google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Perbedaan AR dan VR, Sekilas Mirip Ternyata Tidak

perbedaan ar dan vr
Source : http://www.pixabay.com

Berbicara tentang realitas campuran, penyebutan istilah AR dan VR memang terdengar cukup serasi. Apakah keduanya benar-benar sama? Sebelum menyimpulkan, ada baiknya mengenali terlebih dahulu fungsi dari keduanya sekaligus perbedaan dari AR dan VR melalui artikel berikut ini.

Kedua teknologi tersebut ternyata memiliki perbedaan konsep yang mana masing-masing mempunyai karakteristik sendiri. Bahkan untuk bisa menikmati teknologi tersebut, kita pun harus mempergunakan desain perangkat yang tidak sama walaupun kadang kala implementasinya sama-sama menggunakan telepon pintar.

Sebagai contoh, teknologi AR dapat kita temukan pada game berjudul Pokémon Go yang bisa dikatakan sangat populer beberapa tahun silam. Sementara itu untuk teknologi VR sendiri, pengalaman dengannya dapat kita coba melalui Google Cardboard dengan cara menambahkan perangkat berupa kacamata khusus yang disambungkan ke perangkat handphone.

Apabila kamu adalah salah satu yang pernah mencoba kedua aplikasi di atas mungkin saja bisa merasakan sedikit perbedaan AR dan VR. Mulai dari cara berinteraksi, setelan konfigurasi perangkat, sampai dengan pengalaman realitas campuran yang ditawarkan kedua teknologi itu.

Akan tetapi jika belum pernah menjajalnya, kamu tidak perlu khawatir. Melalui artikel berikut akan kami menjelaskan beberapa perbedaan dari kedua teknologi tersebut secara sederhana dan mudah untuk dipahami.

Perbedaan Teknologi AR dan VR

1. Teknologi AR

Secara khusus, AR merupakan kependekan dari Augmented Reality atau dalam bahasa Indonesia berarti realitas tertambah. Sesuai dengan istilah yang menamakannya, teknologi ini memungkinkan penggunanya untuk menambahkan berbagai macam konten dan informasi digital ke dalam dunia nyata.

Nantinya pengguna akan dapat melihat seolah-olah obyek digital itu benar-benar ada bersama pengguna dan mengisi sebagian tempat kosong. Pada game Pokémon Go misalnya, beberapa monster akan bermunculan pada saat kita mengarahkan kamera smartphone ke titik tertentu.

Kemudian, interaksi dengan obyek-obyek digital itu juga bisa dilakukan seperti halnya pada benda fisik. Contohnya kita dapat memutari suatu objek untuk melihatnya dari berbagai sisi mulai dari depan, kanan, belakang, kiri, bahkan hingga bagian atas.

Tentu saja implementasi teknologi AR ini tidak hanya sekedar dalam wujud permainan atau game. Kita pun bisa menemukannya pada berbagai macam layanan seperti Google Lens, Live View di Google Maps, hingga efek kamera Instagram ataupun Snapchat.

2. Teknologi VR

Sementara di sisi lain, istilah VR mengacu kepada Virtual Reality atau dalam bahasa Indonesia disebut realitas virtual. Kita bisa memanfaatkannya untuk menciptakan ruang digital yang dapat dimasuki oleh siapa pun dengan menggunakan perangkat yang mendukungnya.

Dengan adanya teknologi realitas campuran ini, kita dapat masuk ke dunia baru dan kemudian merasakan bagaimana berinteraksi di dalamnya memberikan pengalaman secara nyata seperti misalnya mengunjungi tempat-tempat yang jauh tanpa harus melakukan perjalanan ke sana.

Untuk bisa memenuhi hal itu, teknologi ini karenanya membutuhkan perangkat khusus yang mampu menampilkan gambar tanpa terganggu oleh situasi di dunia luar. Bahkan, beberapa di antaranya sudah dilengkapi dengan sistem suara 3D dan juga sensor haptic sehingga dapat memanipulasi lingkungan dengan lebih baik.

Di sisi lain, kita dapat menggunakan teknologi ini untuk menciptakan pengalaman yang lebih imersif pada saat bermain game, edukasi yang menyenangkan dengan mengunjungi suatu tempat menarik secara virtual, hingga simulasi tindakan yang tampak nyata sebelum terjun ke pekerjaan sebenarnya.

Perbandingan Teknologi AR dan VR

AspekTeknologi AR Teknologi VR
KonsepMenambahkan obyek virtual ke dunia nyataMembawa obyek fisik (manusia) masuk ke dunia virtual
Pengalaman yang DitawarkanHanya sekedar menambah obyek ke dunia nyataBenar-benar menggantikan dunia nyata
PerangkatTidak memerlukan perlengkapan khusus untuk implementasi minimalHarus memakai perlengkapan khusus VR
Contoh PerangkatHandphone, Microsoft HoloLensHandphone + kacamata VR, PlayStation VR, Oculus Quest 2, HTC Vive Cosmos

Nah, itulah tadi penjelasan dan deskrispi singkat mengenai perbedaan AR dan VR yang merupakan teknologi populer pada smartphone beberapa tahun terakhir ini. Semoga setelah membaca artikel ini kamu dapat lebih mudah membedakan kedua teknologi tersebut dan tidak lagi salah di dalam menyimpulkan pengertian dari keduanya.