Piala Afrika: Libya Menang Tipis atas Botswana

Libya vs Botswana
Libya menang tipis melawan Botswana di kualifikasi Piala Afrika.

cr photo: Times24 TV.

Raihan positif berhasil diamankan oleh skuad Timnas Libya saat bersua Botswana di matchday pertama kualifikasi Piala Afrika Grup J. Bermain di markas sendiri, Libya mengincar kemenangan untuk amankan tiga poin pertama dan mendapatkan start yang bagus. Namun memang sepanjang laga berjalan, Botswana menampilkan permainan yang cukup alot. Kerja keras perlu dilakukan pasukan Libya sampai dengan menit akhir untuk akhirnya memenangkan duel dengan skor tipis saja, yaitu 1-0.

Gol satu satunya yang berhasil disarangkan skuad Timnas Libya dan sekaligus menjadi penentu kemenangan mereka pada pertandingan ini lahir dari aksi Saleh Ali Taher. Dari catatan statistik, terlihat memang mereka begitu dominan, Libya benar benar memanfaatkan dukungan supporter yang datang. Mereka juga unggul dalam jumlah tembakan ke gawang. Dengan statistik ini, maka memang sangat layak apabila pada akhirnya Timnas Libya berhasil menekuk Botswana di pertandingan ketat ini.

Berkat kemenangan ini, Libya berhasil memulai babak kualifikasi Piala Afrika dengan start yang bagus. Tiga poin sukses mereka amankan dan untuk sementara Libya masih memuncaki klasemen. Poin mereka 3 buah dari kemenangan tipis di laga ini, unggul dari Tunisi dan Guinea Khatulistiwa yang baru akan bermain nanti malam. Sementara bagi Botswana, kekalahan ini membuat mereka duduk di dasar klasemen Grup J. Botswana belum bisa mendulang poin usai tumbang di pertandingan perdana.

Rangkuman Pertandingan

Duel menarik memghadirkan laga antara Timnas Libya melawan Timnas Botswana di kualifikasi Piala Afrika 2023 Grup J. Pertandingan ini digelar di markas Libya dengan para supporter yang memadati Martyrs Of February Stadium. Mendapat dukungan dari publiknya sendiri, Libya lantas bermain menekan karena target mereka sudah jelas, yaitu kemenangan dan tiga poin.

Akan tetapi sepanjang babak pertama berjalan, Libya yang bermain terbuka cukup kesulitan untuk bisa membongkar pertahanan Botswana yang sangat rapat. Sesekali mereka mendapat satu dua peluang terbuka, namun penyelesaian akhirnya kurang tenang. Babak pertama pun sama sekali tak diwarnai satupun gol dari kedua kesebelasan. Alhasil duel di babak pertama ini berkesudahan dengan skor imbang 0-0.

Babak Kedua

Selepas rehat, pertandingan berjalan lebih menarik karena di luar dugaan Botswana mampu bermain lebih agresif. Bahkan beberapa kali tim tamu berhasil mendapatkan peluang peluang bersih, beruntung bagi Libya, sang tamu pun sama tumpulnya di depan.

Usaha keras Libya untuk bisa melesakkan gol pembuka akhirnya berbuah manis di menit ke-53 babak kedua. Sebuah sepakan yang dilepaskan Saleh Ali Taher gagal dibendung oleh kiper lawan. Bola melesakk masuk dan membuat sementara Timnas Libya unggul dengan skor 1-0.

Berhasil membuka keunggulan membuat Libya bermain kian terbuka dan lepas. Sayang sekali meski terus menerus menyerang, tak ada satupun gol tambahan yang mereka lesakkan. Sementara Botswana sendiri juga tak mampu membalas gol tersebut. Kedudukan pun tak berubah karena kedua tim sama sama tak mampu melesakkan gol tambahan, dan alhasil kemenangan jadi milik tuan rumah Libya dengan skor akhir 1-0.

Susunan Pemain Libya vs Botswana

Libya (3-4-3): Muad Allafi, Salah Fakroun, Ahmed El Trbi, Sanad Al-Warfali, Mohamed, Hamdou Elhouni, Mohamed El Monir, Mohammed Alhaddaj Touhami, Mohamed Salih Ali, Saleh Al Taher, Omar Al-Khouja.

Botswana (4-3-3): Goitseone Phoko, Mothusi Johnson, Thatayaone Ditlhokwe, Moseh Gaolaolwe, Thato Kebue, Mothusi Cooper, Norman Gofaone Mabaya, Lebogang Ditsele, Kabelo Seakanyeng, Tumisang Orebonye, Thabang Sesinyi.