Piala Asia: Uzbekistas Terlalu Tangguh bagi Thailand

Uzbekistan vs Thailand
Uzbekistan berhasil memetik kemenangan atas Thailand di matchday terakhir kualifikasi Piala Asia.

cr photo: Bangkok Post.

Kemenangan berhasil dipetik oleh Timnas Uzbekistan saat berhadapan dengan Timnas Thailand di matchday ketiga kualifikasi Piala Asia. Laga ini merupakan pertemuan antara dua tim terkuat yang ada di grupnya. Sama sama meraih kemenangan dengan cukup mudah di dua laga awal mereka, kini keduanya sama sama tampil menekan demi bisa mengalahkan satu sama lain. Akan tetapi Uzbekistan yang lebih dominan di pertandingan ini sukses mengunci kemenangan dengan skor akhor cukup meyakinkan, yaitu 2-0.

Dua gol berhasil disarangkan oleh Timnas Uzbekistan dan sekaligus menjadi penentu kemenangan mereka pada pertandingan kali ini. Kedua gol tersebut masing masing dilesakkan oleh, Jaloliddin Masharipov dan juga Azizbek Turgunboev. Sepanjang pertandingan ini memang bisa dibilang Uzbekistan lebih dominan dan mengungguli lawannya dalam berbagai aspek permainan. Dengan kondisi tersebut maka tidak heran apabila Uzbekistan bisa meraih kemenangan di laga kali ini.

Berkat kemenangan ini, Uzbekistan berhasil meraih tiga poin penuh yang membuat mereka kokoh di puncak klasemen akhir Grup C kualifikasi Piala Asia. Uzbekistan dengan hasil ini berhasil mengunci status sebagai juar grup dan lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia 2023. Timas Uzbekistan total mengemas 9 poin, hasil dari 3 kali menang dalam 3 kali bermain. Sedangkan Thailand, mesti menjadi runner-up grup atas hasil ini. Walau demikian mereka tetap lolos ke Piala Asia berkat menjadi salah satu runner-up terbaik.

Rangkuman Pertandingan

Sebuah duel menarik tersaji tatkala pasukan Timnas Uzbekistan berhadapan dengan Timnas Thailand di matchday ketiga kualifikasi Piala Asia 2023. Laga ini adalah laga yang menarik karena hadirkan dua tim terkuat di Grup C ini. Alhasil sejak laga dimulai pertandingan berjalan seru karena Uzbekistan tampil dominan, bertamu Thailand yang bermain sangat disiplin.

Start apik berhasil dibuat oleh Timnas Uzbekistan dengan melesakkan gol pembuka saat babak pertama baru memasuki menit ke-8 babak pertama. Jaloliddin Masharipov yang tidak terkawal dengan baik sukses memaksimalkan kans yang ia dapatkan untuk melesakkan gol pembuka yang membawa Uzbekistan kini unggul dengan skor 1-0.

Berhasil tampil dominan dan mengatasi tekanan sang lawan, Uzbekistan pun menambah keunggulan mereka pada menit ke-28. Kini giliran Azizbek Turgunbaev yang melesakkan sebuah gol cantik untuk menambah keunggulan Uzbekistan menjadi 2-0. Kedudukan ini tidak berubah sampai laga babak pertama selesai dan skor tetao 2-0 untuk keunggulan Uzbekistan.

Babak Kedua

Pasca rehat, Thailand yang tertinggal dua gol berusaha merubah gaya bermain mereka menjadi lebih terbuka dan agresif demi mengejar ketertinggalan. Sayang meski berhasil mendapatkan lebih banyak peluang mencetak gol, Thailand gagal memaksimalkannya menjadi gol yang bisa memperkecil ketertinggalan mereka.

Untuk kubu Uzbekistan sendiri juga di babak kedua lebih terlihat kesulitan membongkar pertahanan sang lawan. Permainan kombinasi dan fisik mereka nampak berjalan tidak maksimal, apalagi pertahanan Thailand berubah menjadi lebih solid di babak kedua ini. Babak kedua pun berjalan tanpa adanya gol, alhasil skor tetap 2-0 untuk kemenangan Timnas Uzbekistan.

Susunan Pemain Uzbekistan vs Thailand

Uzbekistan (4-2-3-1): Utkir Yusupov, Farrukh Sayfiev, Umar Eshmuradov, Rustam Ashurmatov, Dilshod Saitov, Otabek Shukurov, Odildzhon Khamrobekov, Jaloliddin Masharipov, Azizbek Turgunboev, Igor Sergeev, Eldro Shomurodov.

Thailand (4-4-2): Siwarak Tedsungnoen, Sasalak Haiprakhon, Theerathon Bunmathan, Pansa Hemviboon, Sarach Yooyen, Thitipan Puanchan, Bordin Phala, Tanaboon Kesarat, Phitiwat Sukjitthammakul, Chayawat Srinawong, Tristan Do.