Piala Dunia: Australia Lolos ke Qatar 2022 Usai Jegal Peru

Australia vs Peru
Menangi drma adu penalti, Australia taklukan Peru untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2022.

cr photo: Sportsmax.

Kemenangan super penting didapatkan Timnas Australia saat bersua Peru dalam sebuah pertandingan kualifikasi Piala Dunia. Ini merupakan laga yang mempertemukan wakil antara benua Asia dan Amerika yang lolos lewat babak play-off di zonanya masing masing. Sama sama berhasrat menang dan amankan satu tiket lolos ke Piala Dunia bulan November nanti membuat laga ini berjalan ketat. Akan tetapi lewat perjuangan keras, pada akhirnya Australia lah yang menang lewat babak adu penalti.

Pertandingan ini mesti dilanjutkan ke bbak adu penalti lantaran di waktu normal dan extra time, kedua tim bermain imbang 0-0. Tidak ada satupun gol yang tercipta, saking ketatnya kedua tim bermain. Peru cukup mendominasi dalam urusan penguasaan bola dengan catatan 54 persen berbanding 46 persen. Akan tetapi Australia membuat lebih banyak tembakan dengan total 11 kali, sedangkan lawannya hanya 10 kali. Sangat disayangkan memang bagi Peru, mereka gagal tampil tenang di babak adu penalti dan harus merelakan tiket ke Piala Dunia jatuh ke tangan Australia.

Berkat hasil maksimal ini, Timnas Australia sukses mendapatkan satu tike ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar. Ini kali pertama Australia menjadi peserta Piala Dunia sebagai perwakilan Asia, setelah sebelumnya The Soceroos lebih sering mewakili zona Oseania. Australia menyusul tim tim Asia lain seperti Jepang, Iran, Korea Selatan, Qatar, dan juga Arab Saudi. Sedangkan bagi Peru, sangat disayangkan kekalahan ini membuat mereka harus mengubur mimpi mereka berlaga di Pil Dunia Qatar 2022.

Rangkuman Pertandingan

Kesebelasan Timnas Australia berhadapan dengan Timnas Peru dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022. Mempertemukan dua tim lintas benua, laga ini sangat lekat dengan aroma aroma keinginan kedua tim untuk bermain di putaran final Piala Dunia. Maka tidak mengherankan semenjak babak pertama dimulai, kedua tim sama sama bermain agresif untuk bisa memenangkan laga.

Jalannya laga babak pertama cukup menarik karena meski tidak bermain bertahan, namun kedua tim disini tampil sedikit berhati-hati. Baik Australia maupun Peru sama sama tidak mau gegabah agar tidak terkena counter mematikan dari satu sama lain. Alhasil sepanjang babak pertama ini tidak ada satupun gol tercipta. Pertandingan di paruh pertama laga pun berakhir dengan skor imbang 0-0.

Babak Kedua

Selepas rehat, Peru mulai berusaha menginsiasi serangan dengan mengambil kendali permainan. Dipimpin Gianluca Lapadula di depan, beberapa kans mencetak gol cukup terbuka pun didapat. Sayangnya tak ada yang berhasil membuahkan satupun gol.

Hal yang sama juga terjadi pada tim Australia. Mereka bermain sedikit reaktif dan sedianya lebih banyak mendapatkan peluang mencetak gol. Beberapa kali Ajdin Hrustic hingga Martin Boyle sukses merangsek masuk ke pertahanan Peru. Sayangnya memang penyelesaian akhir mereka masih kurang maksimal sehingga tak ada yang berbuah gol.

Laga di waktu normal dan extra time pun pada akhirnya selesai tanpa adanya satupun gol tercipta, alhasil laga dilanjut ke babak adu penalti. Pada babak ini, dua pemain Peru, yaitu Luis Advincula dan juga Alex Valera gagal menjalankan tugasnya. Sedangkan di kubu Australia hanya Martin Boyle yang gagal. Alhasil Australia pun keluar sebagai pemenang dengan skor 5-4 adu penalti, dan mereka berhak lolos ke putaran finl Pial Dunia.

Susunan Pemain Australia vs Peru

Australia (4-1-4-1): Matthew Ryan, Nathaniel Atkinson, Bailey Wright, Kye Rowles, Aziz Behich, Aaron Mooy, Martin Boyle, Ajdin Hrustic, Jackson Irvine, Matthew Leckie, Mitchell Duke.

Peru (4-1-4-1): Pedro Gallese, Miguel Trauco, Alexander Callens, Carlos Zambrano, Luis Advincula, Renato Tapia, Christian Cueva, Christofer Gonzales Crespo, Sergio Pena, Andre Carillo, Gianluca Lapadula.