Piala Afrika: Aljazair Libas Tuan Rumah Tanzania

Tanzania vs Aljazair
Aljazair berhasil petik poin penuh saat tandang di markas Tanzania.

cr photo: CAF Online.

Raihan maksimal sukses diamankan Timnas Aljazair ketika menghadapi tuan rumah Timnas Tanzania di kualifikasi Piala Afrika. Sebagai tim tamu, Aljazair sama sekali tidak merasa gentar menghadapi tuan rumah, bahkan mereka tetap bisa mendominasi laga dan diunggulkan untuk bisa memenangkan laga. Tampil mendominasi, Aljazair ternyata tetap mendapatkan perlawanan dari tuan rumah. Namun pasuka Rubah Gurun masih bisa mengakhiri pertandingan ini dengan kemenangan meyakinkan, yaitu 0-2.

Gol gol yang tercipta pada pertandingan ini dan sekaligus yang menjadi penentu kemenangan Aljazair masing masing lahir melalui aksi Ramy Bensebaini dan juga Mohamed El Amine Amoura. Sejatinya, Tanzania sepanjang laga cukup memberikan perlawanan, mereka membuat lawannya hanya dapatkan penguasaan bola sebesar 53 persen saja. Bahkan Tanzania lebih unggul dalam urusan jumlah tembakan yang dibuat. Akan tetapi Aljazair menunjukkan kelasnya dengan tampil sangat efektif dan efisien untuk meraih kemenangan.

Berkat hasil maksimal ini, Timnas Aljazair mendulang tiga poin yang membuat mereka ke posisi puncak klasemen sementara Grup F kualifikasi Piala Afrika. Aljazair untuk sementara ini unggul 4 poin dari Timnas Niger yang ada di posisi 2 klasemen. Sejauh ini Timnas Aljazair sudah meraoh 6 poin, berkat hasil dua kali menang, dari dua kali bermain. Sementara bagi Timnas Tanzania, mereka tertahan di posisi 3 klasemen usai kekalahan ini. Tanzania baru mendapat 1 poin saja hasil dari dua kali bermain.

Rangkuman Pertandingan

Kesebelasan Timnas Aljazair menjalani laga tandang melawan Timnas Tanzania pada matchday kedua kualifikasi Piala Afrika 2023. Sebagai salah satu tim unggulan dan langganan juara, Aljazair jelas tetap diunggulkan menang meskipun bermain bukan di hadapan publiknya sendiri. Sejak pertandingan dimulai, Aljazair sudah langsung berusaha mengambil kendali jalannya pertandingan.

Sepanjang babak pertama Aljazair sempat alami kebuntuan dan kesulitan sebelum akhirnya mereka memecahkan kebuntuan di masa injury time babak pertama. Ramy Bensebaini yang naik lakukan overlap sukses memanfaatkan kelengahan bek bek lawan untuk melesakkan gol yang bawa timnya sementara unggul 0-1. Kedudukan ini sama sekali tak berubah sampai dengan babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Pasca turun minum, Aljazair yang sudah berusaha unggul berusaha untuk bermain lebih tenang demi bisa melesakkan gol tambahan. Akan tetapi yang terjadi ternyata Tanzania di babak kedua ini bermain lebih menekan demi bisa mengejar ketertinggalan mereka di babak pertama.

Saling serangpun terjadi antara kedua kesebelasan di babak kedua ini. Tanzania sebenarnya memiliki banyak kans melesakkan gol balasan, tapi usaha mereka pada akhirnya selalu gagal untuk bisa melesakkan gol karena buruknya penyelesaian akhir ditambah dengan kuatnya lini belakang Aljazair.

Sedangkan bagi skuad Aljazair, meski sulit mereka tetap bisa menambah satu gol lagi saat babak kedua masuk menit akhir, atau menit ke-88. Mohamed Amoura yang lepas dari kawalan bek bek lawan dengan sangat baik menceploskan bola ke gawang tuan rumah untuk membuat Aljazair unggul 0-2. Kedudukan ini gagal diubah tuan rumah karena sampai laga selesai mereka gagal mengejar. Kemenangan jadi milik Aljazair dengan skor akhir 0-2.

Susunan Pemain Tanzania vs Aljazair

Tanzania (4-2-3-1): Aishi Manula, Ally Kibwana Shomari, Dickson Job, Bakari Nondo, Mohamed Hussein Mohamed, Mzamiru Yassin Salemba, Novatus Dismas, Simon Msuva, Feisal Salum, Nickson Kibabage, Mbwana Samatta.

Aljazair (4-1-4-1): Raiss M’Bolhi, Ramy Bensebaini, Abdelkader Bedrane, Aissa Mandi, Houcine Benayada, Ramiz Zerrouki, Youcef Belaili, Ismail Bennacer, Sofiane Bendebka, Adam Ounas, Islam Slimani.