 inci. Tak heran jika tampilan layar akan terasa puas dilihat. Ternyata ini memang menjadi salah satu keunggulan kedua smartphone OPPO ini. Kedua layar smartphone menganut desain ‘tetesan air’ , yaitu ada kamera depan yang tersemat di bagian atas dan menjadi satu dengan layar. Bahkan ketajaman layarnya pun sama-sama terlihat tajam dengam resolusi 1600 x720 pixel (HD+ ).

Kedua layar ini juga sudah dilengkapi oleh fitur yang membuat mata nyaman meski melihat layar berlama-lama. Pada OPPO A15 terdapat fitur Eye Comfort Filter yang berfungsi mengurangi kelelahan mata akibat menatap layar dalam waktu relatif lama. Sedangkan pada smartphone OPPO A16 dilengkapi dengan layar Eye Care Display menjamin mata pengguna tidak mudah lelah setelah menggunakan perangkat dalam waktu yang lama.

Pengguna smartphone dipastikan dapat menikmati hiburan favorit sepanjang hari dengan dukungan layar sunlight dan moonlight screens. Dalam kondisi lingkungan gelap, layar A16 dapat meredup hingga 2 nits. Selain itu terdapat juga fitur AI Smart Backlighting yang akan mempelajari kebiasaan kecerahan pengguna dan memberikan pengalaman lampu latar cerdas yang otomatis disesuaikan. Dengan demikian, pengguna tidak perlu lagi mengatur kecerahan secara manual dan kesehatan mata pengguna pun akan terjaga dengan baik.

Kamera

OPPO A16 dan OPPO A15 juga sama-sama dilengkapi dengan fitur triple kamera. Tak hanya itu, ketiga kameranya pun memiliki kekuatan yang sama. Ketiga kamera smartphone Oppo ini terdiri dari kamera utama 13 Megapixel untuk menghasilkan foto yang tajam dan cerah. Kemudian ada kamera Makro 2 Megapixel, untuk mengambil foto dari jarak dekat (hingga 4cm) serta ada kamera Depth Sensor 2 Megapixel untuk membuat foto dengan tampilan efek bokeh.

Keandalan kamera di kedua Smartphone OPPO ini juga sudah dilengkapi dengan fitur baru bernama AI Scene Enhancement yang merupakan kombinasi dari fitur Dazzle Color dan AI Scene Recognition. Fitur ini membuat kamera dengan lebih pintar dapat mengenali objek dengan melakukan optimasi pada 21 adegan berbeda.

Untuk kamera bagian depan, smartphone OPPO A16 dan A15 juga dibekali kamera depan dengan resolusi yang sama, yaitu 8 Megapixel. Kamera yang berfungsi untuk foto selfie ini juga dilengkapi dengan fitur AI Beautification yang dapat menyesuaikan foto selfie berdasarkan usia, jenis kelamin, warna kulit dan jenis kulit dari objek foto. Hasilnya foto selfie dengan smartphone ini pun akan terlihat lebih natural dan tidak berlebihan.

Performa

Untuk performanya, kedua smartphone OPPO ini sama-sama disokong prosesor buatan Mediatek, namun jenisnya berbeda. OPPO A15 mengandalkan dapur pacu prosesor Mediatek Helio P35 untuk menunjang performanya. Sedangkan OPPO A16 didukung oleh prosesor Mediatek Helio G35. Kedua jenis prosesor ini sama-sama terdiri dari 8 Cores dengan kecepatan mencapai 2.300 Hz. Hanya saja saat dilakukan uji performanya, Helio G35 yang ada di OPPO A16 memiliki skor sedikit lebih unggul, yaitu 109.928. Sementara pada Helio P35 skornya sebesar 99.120.

Performa kedua smartphone ini juga didukung RAM dan memori internal. Dan OPPO A16 maupun A15 sama-sama didukung oleh RAM 3GB dan memori internal 32GB. Kapasitas memori penyimpanannya masih bisa diperluas hingga 256GB, dengan memasukkan kartu MicroSD pada slot yang sudah disediakan.

Yang agak membedakan lagi dari keduanya yaitu Performa OPPO A15 berjalan dengan sistem operasi ColorOS 7.2. Sedangkan OPPO A16 sendiri sudah mengadopsi sistem operasi ColorOS 11.1 berbasis Andorid 11.

Baterai

Performa kedua smartphone Oppo ini juga tidak lepas dari kapasitas baterai di dalamnya. Di sini terdapat perbedaan diantara keduanya. OPPO A15 dibekali oleh baterai berkapasitas besar, 4230mAH, masih terbilang cukup besar. Sementara itu OPPO A16 mengandalkan baterai berkapasitas 5000 mAh. Selain itu OPPO sendiri juga menyediakan perlindungan terkait masalah charging. Perlindungan tersebut diantaranya seperti overcharge dan over-discharge, ini untuk menjaga agar tidak terjadi pengisian daya dengan arus berlebihan.

Nah, setelah melihat beberapa keunggulan yang dimiliki oleh smartphone OPPO A16 di atas, sepertinya menjadikan smartphone ini sebagai pengganti smartphone lama kamu adalah hal yang worth it melihat sejumlah fitur menarik dan harga jualnya yang terjangkau.