Piala Afrika: Zambia Petik 3 Poin Saat Bersua Komoros

Zambia vs Komoros
Zambia berhasil atasi perlawanan ketat Komoros di kualifikasi Piala Afrika.

cr photo: Morocco Detail Zero.

Partai menarik menghadirkan laga antara Timnas Zambia menghadapi Timnas Komoros pada lanjutan kualifikasi Piala Afrika. Pada pertandingan ini, Zambia bertindak sebagai tuan rumah, sehingga laga memang cukup dikuasai oleh mereka sepanjang hampir 90 menit. Meski demikian, bukan hal mudah bagi Zambia untuk bisa menaklukan lawannya, karena memang Komoros sendiri tampil apik. Meski demikian, pada akhirnya Zambia tetap bisa memetik kemenangan dengan skor akhir tipis saja, yaitu 2-1.

Timnas Zambia berhasil menciptakan dua gol yang sekaligus menjadi penentu kemenangan mereka pada pertandingan kali ini. Kedua gol tersebut masing masing lahir berkat aksi Enock Mwepu dan juga Kings Kangwa. Sedangkan Komoros hanya bisa membuat satu gol balasan melalui aksi El Fardou Ben Nabouhane. Secara statistik, Zambia memang mendominasi dalam segala aspek permainan atas tamunya. Maka tak mengherankan di akhir laga kemenangan menjadi milik Zambia.

Dengan kemenangan ini, Zambia sukses memetik tiga poin penuh yang membuat mereka naik ke posisi 2 klasemen sementara Grup H kualifikasi Piala Afrika. Zambia duduk di bawah Pantai Gading sebagai pemuncak klasemen dengan kalah selisih gol saja. Poin Zambia saat ini adalah 3, hasil dari 2 kali bermain dengan rincian sekali kalah dan sekali menang. Sedangkan untuk Komoros, mesti turun ke posisi 3 klasemen. Mereka juga memiliki poin 3, tapi kalah head to head dengan Zambia.

Rangkuman Pertandingan

Duel menarik pertemukan laga antara Timnas Zambia menghadapi Timnas Komoros pada matchday kedua Grup H kualifikasi Piala Afrika 2023. Pada pertandingan ini Zambia bertindak sebagai tuan rumah yang membuat mereka sangat berhasrat untuk bisa memetik kemenangan. Akan tetapi di menit awal, Komoros ternyata sanggup bermain jauh lebih agresif dari lawannya tersebut.

Bahkan Komoros berhasil melesakkan gol lebih dulu ketika babak pertama memasuki menit ke-13. Pergerakan El Fardou Ben Nabouhane sama sekali tak bisa diprediksi bek bek tuan rumah. Alhasil bomber andalan Komoros ini sukses melesakkan sebuah gol yang membuat Komoros ssementara unggul 0-1.

Bermain di markas sendiri, Zambia enggan menelan kekalahan. Bermain atraktif di sisa babak pertama, tuan rumah sukses melesakkan gol balasan di masa injury time babak pertama. Sepakan keras Enock Mwepu berhasil berbuah gol cantik ke gawang Komoros. Gelandang andalan klub Brighton ini berhasil memaksa babak pertama selesai dengan skor imbang 1-1.

Babak Kedua

Setelah turun minum, kedua kesebelasan masih tampil sama sama terbuka. Namun Zambia lebih dominan dengan memegang mutlak penguasaan bola. Mereka juga mendapatkan beberapa kans untuk bisa melesakkan gol, namun memang pertahanan Komoros cukup rapat dan sulit ditembus. Sedangkan Komoros sendiri juga masih gagal dalam usahanya menambah gol.

Tuan rumah yang lebih sering menekan akhirnya sukses melesakkan gol keduanya di laga ini pada menit ke-88 babak kedua, atau menit akhir kedua. Kings Kangwa berhasil lepas dari penjagaan bek lawan sehingga ia mampu melesakkan gol untuk membuat Zambia berbalik unggul 2-1. Kedudukan ini bertahan dan menjadi hasil akhir untuk kemenangan Timnas Zambia.

Susunan Pemain Zambia vs Komoros

Zambia (4-4-2): Toaster Nsabata, Shemmy Mayembe, Tandi Mwape, Frankie Musonda, Roderick Kabwe, Lubambo Musonda, Enock Mwepu, Emmanuel Banda, Edward Chilufya, Fashion Sakala, Patson Daka.

Komoros (4-3-3): Ali Ahamada, Abdel-Hakim Abdallah, Kassim M’Dahoma, Younn Zahary, Mohamed Youssouf, Youssouf M’Changama, Rafidine Abdullah, Fouad Bachirou, Faiz Selemani, El Fardou Ben Nabouhane, Said Bakari.