Piala Afrika: Ghana Ditahan Imbang Afrika Tengah

Afrika Tengah vs Ghana
Ghana gagal menang saat ditahan Afrika Tengah pada kualifikasi Piala Afrika.

cr photo: Sports World Ghana.

Raihan kurang maksimal didapat Timnas Ghana saat tandang melawan Timnas Afrika Tengah di matchday kedua kualifikasi Piala Afrika. Ghana sebagai salah satu tim kuat di kawasan Afrika lebih diunggulkan memenangkan pertandingan ini meskipun mereka bermain sebagai tim tamu. Sepanjang laga kemudian memang The Black Star jauh lebih mendominasi. Sayangnya masalah di lini depan membuat mereka kesulitan. Ghana pun mesti puas hanya bisa bermain imbang dengan skor akhir 1-1.

Satu satunya gol yang berhasil dilesakkan Timnas Ghana pada pertandingan kali ini lahir melalui aksi Mohammed Kudus. Sedangkan gol balasan yang selamatkan Afrika Tengah dari kekalahan lahir melalui aksi Karl Namnganda. Di laga ini Ghana sejatinya begitu dominan dengan membuat penguasaan bola sebesar 72 persen berbanding 28 persen. Akan tetapi jumlah tembakan yang mereka lepas hanya 8 dengan 1 yang on target. Kurang efektifnya permainan mereka membuat kemenangan gagal dibungkus oleh Andre Ayew cs.

Hasil seri ini hanya memberikan Ghana tambahan satu poin, yang untungnya tetap membuat mereka ada di puncak klasemen Grup E kualifikasi Piala Afrika. Ghana masih unggul selisih gol dari Angola dengan raihan poin sama. Skuad The Black Star sejauh ini sudah meraih 4 poin dari 2 kali bermain dengan hasil, 1 kali menang, dan 1 kali seri. Sedangkan bagi Afrika Tengah, mereka kini menempati posisi 3 klasemen. Republik Afrika Tengah baru mendulang 1 poin dari 2 laga, dengan rincian, 1 kali kalah, dan 1 kali seri.

Rangkuman Pertandingan

Tuan rumah Timnas Republik Afrika Tengah menghadapi lawan kuat, yaitu Timnas Ghana di matchday 2 kualifikasi Piala Afrika 2023 Grup E. Meski bermain di markas lawan, Ghana tetap diunggulkan menang karena memiliki kualitas yang skuad yang lebih baik. Akan tetapi sejak menit awal, Afrika Tengah juga sudah langsung berupaya memberikan perlawanan yang merepotkan.

Ghana catatkan start apik dengan melesakkan gol lebih dulu di menit ke-17 babak pertama. Mohammed Kudus yang berdiri tak terkawal dengan baik berhasil melesakkan sebuah gol cantik. Aksi punggawa FC Porto ini berhasil membuat Timnas Ghana sementara ini unggul dengan skor 0-1.

Setelah unggul, Ghana menaikan tensi permainan demi bisa menambah gol. Akan tetapi karena lengah, bukannya menambah gol, mereka malah kebobolan. Pada menit ke-41, Karl Namnganda lepas dari kawalan bek bek lawan sehingga bisa dengan mudah menceploskan bola ke gawang Ghana. Namnganda berhasil membuat kedudukan menjadi imbang 1-1 dan bertahan sampai turun minum.

Babak Kedua

Pasca rehat, kedudukan imbang membuat Ghana tidak nyaman. Mereka langsung melakukan tekanan secara intensif ke pertahanan Afrika Tengah. Sayangnya sang tuan rumah disini menurunkan blok pertahanannya cukup dalam sehingga Ghana sangat kesulitan. Meski menguasai penguasaan bola, tetapi mereka benar benar tak bisa ciptakan banyak peluang mencetak gol.

Timnas Ghana hanya mendapatkan satu sampai dua peluang saja karena rapatnya barisan belakang tuan rumah. Di babak kedua ini sama sekali tak ada tambahan gol, sehingga skor imbang 1-1 jadi hasil akhir pertandingan ini.

Susunan Pemain Afrika Tengah vs Ghana

Afrika Tengah (4-2-3-1): Epandi, Flory Yanago, Peter Guinari, Sadock Ndobe, Thibault Ban, Brad Pirioua, Jacob Youmbi, Yassan Ouatching, Samuel Nlend, Karl Namnganda, Cesar Lobi Manzoki.

Ghana (4-2-3-1): Lawrence Ati-Zigi, Gideon Mensah, Jonathan Mensah, Daniel Amartey, Andre Yiadom, Daniel-Kofi Kyereh, Edmund Addo, Joseph Paintsil, Mohammed Kudus, Osman Bukari, Felix Afena-Gyan.