Piala Dunia: Brazil Gasak Pasukan Tamu, Bolivia

Brazil vs Bolivia
Neymar borong dua gol saat Brazil gulung Bolivia di kualifikasi Piala Dunia.

cr photo: San Diego Union Tribune.

Sebuah kemenangan meyakinkan diraih Timnas Brazil yang menjamu Timnas Bolivia di laga perdana kualifikasi Piala Dunia. Memainkan laga di kandang sendiri, Brazil memperlihakan niatan mereka menang yang besar karena mereka bermain di depan pendukungnya sendiri. Skuad Bolivia sebenarnya berusaha menampilkan permainan terbaiknya akan tetapi kualitas mereka memang kalah jauh dari sang tuan rumah. Brazil yang mendominasi akhirnya sukses mengunci kemenangan di pertandingan kali ini dengan skor akhir cukup telak, yaitu 5-1.

Pasukan tuan rumah Brazil sukses melesakkan hingga lima gol yang sekaligus menjadi penentu kemenangan mereka di pertandingan kali ini atas sang tamu. Kelima gol dari sang tuan rumah masing masing lahir melalui aksi Rodrygo Goes dan Neymar Junior yang memborong brace, dan tambahan satu gol dari Raphinha. Sedangkan pasukan Bolivia di pertandingan kali ini hanya bisa melesakkan satu gol balasan melalui aksi dari Victor Abrego. Sayang gol tersebut tak mampu menyelamatkan Bolivia di pertandingan kali ini.

Dengan kemenangan besar tersebut, Brazil sukses mendapatkan tambahan tiga poin penuh yang membuat mereka menduduki puncak klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Conmebol. Brazil berhasil melesat naik ke pucuk klasemen unggul koefisien gol atas Uruguay dan Argentina yang di laga lain juga menang. Hasil ini juga membuat Brazil awali kiprah mereka di kualifikasi Piala Dunia dengan hasil apik. Sedangkan bagi Bolivia hasil ini membuat mereka ada di posisi juru kunci dengan koleksi poin yang masih 0.

Rangkuman Pertandingan

Skuad tuan rumah Timnas Brazil menjamu Timnas Bolivia di sebuah pertandingan matchday perdana kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Conmebol. Menjadi tuan rumah, Brazil mengincar kemenangan di laga ini, gol pun sukses dilesakkan lebih dulu di menit ke-24. Rodrygo Goes berhasil melesakkan gol yang membuat Brazil unggul 1-0.

Di sisa waktu babak pertama yang tersedia, skuad Brazil berusaha menambah keunggulannya, akan tetapi upaya mereka terus alami kebuntuan karena tim lawan bermain disiplin. Kondisi tersebut membuat duel babak pertama selesai dengan skor tetap 1-0 untuk keunggulan pasukan tuan rumah Brazil.

Babak Kedua

Pasca istirahat turun minum, skuad Bolivia masih dikurung oleh Brazil yang mencari gol keduanya. Di menit ke-47 skuad Brazil sukses melesakkan gol keduanya melalui aksi Raphinha yang manfaatkan assist Neymar sehingga Brazil gandakan keunggulannya menjadi 2-0.

Tim tuan rumah yang tampil meyakinkan sukses menambah keunggulannya lagi di pertandingan ini, tepatnya di menit ke-53. Bruno Guimaraes memberikan assist yang memudahkan Rodrygo melesakkan gol keduanya di laga ini sehingga Brazil bisa menjauh dengan skor 3-0.

Pasukan Brazil sukses melesakkan gol keempatnya di menit ke-61 babak kedua ini. Neymar sukses melesakkan gol manfaatkan assist Rodrygo sehingga skor membesar menjadi 4-0.

Bolivia sempat melesakkan satu gol balasan di menit ke-78 melalui Victor Abrego sehingga skor menjadi 4-1. Akan tetapi Brazil bisa menambah lagi gol mereka di masa injury time melalui aksi kedua Neymar. Brazil pun sukses menang dengan skor akhir 5-1.

Susunan Pemain Brazil vs Bolivia

Brazil (4-2-3-1): Ederson Moraes, Danilo, Marquinhos, Gabriel Magalhaes, Renan Lodi, Bruno Guimaraes, Casemiro, Raphina, Neymar, Rodrygo Goes, Richarlison.

Bolivia (5-4-1): Guillermo Viscarra Bruckner, Roberto Fernandez, Marcelo Suarez, Adrian Jusino, Jairo Quinteros, Diego Daniel, Jaime Dario, Boris Adrian Cespedes, Gabriel Villamil, Diego Bejarano, Marcelo Martins Moreno.