Piala Afrika: Mesir Susah Payah Taklukan Guinea

Mesir vs Guinea
Lewat pertarungan sengit, Mesir menang tipis atas Guinea di kualifikasi Piala Afrika.

cr photo: Flash Sport.

Hasil cukup positif berhasil dipetik oleh Timnas Mesir saat berhadapan dengan Timnas Guinea pada laga kualifikasi Piala Afrika. Pada pertandingan ini Mesir merupakan tuan rumah dan cukup diunggulkan untuk bisa mengamankan kemenangan. Akan tetapi sepanjang laga berjalan, ternyata runner-up Piala Afrika edisi terakhir ini mendapat perlawanan dari skuad Guinea. Lewat kerja keras sampai detik akhir, Mesir akhirnya masih mampu mengamankan kemenangan dengan skor akhir 1-0.

Gol tunggal yang berhasil dicetak oleh Timnas Mesir dan sekaligus menjadi penentu kemenangan mereka pada pertandingan kali ini tercipta melalui aksi Mostafa Mohamed. Bertindak sebagai tuan rumah, Mesir memang mendominasi jalannya laga ini. Mereka unggul penguasaan bola sebesar 63 persen bebanding 37. Mesir juga unggul jumlah tembakan, 10 berbanding 8. Keberhasilan Mesir unggul di semua aspek permainan di laga ini membuat mereka memang layak mengamankan kemenangan atas Guinea.

Raihan ini memberikan Timnas Mesir tambahan tiga poin, tapi sayangnya mereka harus duduk di posisi 2 klasemen sementara Grup D kualifikasi Piala Afrika. Mesir harus rela duduk di bawah Malawi yang di pertandingan lain berhasil menang melawan Ethiopia. Koleksi poin milik Mesir saat ini 3, sama dengan Malawi di puncak klasemen, namun Malawi unggul selisih gol. Sedangkan bagi Guinea, kekalahan ini membuat mereka otomatis duduk di dasar klasemen dengan raihan poin yang masih 0.

Rangkuman Pertandingan

Sebuah laga menarik hadirkan duel antara Timnas Mesir menghadapi Timnas Guinea pada matchday 1 Grup D kualifikasi Piala Afrika 2023. Bermain sebagai tuan rumah membuat Mesir menargetkan kemenangan demi mendapatkan tiga poin penuh. Alhasil Mohamed Salah dan kawan kawan sejak wasit memulai laga langsung tancap gas bermain menyerang.

Jalannya pertandingan babak pertama ini cukup alot. Guinea ternyata tak berpasrah begitu saja dengan tampil bertahan. Mereka berani bermain keluar meskipun secara penguasaan bola Guinea tak mampu lebih dominan dari sang tuan rumah. Baik Mesir maupun Guinea pun akhirnya sama sama tak mampu lesakkan gol di babak pertama ini. Kedudukan pun tetap imbang 0-0 sampai dengan turun minum.

Babak Kedua

Sesaat setelah istirahat seleai, Mesir langsung tancap gas kembali di menit menit awal dengan bermain menekan. Pada babak kedua ini skuad berjuluk El Pharaoh ini bermain lebih menekan dan intensitas serangan mereka pun jauh lebih tinggi ketimbang babak pertama.

Kondisi tersebut membuat Mesir memiliki lebih banyak peluang untuk bisa melesakkan gol. Salah satu kans terbaik datang dari aksi Mohamed Salah yang lepas dari kawalan bek bek Guinea. Sangat disayangkan super star asal Liverpool itu masih belum mampu melahirkan gol. Guinea sendiri di babak kedua masih konsisten bermain agresif dan tak ragu menekan balik tuan rumah.

Gelombang serangan Mesir pada pertandingan ini akhirnya berbuah gol saat babak kedua memasuki menit ke-87. Mostafa Mohamed berhasil memaksimalkan kans yang ia dapatkan untuk mencetak gol dan sekaligus membawa Mesir kini unggul 1-0. Kedudukan ini tak berubah sampai laga selesai, untuk kemenangan Mesir dengan skor 1-0.

Susunan Pemain Mesir vs Guinea

Mesir (4-3-3): Mohamed Abou Gabal, Omar Gaber, Mohamed Ibrahim, Mahmoud Hamdy, Ayman Ashraf, Emam Ashour, Hamdi Fathi, Amr Al Sulaya, Mohamed Salah, Omar Marmoush, Ahmed Sayed Zizo.

Guinea (4-2-3-1): Ibrahim Kone, Issiaga Sylla, Mouctar Diakhaby, Saidou Sow, Antoine Conte, Naby Keita, Amadou Diawara, Aguibou Camara, Ilaix Moriba, Thierno Barry, Sehrou Guirassy.