Pep Guardiola Disebut Buka Kans Tinggalkan Manchester City Musim Depan

Rumor cukup menarik muncul baru baru ini yang menyebut Pep Guardiola terbuka untuk bisa meninggalkan Manchester City di musim panas tahun depan. Sosok Pep Guardiola bisa dibilang sudah menjadi sosok pelatih yang memiliki prestasi luar biasa baik sebelum ia menangani Manchester City maupun selama ia menangani The Cityzens. Hampir semua gelar juara yang bisa ia raih sebagai pelatih di Manchester City sudah sukses ia dapatkan. Namun berita kurang menyenangkan muncul bagi fans City belum lama ini. Manajer asal Spanyol tersebut dikabarkan bisa saja meninggalkan Manchester City musim panas tahun 2025 nanti saat kontraknya selesai.

Pep Guardiola datang ke Manchester City delapan tahun lalu, ketika itu ia datang usai menyelesaikan tugasnya di Bayern Munchen. Pep diberikan target selangit oleh manajemen The Cityzens dengan segala tantangannya di Premier League. Meskipun demikian, hal tersebut tak jadi masalah, hanya perlu dua musim saja bagi Pep untuk bisa membangun tim hingga akhirnya ia bisa memanen hasilnya. Kini Pep bahkan bisa disebut sebagai pelatih tersukses di Liga Inggris, dan sosoknya terus disandingkan dengan pelatih legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson.

Delapan musim menukangi City, Pep Guardiola sudah memberikan enam gelar Liga Inggris, yang empat di antaranya ia raih dalam empat musim berturut turut. Selain itu Pep juga sukses mengantarkan Manchester City meraih gelar juara Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah klub, bahkan ia juga membantu City meraih treble winner, yang membuat kini bersanding dengan sang rival sekota, Manchester United sebagai tim Inggris yang mampu meraih treble winner dalam satu musim. Tak heran jika kemudian sosoknya begitu dihormati saat ini.

Mulai Ragu

Sayangnya menjelang memasuki tahun kesembilannya bersama Manchester City, Pep Guardiola diisukan akan meninggalkan Manchester City. Berita ini pertama kali disampaikan di laman Daily Mail, dikabarkan bahwa Pep membuka kans untuk pergi meninggalkan tim asal Kota Manchester tersebut di musim panas tahun 2025 mendatang, di mana pada momen tersebut bertepatan kontrak Pep berakhir dengan City.

Sebenarnya manajemen City sendiri tentunya menginginkan sang manajer tetap bertahan di tim mengingat pekerjaannya yang begitu mengesankan. Akan tetapi sampai saat ini belum ada indikasi Pep akan memperpanjang kontraknya. Justru dalam satu kesempatan interview, ia menyebut dirinya mulai ragu dengan masa depannya di City karena semua hal sudah ia dapat dan kini ia mulai kehilangan motivasi.

Walaupun segala kemungkinan masih bisa terjadi, termasuk bertahannya Pep Guardiola, akan tetapi manajemen City sepertinya enggan mengambil risiko. Belakangan ini mereka juga dikabarkan menyusun nama-nama calon pelatih yang bisa saja menggantikan Pep di musim panas tahun 2025 mendatang. Beberapa pelatih tersebut di antaranya adalah Roberto de Zerbi, Michel, Xabi Alonso, hingga Julian Naggelsman.

Pernyataan Guardiola

“Pada tahun lalu, setelah di Istanbul (menang di Liga Champions), saya mengatakan semuanya selesai, tak ada apa-apa lagi yang tersisa. Tapi saya masih memiliki kontrak dan saya merasa bahwa belum ada yang bisa meraih gelar juara EPL empat tahun beruntun, dan saya akan mencobanya. Kemudian saya bisa melakukannya, lalu sekarang apa yang bisa saya lakukan?” ungkap Pep Guardiola dilansir dari laman Daily Mail.

“Untuk saat ini saya tidak mengetahui apa motivasi selanjutnya, karena jujur saja sulit untuk bisa menemukan hal seperti itu ketika semua sudah saya lakukan.” jelasnya.