google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Piala Dunia: Amerika Serikat Ditahan Imbang Kanada

Amerika Serikat vs Kanada
Amerika Serikat ditahan imbang Kanada dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

cr photo: Major League Soccer Official Website.

Big match tersaji saat Timnas Amerika Serikat menghadapi Timnas Kanada di lanjutan laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Concacaf. Memainkan laga di kandang sendiri, Amerika yang mesti menghadapi tetangganya tersebut memang mendapat perlawanan yang sangat alot di sepanjang jalannya pertandingan. Meski mereka sempat unggul lebih dulu, namun memang sayangnya mereka tak mampu mempertahankan keunggulannya. Alhasil di pertandingan ini, Amerika harus puas hanya bisa meraih satu poin. Kondisi itu terjadi setelah mereka hany mampu bermain imbang melawan Kanada dengan skor akhir 1-1.

Amerika Serikat melesakkan satu satunya gol mereka di pertandingan ini melalui aksi pemainnya yang bernama Brenden Aaronson. Sedangkan satu gol balasan yang dicetak Kanada lahir berkat satu pemainnya, yakni Cyle Larin. Hasil imbang in cukup disayangkan, karena sedianya Amerika bermai cukup baik dengan mendominasi jalannya pertandingan. Amerika unggul di segala aspek permainan di laga ini, di mana penguasaan bola saja mereka unggul 72 persen berbanding 28 persen. Sayang memang kurang efektifnya lini depan membuat mereka mesti puas hanya mampu bermain imbang.

Tambahan satu poin dari laga masih mampu membantu Kanada naik ke posisi 3 klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Concacaf. Saat ini Kanada hanya berjarak 4 poin dari pemuncak klasemen, yakni Meksiko. Kanada sendiri sejauh ini baru meraih 2 poin, usai melewati dua laga awal babak kualifikasi dengan hasil imbang. Sedangkan bagi Amerika, hasil ini membawa mereka ke posisi 5 klasemen. Amerika memiliki poin yang sama dengan Kanada namun mereka masih kalah head to head. Meski demikian, kans bagi Amerika untuk lolos ke Piala Dunia 2022 masih sangat terbuka.

Rangkuman Pertandingan

Tuan rumah Timnas Amerika Serikat kedatangan tetangganya, yakni Kanada di lanjutan laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Concacaf. Tampil di markas sendiri, sudah jelas target tiga poin adalah harga mati bagi Amerika Serikat, oleh sebab itu sejak laga dimulai mereka berusaha untuk terus menekan pertahanan lawan. Namun di laga ini Kanada mampu bermain dan bertahan dengan sangat baik.

Sepanjang babak pertama berlangsung, Amerika benar benar mengurung pertahanan lawannya. Namun memang buruknya penyelesaian akhir yang mesti menghadapi disiplinnya lini pertahanan Kanada membuat tuan rumah sama sekali sangat kesulitan untuk sekedar menciptakan peluang. Babak pertama pun sama sekali tak hasilkan gol dan skor imbang 0-0 menjadi penghias saat turun minum.

Babak Kedua

Pasca turun minum, duel kedua kesebelasan semakin berjalan menarik. Amerika menaikan intensitas serangan mereka demi bisa melesakkan gol pembuka. Hasilnya memang bisa dibilang sangat baik, di mana Amerika akhirnya sukses membuka skor di menit ke-55. Brenden Aaronson melepaskan sepakan terukur yang berhasil menjebol gawang tim tamu dan sementara membawa tuan rumah memimpin dengan skor 1-0.

Namun di luar dugaan, Amerika tak mampu mempertahankan keunggulan mereka cukup lama. Kelengahan di lini belakang mereka berhasil dieksploitasi oleh lawannya. Cyle Larin yang mendapat kans di menit ke-62 berhasil menjebol gawang tuan rumah, lesakkan gol ini merubah skor menjadi imbang 1-1.

Di sisa waktu babak kedua, usaha tuan rumah untuk mengembalikan keunggulannya kembali terhalang pertahanan rapat Kanada. Beberapa kali percobaan dari luar kotak penalti sampai dengan umpan umpan panjang serta permainan kombinasi satu dua tak mampu menjebol gawang Kanada. Laga ini pun mesti berakhir dengan skor imbang 1-1 untuk kedua kesebelasan.

Susunan Pemain Amerika Serikat vs Kanada

Amerika Serikat (4-3-3): Matt Turner, Sergino Dest, Miles Robinson, John Anthony Brooks, Antonee Robinson, Kellyn Acosta, Tyler Adams, Sebastian Lletget, Brenden Aaronson, Theoson Jordan Siebatcheu, Christian Pulisic.

Kanada (3-4-3): Milan Borjan, Scott Kennedy, Doneil Henry, Alistair Johnston, Sam Adekugbe, Mark-Anthony Kaye, Stephen Eustaquio, Richie Laryea, Alphonso Davies, Cyle Larin, Junior Hoilett.