google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Pantone Menamai Tone Baru ‘Very Peri’ sebagai Warna untuk Tahun 2022

Pantone 17-3938 Very Peri (Foto: design-milk.com)

Otoritas warna global, Pantone, telah memperkenalkan Pantone 17-3938 Very Peri, rona biru periwinkle yang dinamis dengan nada merah violet yang semarak sebagai warna bintangnya untuk tahun 2022. Daripada memilih bayangan yang ada dari paletnya yang luas, Pantone kali ini menciptakan warna baru. Tone baru tersebut memadukan kesetiaan dan keteguhan warna biru dengan energi dan kegembiraan warna merah. Rona tersebut dinilai memberikan campuran kebaruan yang memberdayakan.

“Menampilkan kepercayaan diri yang riang dan keingintahuan yang berani yang menjiwai semangat kreatif kita, Pantone 17-3938 Sangat Peri yang ingin tahu membantu kita untuk merangkul lanskap kemungkinan yang berubah ini, membuka kita pada visi baru saat kita menulis ulang hidup kita. Menghidupkan kembali rasa terima kasih atas beberapa kualitas yang diwakili biru dilengkapi dengan perspektif baru yang bergema hari ini, Pantone 17-3938 Very Peri menempatkan masa depan di depan dalam cahaya baru,” ungkap Pantone mengenai tone baru tersebut.

“Saat kita memasuki dunia dengan perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya, pemilihan ini menghadirkan perspektif dan visi baru dari keluarga warna biru yang tepercaya dan dicintai,” kata Leatrice Eiseman, Direktur Eksekutif Pantone Color Institute. “Meliputi kualitas blues, namun pada saat yang sama memiliki nada ungu-merah, itu menampilkan sikap yang ceria, gembira dan kehadiran dinamis yang mendorong kreativitas yang berani dan ekspresi imajinatif,” tambahnya.

Very Peri Shade (Foto: dezeen.com)

Very Peri dianggap sebagai simbol zeitgeist global dan transisi yang sedang dialami dunia. Tone ini sesuai dengan tren dalam game, popularitas metaverse yang meluas, serta komunitas artistik yang meningkat di ruang digital. Tone baru tersebut menggambarkan perpaduan kehidupan modern dan bagaimana tren warna di dunia digital dimanifestasikan di dunia fisik dan juga sebaliknya.

“Menciptakan warna baru untuk pertama kalinya dalam sejarah program warna pendidikan Pantone Color of the Year kami mencerminkan inovasi dan transformasi global yang terjadi. Ketika masyarakat terus mengenali warna sebagai bentuk komunikasi yang kritis dan sebagai cara untuk mengekspresikan dan memengaruhi ide dan emosi serta terlibat dan terhubung, kompleksitas rona biru baru yang diresapi merah-ungu ini menyoroti kemungkinan luas yang ada di hadapan kita,” komentar Laurie Pressman, Wakil Presiden Pantone Color Institute.

Perusahaan juga mengungkapkan bahwa tone ini adalah rona biru antusias yang keanehannya cocok untuk harmoni warna yang tidak terduga dan pernyataan warna spontan. Futuristik dalam perasaan, Very Peri mengambil penampilan berbeda melalui aplikasi ke bahan, sentuhan akhir, dan tekstur yang berbeda, dari logam berkilau, dan bahan berteknologi tinggi untuk tampilan buatan tangan dan serat alami.

Koleksi Tory Burch FW21 (Foto: fashionunited.nz)

Menurut Pantone Color Institute, Very Peri adalah perspektif baru dari keluarga biru yang akrab dan dicintai dengan nada merah ungu. Oleh karena itu, warna ungu ini tidak sama dengan warna ungu awal tahun seperti Ultra Violet (2018) dan Iris (2008). Rona ungu tersebut akan mendorong daya cipta dan kreativitas, menurut Pantone. Meski demikian, warnanya juga bisa terlihat pada beberapa koleksi desainer.

Beberapa rumah mode telah menggunakan rona, atau sesuatu yang sangat mirip dengan tone Very Peri, dalam koleksi mereka. Sebut saja koleksi dari Tory Burch, Saint Laurent, Calvin Luo, Laura Biagiotti dan Undercover. Bahkan pada tahun 2016, tone tersebut sudah terlihat dalam sebuah pertunjukan oleh Moschino. Meski rona yang mirip telah terlihat pada koleksi-koleksi terdahulu, para pecinta mode patut mengantisipasi lebih banyak lagi koleksi mendatang dengan warna Very Peri yang telah dinobatkan sebagai Color of the Year 2022 oleh Color Institute Pantone.