Piala Asia: Bantai Nepal, Indonesia Lolos ke Piala Asia

Indonesia vs Nepal
Hajar Nepal 7-0, Indonesia akhiri penantian 15 tahun untuk bisa kembali mentas di ajang Piala Asia.

cr photo: Okezone.

Hasil impresif ditunjukkan Timnas Indonesia ketika berhadapan dengan Timnas Nepal pada matchday ketiga kualifikasi Piala Asia. Indonesia memiliki urgensi untuk meraih kemenangan lebih tinggi ketimbang lawannya, demi bisa mengamankan satu slot di perebutan posisi kedua terbaik untuk lolos ke putaran final Piala Asia. Tampil lebih dominan dan unggul segalanya atas Nepal, Indonesia pun sukses mengunci kemenangan. Tak tanggung tanggung Skuad Garuda menang dengan skor akhir 7-0.

Pesta gol terjadi di mana tujuh berhasil disarangkan Indonesia sekaligus yang menjadi penentu kemenangan mereka di pertandingan ini. Tujuh gol tersebut masing masing dibuat oleh, Dimas Draja, Fachrudin Aryanto, Saddil Ramdhani, Elkan Baggot, Marselino Ferdinand, dan brace dari Witan Sulaeman. Laga ini juga diwarnai lahirnya kartu merah yang diberikan pada satu pemain Nepal, yaitu Suman Aryal.

Raihan maksimal ini memberikan Indonesia tiga poin krusial yang mereka butuhkan untuk finish di posisi 2 klasemen akhir Grup A kualifikasi Piala Asia 2023. Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia dengan status sebagai runner-up terbaik. Ini akan menjadi keikutsertaan kembali Timnas Indonesia ke Piala Asia usai terakhir kali bermain 15 tahun lalu. Sedangkan bagi Nepal, sayang sekali kekalahan menyakitkan ini membuat mereka tenggelam di dasar klasemen grup.

Rangkuman Pertandingan

Timnas Indonesia menghadapi Timnas Nepal dalam pertandingan terakhir di babak kualifikasi Piala Asia 2023 Grup A. Indonesia butuh kemenangan untuk memastikan diri lolos sebagai runner-up terbaik, usai di laga lain, Kuwait, pesaing mereka kalah melawan Yordania. Start apik dilakukan Indonesia dengan membuka skor pada menit ke-6. Dimas Drajad mencetak gol meneruskan assist Asnawi untuk bawa Indonesia sementara unggul 1-0.

Skuad Garuda kian mudah jalannya saat Suman Aryal dari Timnas Nepal mendapat kartu merah di menit ke-33. Di sisa waktu pertandingan Nepal pun mesti bermain dengan 10 pemain saja.

Keunggulan jumlah pemain sukses dimanfaatkan oleh Indonesia untuk menambah gol di menit ke-43. Kini umpan Asnawi Mangkualam berhasil diselesaikan oleh Witan Sulaeman untuk mencetak gol dan menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0.

Babak Kedua

Selepas rehat, duel ini berjalan timpang, Indonesia yang sudah sangat dominan, kini kian merajalela karena unggul jumlah pemain. Gol ketiga pun berhasil disarangkan di menit ke-54 babak kedua. Kini giliran sang kapten, Fachrudin Aryanto yang mencetak gol usai naik membantu serangan untuk menjauhkan skor menjadi 3-0.

Selang satu menit kemudian, giliran Saddil Ramdhani yang melesakkan gol. Ia bekerjasama dengan Muhamad Rafli untuk menciptakan gol keempat yang bawa Indonesia unggul 4-0.

Tak terbendung, memasuki menit ke-80 giliran Elkan Baggot yang unjuk aksi. Naik lakukan overlap, pemain Ipswich Town ini sumbang satu gol dengan kaki kirinya untuk menjauhkan kedudukan menjadi 5-0.

Witan Sulaeman yang tampil apik sepanjang laga sukses menambah pundi pundi golnya di laga ini pada menit ke-81. Kini ia bekerjasama dengan Irfan Jaya untuk menenggelamkan Nepal dengan skor 60.

Pesta gol Indonesia di pertandingan ini ditutup oleh gol cantik Marselino Ferdinan yang meneruskan umpan tarik Pratama Arhan yang memastikan Indonesia menang dengan skor akhir 7-0.

Susunan Pemain Indonesia vs Nepal

Indonesia (3-4-3): Nadeo Argawinata, Elkan Baggot, Rizky Ridho, Fachrudin Aryanto, Pratama Arhan, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Asnawi Mangkualam, Saddil Ramdhani, Dimas Drajad, Witan Sulaeman.

Nepal (4-1-4-1): Deep Karki, Rajan Gurung, Shiva Gurung, Bikash Tamang, Suman Aryal, Pujan Uparkoti, Nir Kumar Rai, Arik Bista, Santosh Tamang, Sunil Bal, Prince George Karki.