Piala Afrika: Afrika Selatan Menangi Duel Atas Maroko

Afrika Selatan vs Maroko
Afrika Selatan amankan spot di fase grup Piala Afrika usai menang melawan Maroko.

cr photo: Super Sport.

Kemenangan sukses dipetik oleh Timnas Afrika Selatan yang bertemu Timnas Maroko di matchday kelima kualifikasi Piala Afrika. Tampil sebagai tuan rumah, di laga ini Afrika Selatan mengincar kemenangan untuk bisa mengunci tiket ke putaran final Piala Afrika 2024. Laga pun berjalan menarik karena sedianya Maroko pun sama inginnya meraih kemenangan, jadi duel berjalan sangat ketat antara kedua kesebelasan. Kerja keras yang ditampilkan Afrika Selatan akhirnya memberikan mereka kemenangan dengan skor akhir 2-1.

Dua gol berhasil dilesakkan oleh Timnas Afrika Selatan yang sekaligus menentukan kemenangan mereka atas sang tamu di pertandingan kali ini. Di mana kedua gol tersebut dilesakkan oleh, Zakhele Lepasa dan juga own goal salah satu punggawa Maroko, yaitu Munir Mohamed. Sementara satu satunya gol balasan yang dilesakkan oleh Maroko sendiri di duel ini lahir melalui aksi dari Hakim Ziyech. Bermain lebih solid dalam menyerang dan bertahan membuat Afrika Selatan memang layak memenangkan laga ini.

Dengan hasil kemenangan ini Afrika Selatan sukses mengunci tiga poin penuh yang membuat mereka naik memuncaki klasemen sementara Grup K kualifikasi Piala Afrika edisi 2024. Afrika Selatan sukses mengunci satu spot di fase grup Piala Afrika usai poin mereka tak bisa lagi dikejar Liberia yang tertinggal cukup jauh di posisi 3. Total poin Afrika Selatan adalah 7 poin dari 4 laga dengan rincian, 2 kali menang, 1 kali seri, dan 1 kali kalah. Sedangkan bagi Maroko, meski kalah mereka juga tetap lolos karena duduk di posisi 2 dengan koleksi 6 poin dari 3 kali berlaga.

Rangkuman Pertandingan

Laga seru pertemukan skuad Afrika Selatan yang menjamu Maroko di pertandingan kualifikasi matchday keempat kualifikasi Piala Afrika 2024 Grup K. Grup ini memiliki hanya memiliki empat matchday saja karena Zimbabwe batal ikut serta, alhasil kini dengan satu kali kemenangan saja, Afrika Selatan akan otomatis lolos ke putaran final Piala Afrika. Tak heran jika sejak awal Afrika Selatan langsung bermain agresif.

Baru berjalan lima menit, sebuah serangan Afrika Selatan sukses menghasilkan gol pembuka. Kesalahan salah satu pemain Maroko, yaitu Munir Mohamed yang lakukan own goal membuat tuan rumah akhirnya mampu memimpin lebih dulu dengan skor 1-0. Kedudukan ini sukses dipertahankan pasukan Bafana Bafana sampai dengan jalannya laga babak pertama ini berakhir.

Babak Kedua

Sesudah turun minum, skuad Afrika Selatan yang sudah memimpin lebih dulu bermain lebih percaya diri di babak kedua ini. Keunggulan akhirnya sukses ditambah oleh Afrika Selatan dengan melesakkan gol di menit ke-48. Zakhele Lepasa berhasil memaksimalkan kans yang ia dapat untuk menggandakan keunggulan Afrika Selatan menjadi 2-0.

Tertinggal dua gol, Maroko berusaha keras untuk bisa mengejar ketertinggalan. Upaya Maroko melesakkan gol balasan akhirnya berbuah manis di menit ke-60. Hakim Ziyech melesakkan gol cantik untuk akhirnya bisa menipiskan ketertinggalan timnya menjadi 2-1.

Sayang bagi Maroko, sampai babak kedua selesai mereka gagal melesakkan gol penyama kedudukan. Laga ini pun selesai dengan skor akhir 2-1 untuk kemenangan tuan rumah Afrika Selatan.

Susunan Pemain Afrika Selatan vs Maroko

Afrika Selatan (4-2-3-1): Ronwen Williams, Thapelo Morena, Siyanda Xulu, Mothobi Mvala, Innocent Maela, Teboho Mokoena, Bathusi Aubass, Percy Tau, Themba Zwane, Mihlali Mayambela, Zakhele Lepasa.

Maroko (4-1-4-1): Munir Mohamedi, Noussair Mazraoui, Romain Saiss, Nayef Aguerd, Achraf Hakimi, Imran Louza, Oussama Idrissi, Youssef Maleh, Hakim Ziyech, Zakaria Aboukhlal, Youssef En-Nesyri.