Piala Afrika: Malawi Menang Tipis Menghadapi Ethiopia

Malawi vs Ethiopia
Dua penalti Gabadinho Mhango berhasil pimpin Malawi menang atas Ethiopia di kualifikasi Piala Afrika.

cr photo: Official Twitter FA Malawi.

Raihan sangat positif berhasil didapat oleh Timnas Malawi ketika menjamu Timnas Ethiopia dalam lanjutan kualifikasi Piala Afrika. Malawi pada laga ini bertindak sebagai tuan rumah, sehingga sudah jelas kemenangan adalah target utama mereka pada pertandingan kali ini. Akan tetapi sepanjang laga mereka memang sempat dibuat kewalahan oleh perlawanan ketat Ethiopia. Sampai akhirnya berkat kerja keras, Malawi pada akhirnya mampu memenangkan laga seru ini dengan skor akhir tipis saja, yaitu 2-1.

Dua gol penalti Gabadinho Mhango berhasil membuat Malawi memenangkan laga ini. Meski hany cetak gol dari penalti, namun Mhango tetap menjadi man of the match, karena permainannya yang menonjol sepanjang laga. Sedangkan satu gol balasan Ethiopia sendiri dicetak oleh salah satu pemainnya yang bernama, Abubeker Nassir. Laga berjalan cukup unik, karena sedianya Ethiopia unggul jauh dalam hal penguasaan bola. Namun Malawi bisa mengimbangi dari segi peluang. Tak heran meski ditekan, Malawi tetap bisa menang.

Atas kemenangan ini, Malawi berhak meraih tambahan tiga poin yang membawa mereka memuncaki klasemen sementara Grup D kualifikasi Piala Afrika. Malawi bahkan saat ini ada di atas Mesir yang duduk di posisi 2, dengan keunggulan selisih gol saja. Saat ini Malawi memiliki poin 3, hasil dari kemenangan di matchday perdana ini. Sedangkan bagi Ethiopia, mereka harus rela duduk di posisi 3 klasemen. Ethiopia belum meraih poin karena menderita kekalahan di laga ini.

Rangkuman Pertandingan

Tuan rumah Timnas Malawi menjalani laga kandang dengan menjamu Timnas Ethiopia di matchday perdana kualifikasi Piala Afrika 2023 Grup D. Malawi berusaha mendulang poin penuh untuk mengawali kiprah mereka di babak kualifikasi ini dengan hasil positif. Maka tidak mengerankan walaupun tim tamu tampil agresif, Malawi tetap bisa melepaskan ancaman berbahaya.

Baru sepuluh menit berjalan, tekanan Malawi sudah memaksa pemain Ethiopia melakuka pelanggaran di area terlarang. Wasit lantas memberikan tendangan penalti kepada sang tuan rumah. Gabadinho Mhango yang jadi eksekutor sukses melesakkan gol lewat titik putih untuk membawa Malawi kini unggul 1-0.

Seolah tidak belajar dari kesalahan, pada menit ke-34 Ethiopia kembali melakukan pelanggaran di area terlarang mereka sendiri. Wasit kemudian memberikan penalti kedua untuk Malawi. Mhango yang juga kembali jadi penendang berhasil melesakkan gol untuk membawa Timnas Malawi unggul 2-0. Kedudukan ini tak berubah sampai dengan babak pertama usai.

Babak Kedua

Ketika memasuki laga babak kedua, Ethiopia yang tertinggal hingga dua gol berusaha keras membalasnya. Mereka tampil terbuka mengambil risiko demi bisa melesakkan dua gol untuk menyamakan skor. Hasilnya, sepanjang pertandingan babak kedua ini Ethiopia jauh lebih sering melancarkan serangan untuk melesakkan gol.

Kerja keras Ethiopia tak sia sia karena akhirnya kini giliran mereka yang dapatkan penalti pada menit ke-68. Kali ini Abubeker Nassir dari Ethiopia berhasil melesakkan gol lewat titik putih untuk menipiskan ketertinggalan mereka menjadi 2-1. Sayang sekali di sisa waktu laga babak kedua, usaha Ethiopia tak pernah berhasil untuk mengejar defisit satu gol. Laga pun selesai dengan skor 2-1 untuk kemenangan Malawi.

Susunan Pemain Malawi vs Ethiopia

Malawi (4-3-3): Charles Thomu, Stanley Sanudi, Lawrence Chaziya, Denis Chembezi, Gomezgani Chirwa, Gerlad Phiri Junior, Peter Banda, Chimwemwe Idana, Khuda Muyaba, Stain Davie, Gabadinho Mhango.

Ethiopia (4-1-4-1): Fasel Gerbremichael, Ramadan Yusef, Yared Bayeh Belay, Mignot Debebe, Asrat Tunjo, Amanuel Yohannes, Dawa Hotessa Dukele, Mohammed Mussa, Surafel Dagnachew, Amanuel Gebremichael, Abubeker Nassir.