Piala Asia: Malaysia Takluk dari Bahrain

Malaysia vs Bahrain
Malaysia gagal bendung Bahrain dalam lanjutan kualifikasi Piala Asia.

cr photo: The Star / AFC.

Kemenangan cukup penting sukses didapat oleh Timnas Bahrain ketika bersua berjumpa Timnas Malaysia dalam kualifikasi Piala Asia. Bermain di Stadion Bukit Jalil, Malaysia bermain sebagai tuan rumah dan cukup dinaungi kepercayaan diri karena di laga sebelumnya sukses menang melawan Turkmenistan. Akan tetapi Bahrain adalah lawan berbeda. Sepanjang laga meski berusaha keras, Malaysia tak mampu menahan sang tamu. Bahrain pun berhasil amankan kemenangan dengan skor akhir 1-2.

Pasukan Timnas Bahrain berhasil menyarangkan dua gol sekaligus yang menjadi penentu kemenangan mereka pada pertandingan kali ini. Dua gol itu masing masing tercipta melalui aksi Ali Haram dan juga Abdulla Yusuf Helal. Sedangkan satu satunya gol balasan yang mampu disarangkan Malaysia lahir melalui aksi satu pemainnya yang bernama, Mohamadou Sumareh. Timnas Malaysia sejatinya unggul di semua aspek permainan, tapi sayang Harimau Malaya tak mampu bermain efektif seperti yang ditunjukkan Bahrain di laga ini.

Hasil apik ini bagi Bahrain membuat mereka meraih tambahan tiga poin yang membuat mereka duduk di puncak klasemen sementara Grup E kualifikasi Piala Asia. Timnas Bahrain berpeluang besar lolos otomatis ke putaran final Piala Asia jika bisa menang di laga terakhir melawan Turkmenistan. Sementara bagi Malaysia, mereka tetap di posisi 2 klasemen. Malaysia saat ini meraih 3 poin dari 2 kali berlaga dengan hasil 1 kali menang dan 1 kali kalah. Meski demikian, Malaysia masih miliki satu peluang lolos di laga terakhir nanti melawan Bangladesh.

Rangkuman Pertandingan

Kesebelasan Timnas Malaysia meski menghadapi lawan cukup berat, yaitu Bahrain dalam lanjutan matchday kedua Grup E kualifikasi Piala Asia 2023. Sebagai tuan rumah, Malaysia mendapatkan dukungan penuh dari para supporter yang memadati seisi Stadion Bukit Jalil. Tak heran semenjak babak pertama dimulai, Malaysia sangat percaya diri meladeni permainan terbuka sang tamu.

Babak pertama sendiri berjalan cukup menarik, karena kedua tim tak ada yang bermain bertahan. Mereka sama sama tampil terbuka dan menciptakan cukup banyak kans mencetak gol. Bahrain yang cukup sering andalkan permainan reaktif beberapa kali mengancam juga. Namun sayang sekali sampai dengan babak pertama ini selesai tak ada gol lahir sehingga skor tetap imbang 0-0.

Babak Kedua

Ketika laga memasuki babak kedua, Malaysia catatkan start apik dengan membuat gol saat babak kedua memasuki menit ke-55. Mohamadou Sumareh yang tidak terjaga dengan baik sukses melesakkan gol bagi Malaysia. Pemain Naturalisasi tersebut berhasil membawa Malaysia sementara unggul dengan skor 1-0.

Sayang sekali keunggulan Malaysia hanya bertahan dua menit saja, karena di menit ke-57, Bahrain yang menekan sukses melesakkan gol balasan. Ali Haram sukses manfaatkan kelengahan bek bek lawan untuk membuat gol sekaligus menyamakan kedudukan kini menjadi 1-1.

Menjelang memasuki menit akhir babak kedua, tepatnya menit ke-81, sebuah tekanan yang dilakukan Bahrain sukses berbuah gol kedua bagi mereka. Kini giliran Abdulla Yusuf Helal yang sarangkan gol untuk membawa Bahrain berbalik unggul 1-2. Skor ini lalu tak berubah menjadi hasil akhir laga untuk kemenangan Bahrain.

Susunan Pemain Malaysia vs Bahrain

Malaysia (4-1-2-3): Mohamad Farizal Marlias, La’Vere Corbin-Ong, Ahmad Khuzaimi Piee, Dion Cools, Matthew Davies, Syamer Kutty Abba, Putera Nadher Amarhan Maderner, Muhamad Nazmi, Akhyar Rashid, Darren Lok, Mohamadou Sumareh.

Bahrain (4-3-3): Sayed Mohamed Jafer, Sayed Issa, Amine Benadi, Waleed Al Hayam, Rashed Al Hooti, Kamit Al Aswad, Ali Haram, Jasim Ahmed Al Shaikh, Mohamed Jasim Marhoon, Sayed Hasim Issa, Mahdi Al-Humaidan.