Piala Afrika: Senegal Kerja Keras Kalahkan Rwanda

Rwanda vs Senegal
Senegal berhasil susah payah atas Rwanda di lanjutan ajang kualifikasi Piala Afrika.

cr photo: Senegal Detail Zero.

Pertandingan berat harus dijalani oleh Timnas Rwanda ketika menjamu Timnas Senegal di matchday kedua babak kualifikasi Piala Afrika. Menjamu juara bertahan, Rwanda tetap berusaha untuk memberikan penampilan maksimal demi meraih hasil yang positif. Sepanjang laga berjalan, Rwanda memang berhasil memberikan perlawanan yang cukup alot dan menyulitkan. Akan tetapi usaha keras mereka masih belum mampu menghadang Senegal yang mengamankan kemenangan dengan skor akhir 0-1.

Gol satu satunya yang berhasil dilesakkan oleh Senegal dan sekaligus menjadi penentu kemenangan mereka pada pertandingan lahir lewat eksekusi penalti Sadio Mane. Dilihat dari catatan statistik, Senegal menang segalanya atas sang tuan rumah. Bahkan Senegal berhasil membuat Rwanda hanya cetak 3 shot yang semuanya off target. Dengan segala keunggulan mereka Senegal memang sangat layak meraih kemenangan pada pertandingan yang cukup melelahkan ini.

Hasil maksimal ini memberikan tambahan tiga poin bagi Timnas Senegal yang membawa mereka kokoh di puncak klasemen sementara Grup L kualifikasi Piala Afrika. Senegal memimpi klasemen dengan unggul 5 poin dari Rwanda di posisi 2 klasemen. Sejauh ini Senegal meraih 6 poin hasil dari 2 kali menang pada dua laga beruntun. Sedangkan bagi Timnas Rwanda, mereka masih tertahan di posisi 2 klasemen. Rwanda baru meraih satu poin, unggul selisih gol dari Mozambik di posisi 3 klasemen.

Rangkuman Pertandingan

Partai seru menghadirkan duel antara Timnas Senegal yang bersua Timnas Rwanda pada lanjutan laga kualifikasi Piala Afrika 2023. Rwanda yang bermain sebagai tua rumah tak bisa leluasa karena lawan mereka bisa disebut unggul segalanya. Alhasil sejak awal pertandingan, Senegal memang langsung mengurung tim tuan rumah dengan permainan agresif dan terbuka mereka.

Babak pertama berjalan alot, Senegal yang bermain begitu agresif bertemu lawannya yang tampil sangat bertahan. Tak banyak pilihan memang bagi Timnas Rwanda untuk bisa menjalani laga ini dan memberikan perlawanan. Meski demikian, bermain dengan blok pertahanan rendah sukses membuat mereka bertahan dari gempuran tim lawan. Babak pertama pun pada akhirnya selesai dengan skor imbang 0-0.

Babak Kedua

Ketika memasuki jalannya laga babak kedua, Senegal masih berusaha untuk menjebol pertahanan rapat tim tuan rumah. Beberapa pergantian pemain dilakukan untuk merefresh skuad The Teranga Lion. Intensitas serangan yang ditunjukkan oleh skuad Senegal pun lebih tinggi di babak kedua ini.

Senegal yang mengandalkan Sadio Mane di lini depan beberapa kali mendapatkan kesempatan mencetak gol. Salah satunya yang terbaik melalui aksi Sadio Mane sendiri. Sayangnya bintang Liverpool tersebut masih belum berhasil untuk bisa memecahkan kebuntuan pada pertandingan ini.

Kerja keras tak kenal menyerah Senegal pun berbuah manis ketika di penghujung babak kedua, tepatnya di masa injury time, pemain Rwanda melakukan pelanggaran di area terlarang. Wasit lantas memberi tendangan penalti pada Senegal. Kesempatan ini tidak disia siakan Sadio Mane untuk melesakkan gol sekaligus membawa timnya kini unggul dengan skor 0-1. Kedudukan ini tak berubah sampai laga selesai untuk kemenangan Timnas Senegal.

Susunan Pemain Rwanda vs Senegal

Rwanda (3-5-2): Olivier Kwizera, Ange Mutsinzi, Salomoin Nirisarike, Thierry Manzi, Ali Serumogo, Kevin Muhire, Djihad Bizimana, York Rafael, Emmanuel Imanishimwe, Meddie Kagere, Jean Bosco Ruboneka.

Senegal (4-3-3): Edouard Mendy, Fode Ballo-Toure, Abdou Diallo, Kalidou Koulibaly, Youssouf Sabaly, Idrissa Gana Gueye, Nampaly Mendy, Pape Sarr, Ismaila Sarr, Habib Diallo, Sadio Mane.