google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Piala Dunia: Belgia Sukses Taklukan Ceko

Belgia vs Ceko
Belgia menang meyakinkan saat menjamu Ceko di kualifikasi Piala Dunia 2022.

cr photo: Inter Reviewed.

Hasil maksimal berhasil diraih oleh Tim Nasional Belgia saat menghadapi Timnas Ceko di lanjutan laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup E. Tampil di markasnya sendiri, Belgia lebih dijagokan menang di pertandingan kali ini. Akan tetapi Ceko yang di ajang Piala Eropa lalu sanggup menembus babak perempatfinal memberikan perlawanan cukup ketat di sepanjang jalannya laga. Namun beruntung, skuad asuhan Roberto Martinez ini masih mampu tampil tenang untuk amankan kemenangan. Belgia di akhir pertandingan mengunci tiga poin penuh berkat kemenangan dengan skor cukup telak, yakni 3-0.

Tiga gol yang menjadi penentu kemenangan Belgia pada pertandingan ini masing masing dilesakkan oleh Romelu Lukaku, Eden Hazard, dan Alexis Saelemaekers. Dari statistik terlihat bahwa laga ini bukan laga yang mudah bagi Belgia. Mereka memang unggul dari segala sisi, namun tak begitu mutlak. Penguasaan bola, Belgia hanya unggul 54 persen berbanding 46 persen. Jumlah tembakan pun hanya berbeda tipis, Belgia melepas 16 tembakan, sedangkan Ceko membuat 12 tembakan. Beruntung Belgia tampil sangat efektif di laga ini sehingga mampu amankan kemenangan.

Kemenangan ini memberikan tiga poin penuh yang amankan posisi Belgia di puncak klasemen Grup E Kualifikasi Piala Dunia 2022. Belgia unggul 6 poin dari rival terdekat mereka, yaitu Ceko yang duduk nyaman di posisi 2 klasemen. Sejauh ini, Belgia sudah mengumpulkan 13 poin dari 5 kali berlaga dengan hasil 4 kali menang dan 1 kali seri. Belgia jadi satu dari dua tim yang belum terkalahkan di kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa selain Inggris. Sedangkan bagi Ceko, kekalahan membuat mereka tertahan di posisi 2 dengan poin 7 dari 5 kali bertanding.

Rangkuman Pertandingan

Skuad Tim Nasional Belgia kedatangan lawan berat, yakni Ceko dalam lanjutan pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup E Zona Eropa. Sebagai tim unggulan di grup tersebut, Belgia lebih dijagokan menang pada laga tersebut, apalagi Belgia juga bermain di kandang sendiri. Namun sejak awal laga, Ceko ternyata sudah memberikan perlawanan yang cukup ketat.

Sama sama bermain terbuka, Belgia yang lebih jeli membaca peluang berhasil melesakkan gol lebih dulu saat babak pertama baru berjalan delapan menit. Romelu Lukaku berhasil meneruskan umpan Hans Vanaken menjadi gol yang sukses membawa Belgia sementara memimpin dengan skor 1-0.

Lebih dulu unggul membuat Belgia benar benar lebih percaya diri. Setelah melancarkan tekanan tinggi ke pertahana Ceko, The Red Deuvils sukses menambah skor di menit ke-41 babak pertama. Hans Vanaken kembali mencatatkan assist yang kini memudahkan Eden Hazard mencetak gol. Aksi Hazard ini membawa Belgia akhiri babak pertama dengan keunggulan 2-0.

Babak Kedua

Pasca istirahat, Ceko yang masih tertinggal berusaha keras untuk melesakkan gol balasan. Alhasil di babak kedua ini laga berjalan lebih ketat bagi kedua kesebelasan. Ceko sempat mendapat beberapa peluang untuk mencetak gol, namun kokohnya pertahanan tuan rumah membuat tak ada gol yang mampu mereka sarangkan.

Justru Belgia berhasil menambah satu gol lagi di babak kedua, tepatnya di menit ke-65. Alexis Saelemaekers bekerjasama dengan Romelu Lukaku untuk menjebol gawang Ceko. Aksi pemain AC Milan ini sukses menjauhkan keunggulan Belgia menjadi 3-0. Skor ini kemudian ternyata berhasil dipertahankan sampai laga selesai, dan kemenangan pun jadi milik Belgia.

Susunan Pemain Belgia vs Ceko

Belgia (3-4-3): Thibaut Courtois, Toby Alderweireld, Jason Denayer, Jan Vertonghen, Timothy Castagne, Youri Tielemans, Axel Witsel, Yannick Carrasco, Hans Vanaken, Romelu Lukaku, Eden Hazard.

Ceko (4-2-3-1): Tomas Vaclik, Ales Mateju, Tomas Kalas, Filip Kasa, Vladimir Coufal, Tomas Holes, Tomas Soucek, Adam Hlozek, Antonin Barak, Jakub Pesek, Matej Vydra.