Piala Asia: Kuwait Dipermalukan Indonesia

Kuwait vs Indonesia
Indonesia menang di markas Kuwait dalam lanjutan kualifikasi Piala Asia.

cr photo: Okezone.

Hasil cukup mengejutkan terjadi ketika Timnas Kuwait menjamu Timnas Indonesia dalam laga babak kualifikasi Piala Asia. Pada pertandingan ini status tuan rumah dipegang oleh Kuwait, selain itu mereka juga diunggulkan menang karena melihat komposisi pemain dan kualitas skuad, Kuwait memang unggul. Akan tetapi di luar dugaan Indonesia tampil apik mengandalkan sepak bola reaktif. Skuad asuhan Shin Tae-Yong berhasil memberi kejutan dengan menang tipis saja, yaitu 1-2.

Dua gol sukses disarangkan Timnas Indonesia ke gawang lawannya tersebut yang sekaligus memastikan kemenangan mereka di pertandingan ini. Kedua gol tersebut dicetak masing masing oleh Marc Klok dan juga Rachmat Irianto. Sedangkan Kuwait hanya bisa menyarangkan satu gol ke gawang lawannya melalui lesakkan Youssef Nasser. Meski bermain di bawah tekanan tuan rumah, Indonesia yang hanya andalkan serangan balik, tampil efisien untuk akhirnya bisa mendulang kemenangan.

Berkat kemenangan ini, Timnas Indonesia berhasil mendapat tiga poin dan kini duduk di posisi 2 klasemen sementara Grup A kualifikasi Piala Asia. Timnas Indonesia saat ini meraih poin 3, dan mereka membuka peluang untuk bisa lolos ke Piala Asia. Mereka kini hanya kalah selisih gol dari Yordania yang ada di puncak klasemen. Sedangkan bagi Timnas Kuwait, kekalahan yang cukup mengejutkan ini membuat mereka ada di posisi 3 klasemen sementara dengan raihan poin yang masih 0.

Rangkuman Pertandingan

Laga menarik sajikan duel antara Timnas Kuwait yang kedatangan Timnas Indonesia pada laga matchday pertama kualifikasi Piala Asia 2023. Kuwait yang jadi tuan rumah memang diunggulkan menang karena selain jadi tuan rumah, mereka juga memiliki kualita skuad yang dinilai lebih baik. Alhasil sejak laga dimulai, Kuwait sudah langsung mengambil alih jalannya permainan.

Sempat kesulitan mencetak gol karena permainan bertahan Indonesia, tuan rumah akhirnya sukses melesakkan gol pembuka saat laga memasuki menit ke-41 babak pertama. Sundulan di depan gawang yang dilepas Youssef Nasser meneruskan umpan Badar, sukses menjebol gawang lawan dan membawa Kuwait sementara unggul dengan skor 1-0.

Akan tetapi keunggulan ini langsung sirna kurang dari lima menit kemudian. Indonesia mendapat penalti usai Rachmat Irianto dijatuhkan kiper di kotak terlarang. Penalti yang didapat Indonesia sukses dieksekusi Marc Klok menjadi gol untuk membuat skor jadi seri 1-1. Kedudukan ini lalu bertahan sampai babak pertama usai.

Babak Kedua

Hanya bisa bermain imbang di babak pertama, Kuwait berusaha merubah gaya permainan mereka di babak kedua. Akan tetapi, baru semenit babak kedua berjalan, set up play yang dimainkan Indonesi sukses berbuah gol. Rachmat Irianto berhasil memaksimalkan kemelud di muka gawang lawan untuk melesakkan gol kedua bagi Indonesia dan membuat mereka berbalik unggul menjadi 1-2.

Setelah gol ini, Kuwait otomatis mengurung lini belakang Indonesia demi bisa mengejar ketertinggalannya. Berkali kali mereka berusaha menjebol gawang lawannya itu, namun selalu gagal karena disiplinnya pertahanan Indonesia. Kebuntuan Kuwait di babak kedua sama sekali tak terpecahkan, alhasil pertandingan ini selesai dengan kemenangan untuk Indonesia 1-2.

Susunan Pemain Kuwait vs Indonesia

Kuwait (4-2-3-1): Fahad Al Ansari, Omar Al-Hebaiter, Eid Nasser Al Rashedi, Youssef Nasser, Bader Al-Mutawa, Fahad Al Hajeri, Talal Al Fadhel, Fahad Al Rashidi, Eissa Waleed, Rashed Al Dosary, Hussain Kankone.

Indonesia (3-4-3): Nadeo Argawinata, Fachruddin Arianto, Rizky Ridho, Elkan Baggot, Rachmat Irianto, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Pratama Arhan, Irfan Jaya, Saddil Ramdani, Stefano Lilipaly.