Piala Afrika: Mesir Tundukkan Tuan Rumah Guinea

Guinea vs Mesir
Mesir kalahkan Guinea di matchday kelima Grup D kualifikasi Piala Afrika.

cr photo: Eurosport.

Hasil positif sukses didapat Timnas Mesir ketika mereka bertemu Timnas Guinea dalam matchday kelima kualifikasi Piala Afrika Grup D. Bermain di markas tim lawan, Mesir tetap diunggulkan karena memiliki kualitas skuad serta permainan yang dianggap lebih baik. Akan tetapi sebagai tuan rumah, Guinea berhasil memberikan perlawanan yang cukup menyulitkan karena mereka sendiri juga inginkan hasil kemenangan. Butuh kerja keras bagi Mesir untuk akhirnya sukses mengunci kemenangan dengan skor akhir 1-2.

Skuad tim tamu Mesir sukses melesakkan hingga dua gol yang sekaligus menentukan kemenangan mereka di laga ini atas sang tuan rumah. Kedua gol tersebut masing masing lahir melalui aksi dari Mahmoud Hassan Trezeguet dan juga Mostafa Mohamed. Sedangkan satu satunya gol balasan pasukan Guinea di pertandingan ini yang sayangnya gagal menyelamatkan mereka dari kekalahan lahir melalui aksi Sehrou Guirassy. Mesir memang layak menang karena unggul di semua aspek permainan atas sang tuan rumah.

Berkat kemenangan ini, pasukan Mesir sukses mendapatkan tambahan tiga poin penuh yang membawa mereka kokoh di puncak klasemen Grup D kualifikasi Piala Afrika. Skuad berjuluk El Pharaoh ini masih memimpin klasemen Grup D unggul tiga poin dari Guinea yang menguntit di bawah mereka. Total sejauh ini Mesir sudah mengemas 12 poin dari 5 laga dengan rincian, 4 kali menang, dan 1 kali kalah. Sedangkan untuk Guinea, meski kalah mereka tetap di posisi 2 dengan 9 poin dari 5 laga dan masih miliki kans lolos ke putaran final Piala Afrika 2023.

Rangkuman Pertandingan

Sebuah laga seru hadirkan duel antara skuad Timnas Guinea yang menjamu Mesir di matchday kelima Grup D kualifikasi Piala Afrika 2023. Mesir meskipun memainkan laga ini sebagai tim tamu, mereka tetap diunggulkan untuk bisa meraih kemenangan. Dengan keunggulan komposisi pemain yang dimiliki, sejak menit laga mereka sudah langsung memegang kendali jalannya pertandingan.

Akan tetapi Guinea yang tampil apik di laga ini sukses meredam agresifitas Mesir, bahkan mereka sukses melesakkan gol lebih dulu. Pada menit ke-26, Sehrou Guirassy sukses melesakkan gol cantik usai tak terkawal oleh bek bek lawan. Bomber asal klub Stuttgart tersebut sukses membawa Guinea memimpin sementara dengan skor 1-0.

Sayangnya keunggulan Guinea ini tak mampu mereka pertahankan sampai dengan babak pertama usai. Di menit ke-42 Mesir sukses melesakkan gol balasan, usai tendangan keras Mahmoud Trezeguet gagal ditahan kiper lawan. Kini kedudukan menjadi imbang 1-1 dan bertahan sampai turun minum.

Babak Kedua

Selepas turun minum, duel berjalan lebih menarik karena skor imbang membut Guinea termotivasi untuk bisa mencuri gol kemenangan. Namun setela saling serang, gol justru dilesakkan lebih dulu oleh Mesir di babak kedua ini, tepatnya di menit ke-79. Kali ini gol dilesakkan oleh seorang Mustofa Mohamed yang membuat pasukan tim tamu kembali memimpin kini dengan skor 1-2.

Pada waktu babak kedua yang tersisa, Guinea kesulitan melesakkan gol balasan. Alhasil skor tak berubah sampai duel selesai tetap 1-2 untuk kemenangan Mesir.

Susunan Pemain Guinea vs Mesir

Guinea (4-2-3-1): Ibrahim Kone, Antoine Conte, Saidou Sow, Mouctar Diakhaby, Issiaga Sylla, Amadou Diawara, Illaix Moriba, Morgan Guillavogui, Naby Keita, Francois Kamano, Sehrou Guirassy.

Mesir (4-3-3): Ahmed El Shenawy, Hamdy Sharaf, Mohmed Abdelmonem, Ali Gabr, Mohamed Hany, Mahmoud Hamada, Marwan Attia, Ahmed Sayed, Omar Marmoush, Mostafa Mohamed, Mohamed Salah.