google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Penting Mendapatkan Vaksinasi Hepatitis B Sebelum Bepergian ke Luar Negeri

vaksinasi hepatitis B
Vaksinasi Hepatitis B Sangat Penting

Apakah Anda pernah atau sedang merencanakan untuk berlibur ke luar negeri? Sebelum berangkat liburan, ada banyak hal yang memang wajib disiapkan, seperti halnya tiket, transportasi, visa hingga paspor untuk memperlancar perjalanan Anda selama liburan.

Ternyata bukan hanya untuk masalah teknis saja yang mesti dipersiapkan dengan matang, kesehatan fisik pun juga menjadi hal yang wajib dipertimbangkan sepenuhnya. Selain dengan cara mempersiapkan segala macam obat – obatan atau vitamin, Anda pun harus bersiap untuk menghadapi serangan dari bakteri maupun virus.

Lantas, apakah vaksin penyakit hepatitis B ini diperlukan sebelum Anda bepergian ke luar negeri? Berikut penjelasan lengkapnya.

Apabila masalah teknis sudah Anda selesaikan keseluruhan, tidak ada salahnya untuk mengambil langkah pencegahan dengan cara mengikuti vaksinasi wajib sebelum berlibur ke luar negeri.

Memutuskan untuk ikut serta dalam vaksinasi ini sebenarnya tidak ada ruginya, dikarenakan vaksin ini bisa mencegah Anda dari berbagai jenis penyakit berbahaya yang siap mengintai kapan saja. Salah satu dari vaksinasi wajib yang sangat disarankan adalah vaksin hepatitis B.

Vaksin ini memang wajib dilakukan bagi seseorang yang sedang berkunjung ke Negara endemis hepatitis B. Bukan hanya itu saja, seseorang yang memiliki sejumlah faktor risiko pun sangat perlu mendapatkan vaksinasi hepatitis B.

Ada pun beberapa faktor risiko yang dimaksudkan adalah orang yang sedang bekerja di fasilitas layanan kesehatan, pernah melakukan hubungan seksual dengan penderita hepatitis B, atau pun pernah kontak langsung dengan darah penderitanya.

Maka dari itu, segera pastikan untuk tidak melewatkan vaksinasi penting ini sebelum Anda memutuskan bepergian ke luar negeri.

Selain Vaksin Hepatitis B, Inilah Daftar Lengkap Vaksin Wajib Lainnya

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan program vaksinasi, sebaiknya Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang ada di rumah sakit terdekat agar memeroleh rekomendasi dari vaksin apa yang sedang Anda butuhkan.

Adapun jenis vaksin yang akan disesuaikan dengan destinasi wisata liburan Anda. Pastikan pula Anda sudah mengetahui riwayat dari vaksinasi yang sudah Anda lakukan. Selain vaksinasi hepatitis B, inilah daftar vaksin yang wajib didapatkan :

1. Vaksin Japanese Encephalitis

Virus satu ini merupakan virus yang dapat menyebabkan radang otak yang sudah ditemukan di Nepal, China, Pakistan, India, Bangladesh, dan juga Vietnam. Vaksin ini pun wajib diberikan kepada para pelancong yang ingin bepergian ke negera tersebut.

2. Vaksin Hepatitis A

Hepatitis A merupakan salah satu vaksin wajib yang harus didapatkan oleh seseorang yang akan bepergian ke luar negera endemis hepatitis A, terutama dengan Negara yang memiliki sanitasi serta kebersihan makanan kurang baik.

Vaksin hepatitis A akan segera diberikan dengan jarak waktu sekitar dua minggu sebelum keberangkatan karena mampu untuk memberikan perlindungan dalam tubuh selama satu tahun lamanya.

3. Vaksin Meningokokus

Vaksin wajib satu ini merupakan jenis vaksin yang sangat berguna sekali bagi tubuh karena dapat melindungi tubuh dari penyakit meningitis. Vaksin ini pun adalah jenis vaksin wajib yang harus segera Anda dapatkan sebelum melakukan ibadah haji atau pun umrah.

4. Vaksin Demam Tifoid

Demam tifoid ini merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri pada minuman atau pun makanan yang kotor. Sama halnya seperti vaksin hepatitis A, vaksin untuk demam tifoid ini akan dilakukan kurang lebih dua minggu sebelum Anda bepergian ke negera endemis dari penyakit demam tifoid.

5. Vaksin Yellow Fever

Vaksin satu ini wajib sekali diberikan kepada orang – orang yang akan mengunjungi benua Afrika atau pun Amerika Serikat. Setalah vaksinasi ini dilakukan, Anda pun akan memeroleh sertifikasi vaksinasi internasional yang akan berlaku selama 10 tahun.

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, daftar vaksin wajib ini akan tergantung pada lokasi atau wilayah yang akan Anda kunjungi, usia Anda, berapa lama waktu Anda berkunjung ke wilayah tersebut, rencana untuk melakukan aktivitas apa saja, status kesehatan secara menyeluruh, serta besar kemungkinan untuk melakukan kontak langsung dengan orang di sekitar atau pun binatang.

Sebelum melakukan vaksinasi, Anda harus berkonsultasi kepada dokter apabila Anda sedang dalam keadaan hamil, menyusui, mempunyai riwayat alergi, atau pun sedang menderita penyakit imun.