google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

POCO F3 vs Poco X3 Pro, Apa Bedanya?

perbedaan smartphone poco
Source : http://www.91mobiles.com

Meskipun tergolong baru di dunia ponsel pintar, tak bisa dipungkiri kehadiran POCO cukup banyak menarik perhatian pada pecinta gadget. Spesifikasi layaknya smartphone kelas atas yang dibanderol dengan harga ramah di kantong membuat merek smartphone satu ini dilirik banyak orang. Dari sejumlah seri yang dirilis, POCO F3 dan POCO X3 Pro tampil lebih. Apa sebenarnya perbedaan smartphone POCO F3 dan POCO X3 Pro ini?

Apabila disandingkan keduanya, POCO F3 bisa dinilai mempunyai spesifikasi hardware dan performa yang lebih cepat dibandingkan dengan POCO X3 Pro. Namun aspek apa saja itu? Simak penjelasannya berikut.

Dapur pacu POCO F3 dipercayakan kepada prosesor chipset Qualcomm Snapdragon 870 Octa-Core 3,2 GHz yang lebih cepat dibandingkan Snapdragon 860 Octa-Core 2,96 GHz. Di sisi lain, kedua handphone ini hadir dalam dua varian memori yang sama, namun memiliki harga yang berbeda.

POCO F3 mempunyai harga Rp 4.999.000 untuk varian RAM 6 GB + ROM 128 GB dan Rp 5.499.000 untuk RAM 8 GB + ROM 256 GB. Sementara POCO X3 Pro memiliki harga lebih murah yang mencapai Rp 3.499.000 untuk RAM 6 GB + ROM 128 GB dan Rp 3.999.000 untuk RAM 8 GB + ROM 256 GB.

Perbedaan harga ini terbilang cukup wajar mengingat performa yang dihadirkan oleh POCO F3 lebih bertenaga dibandingkan dengan POCO X3 Pro. Namun begitu, kedua handphone ini sama-sama mempunyai fitur Face Unlock ditambah dengan sensor fingerprint di bagian samping. Perbedaan smartphone POCO F3 dan X3 Pro akan dibahas lebih lanjut berikut ini.

Feature

POCO X3 Pro ditenagai oleh baterai 5.160mAh yang kapasitasnya lebih besar dibandingkan dengan POCO F3 yang hanya berkapasitas 4.520mAh. Sementara itu, keduanya sama-sama memiliki fitur 33W Fast Charging yang mampu mengisi daya baterai dengan cepat.

POCO F3 hadir dengan layar penuh Dynamic AMOLED 6,67 inci yang dapat menampilkan konten dengan lebih terang dan tajam dibandingkan layar penuh IPS LCD 6,67 inci milik POCO X3 Pro. Meski demikian, kedua handphone ini sama-sama menggunakan layar Full HD+ (2400 x 1080 piksel), refresh rate 120Hz, dan desain punch hole.

Selain itu, kedua produk ini pun sama-sama dilengkapi dengan kamera depan 20 MP yang disematkan pada bagian punch hole. Sementara itu, POCO F3 hadir dengan dukungan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48 MP, ultrawide 8 MP, dan makro 5 MP.

Berbeda dengan saudaranya, POCO X3 Pro membawa empat kamera belakang dengan dukungan kamera utama 48 MP, ultrawide, makro 2 MP, dan kamera depth 2 MP. Terlihat bahwa kamera utama dan ultrawide dari kedua handphone ini tidak terlalu jauh berbeda.

Bahkan POCO F3 dan POCO X3 Pro sama-sama mempunyai sensor NFC yang memudahkan kamu dalam transfer data, pengisian atau pengecekan e-money, maupun pembayaran digital. MIUI 12 berbasiskan Android 11 pun telah dihadirkan pada kedua handphone ini.

Hal lain yang juga menarik adakah, POCO F3 sudah mendukung jaringan 5G dan 4G-LTE sementara POCO X3 Pro hanya mendukung jaringan 4G-LTE saja. Secara keseluruhan, POCO F3 memang diyakini mempunyai performa dan fitur yang lebih bagus dibandingkan dengan POCO X3 Pro.

Akan tetapi, apabila kamu memiliki dana yang terbatas, maka POCO X3 Pro bisa menjadi pilihannya. Apalagi POCO X3 Pro merupakan salah satu handphone dengan chipset Qualcomm Snapdragon 860 di kisaran harga yang sangat terjangkau dibanding kompetitornya.