google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Pantang Minum Alkohol Setelah Vaksinasi Covid-19

Vaksinasi Nasional Covid-19

Vaksin virus corona yang sekarang ada di Indonesia ini sudah resmi mendapatkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI). Oleh karena itulah, ada beberapa kalangan yang sekarang sudah bisa memeroleh vaksin Covid-19 secara aman.

Setelah seseorang mendapatkan vaksin Covid-19 ini, pasien tidak diperbolehkan untuk langsung pulang dan harus bertahan selama kurang lebih 30 menit di rumah sakit. Hal ini bertujuan supaya para petugas akan bisa langsung melihat apakah ada reaksi alergi ataukah tidak.

Bukan hanya perkara waktu untuk melakukan pemantauan reaksi alergi, tahukah Anda jika masih ada lagi pantangan seputar vaksin ini, yakni mengonsumsi minuman beralkohol? Apakah benar ada hubungan antara minum alkohol dengan vaksin Covid-19? Anda bisa mengikuti ulasan lengkap kami di bawah ini.

Kontroversi Dari Larangan Meminum Alkohol Setelah Disuntik Vaksin

Beberapa waktu kemarin sempat beredar kabar di sosial media yang mengatakan jika orang – orang yang sudah menerima suntikan vaksin Covid-19 ini tidak diperbolehkan untuk meminum minuman beralkohol.

Larang ini berasal dari Alexander Gintsburg, selaku Kepala Pusat Epidemiologi dan Mikrobiologi Nasional Gamaleya di Moskow, Rusia. Ia juga mengatakan kepada awak media, ‘’Kami sangat menyarankan untuk segera menahan diri sebisa mungkin dari alkohol selama 3 hari setelah Anda memeroleh vaksin Covid-19.’’

Kendati pun seperti itu, sebenarnya ada juga seorang ahli yang memberikan saran serupa terkait dengan larangan yang begitu ketat. Anna Popova, selaku Kepala Layanan Federal Rusia untuk Pengawasan Perlindungan Hak Konsumen dan Kesejahteraan, mengemukakan, para penerima vaksin virus corona ini tidak diperbolehkan minum minuman beralkohol selama 2 minggu sebelum disuntik vaksin dosis pertama.

Memberikan jeda selama kurang lebih 3 minggu untuk mendapatkan vaksinasi dosis kedua ini juga tidak boleh diisi dengan minuman beralkohol. Setelah pasien menerima vaksinasi dosis kedua, tiga minggu setelahnya Anda harus tetap menghindari minuman beralkohol sedikit pun.

Akan tetapi, Gintsburg akhirnya membantah berpendapat karena dinilai terlalu begitu ketat. Di sisi yang lainnya, para relawan vaksin AstraZeneca dari Inggris mengaku tidak menerima bentuk arahan untuk menghindari alkohol sebelum maupun sesudah menerima vaksin.

Bahkan, pihak AstaZeneca juga sudah menandatangai kesepakatan utnuk berkolaborasi dengan Sputnik V tidak menanggapi info tentang vaksinasi dan juga alkohol. Begitu pula dengan Pfizer, mereka telah memberikan penjelasan, tidak ada peringatan tentang konsumsi alkohol setelah menerima suntikan vaksin corona dari produksi mereka.

Efek Samping Minum Alkohol Setelah Disuntik Vaksin

Untuk larangan ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk vaksin Sputnik V buatan Rusia ataupun vaksin Covid-19 dari perusahaan besar yang lainnya. Vaksin untuk penyakit jenis apa pun memang tidak diperbolehkan berinteraksi secara langsung dengan alkohol di dalam tubuh manusia.

Mengapa demikian? Ternyata, alasannya adalah efek samping dari minum alkohol ini bisa mengganggu respons pembentukan antibodi di dalam tubuh manusia. Penyutikan vaksin ini bertujuan untuk membangun antibodi sehingga kita juga terhindar dari penyakit tertentu. Nah, pada saat mengonsumsi minuman keras ini, usaha dari vaksinasi ini bakalan sia – sia saja. Hal ini dikarenakan minuman beralkohol merupakan asupan yang dapat menyebabkan peradangan serta infeksi di dalam tubuh manusia.

Bahkan, minuman yang satu ini juga bisa menjadi sebagai akar permasalahan penyakit komorbid, seperti halnya penyakit jantung, kanker serta penyakit hati. Penyakit yang seperti ini akan sangat fatal jika berhadapan langsung dengan infeksi virus corona.

Sementara itu, dokter Sepriani Timurtini Limbong juga mengemukakan pendapatnya, meskipun belum ada penelitian yang pasti dapat menyimpulkan antara alkohol dengan vaksinasi, secara umum minuman beralkohol ini memang bisa membuat imunitas tubuh manusia menjadi relatif lebih rendah dari sebelumnya.

‘’Kalau dikonsumsi setelah menerima vaksin virus corona, kemungkinan besar bisa menghambat proses terbentuknya antibodi. Hal ini juga dapat terjadi lebih khususnya kepada orang – orang yang memang secara regular ini mengonsumsi alkohol,’’ jelasnya lagi.

Terlepas dari adanya atau tidak larangan formal setelah suntikan vaksin virus corona, mengonsumsi minuman keras berlebihan ini memang berdampak buruk bagi kesehatan. Jadinya, bijak terhadap apa yang ingin Anda konsumsi.

Apakah Ada Makanan Atau Minuman Yang Jadi Pantangan Setelah Disuntik Vaksin?

Sejauh ini kabar baiknya tidak ada jenis makanan atau minuman tertentu yang memang benar – benar menjadi pantangan setelah vaksinasi virus corona. ‘’Yang paling penting adalah orang tersebut rutin untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang secara lengkap,’’ jelas dokter Sepriani.

Mendapatkan vaksinasi Covid-19 ini, baik untuk vaksin virus corona maupun jenis vaksin yang lainnya, akan bertujuan untuk melindungi kita ataupun setidaknya mampu menurunkan risiko terserang penyakit tertentu. Ketika tidak diimbangi dengan pola makan sehat dan bergizi seimbang, maka vaksinasi yang telah dilakukan tidak dapat berjalan secara maksimal.