google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Peru Hajar Ekuador di Babak Kualifikasi Piala Dunia

Ekuador vs Peru
Peru curi kemenangan dari markas Ekuador di lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol.

cr photo: AS Peru

Hasil maksimal berhasil diamankan oleh Peru saat jalani laga tandang menghadapi Ekuador di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol. Bermain sebagai tim tamu, Peru memang mendapatkan tekanan yang cukup hebat dari sang tuan rumah. Apalagi di laga ini lawan mereka, yakni Ekuador memang sangat termotivasi meraih kemenangan demi menjaga posisi mereka di klasemen kualifikasi Piala Dunia Zona Conmebol. Walau demikian, ketenangan Peru berhasil membuat tuan rumah cukup frustasi. Di akhir pertandingan, Peru pada akhirnya sukses meraih kemenangan di laga ini dengan skor akhir tipis saja, yakni 1-2 atas Ekuador.

Dua gol penentu kemenangan skuad Peru di pertandingan ini masing masing dilesakkan oleh Christian Cueva dan Luis Advincula. Sedangkan satu satunya gol balasan Ekuador di laga ini lahir lewat lesakkan gol dari Gonzalo Plata. Dari statistik pertandingan terlihat, Ekuador jauh lebih dominan dalam urusan penguasaan bola. Ekuador unggul dengan presentase mencapai 69 persen berbanding 31 persen. Akan tetapi jumlah tembakan yang dilepas kedua kesebelasan tak berbeda jauh. Ekuador melesakkan 10 tembakan, sementara Peru hanya 9. Pada akhirnya efisiensi permainan lah yang sukses memberikan kemenangan pada Peru.

Hasil kemenangan ini memang sangat disayangkan masih membuat Peru berada di posisi dasar klasemen. Meski demikian, tambahan tiga poin membuat harapan muncul bagi Peru untuk terus merangsek masuk ke zona aman lolos ke putaran final Piala Dunia. Saat ini Peru sendiri mengoleksi 4 poin, hanya berjarak 4 poin saja ke zona aman. Di sisi lain, bagi Ekuador kekalahan ini masih menahan mereka di posisi 3 klasemen. Meraih 9 poin, Ekuador hanya kalah dari Brazil dan Argentina di posisi 1 serta 2.

Rangkuman Pertandingan

Laga seru terjadi ketika tuan rumah Ekuador menjamu Peru dalam lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol. Peru yang di babak kualifikasi belum sama sekali meraih kemenangan cukup termotivasi lain di laga ini. Sedangkan Ekuador yang di laga sebelumnya menelan kekalahan dari Brazil juga berusaha untuk kembali ke jalur kemenangan lewat laga ini. Alhasil sejak babak pertama dimulai, laga sudah berjalan ketat.

Ekuador berhasil mengambil alih penguasaan bola saat babak pertama memasuki pertengahan. Kondisi ini membuat Peru mau tak mau bermain sedikit bertahan dan hanya mengandalkan serangan balik. Beruntung, meski demikian memang Peru berhasil bertahan sangat baik menahan gempuran tuan rumah.

Sementara itu kubu Ekuador sendiri masih belum menyerah, di sepanjang babak pertama mereka memiliki sejumlah peluang. Salah satunya adalah dari aksi Michael Estrada, sayang usahanya masih gagal membongkar pertahanan Peru. Sampai dengan babak pertama selesai, skor tak berubah tetap imbang 0-0.

Babak Kedua

Setelah istirahat, Peru berhasil memberikan perlawanan yang lebih ketat kepada sang tuan rumah. Setelah terjadi gelombang serangan pada akhirnya Peru berhasil membuka skor di menit ke-63. Sebuah umpan dari Gianluca Lapadula berhasil diteruskan menjadi gol oleh Christian Cueva. Lesakkan Cueva ini sukses membuat Peru memimpin sementara dengan skor 0-1.

Kondisi semakin buruk bagi Ekuador karena alih alih menyamakan skor, gawang mereka malah kembali kebobolan di menit ke-89. Kali ini giliran Luis Advincula yang sukses mencatatkan namanya di papan skor usai memaksimalkan umpan Lapadula. Aksi winger cepat Peru ini sukses gandakan keunggulan timnya menjadi 0-2.

Usaha Ekuador sendiri baru berhasil berbuah gol di masa injury time babak kedua. Lesakkan gol Gonzalo Plata memaksimalkan umpan Michael Estrada berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2. Sayang gol ini tak mampu selamatkan Ekuador dari kekalahan. Laga ini berakhir dengan skor akhir 1-2 untuk kemenangan Peru.

Susunan Pemain Ekuador vs Peru

Ekuador (4-4-1-1): Alexander Dominguez, Pedro Perlaza, Robert Arboleda, Xavier Arreaga, Pervis Estupinan, Angel Mena, Jhegson Mendez, Moises Caicedo, Jose Carabali, Michael Estrada, Jordy Caicedo.

Peru (4-2-3-1): Pedro Gallese, Marcos Lopez, Luis Abram, Christian Ramos, Luis Advincula, Yoshimar Yotun, Renato Tapia, Christian Cueva, Sergio Pena, Andre Carillo, Gianluca Lapadula.